Macam Olahraga di Indonesia dan Penjelasannya

Diposting pada

Gambar Olahraga di Indonesia

Olahraga adalah semua bentuk aktivitas fisik yang biasanya kompetitif yang, melalui partisipasi kasual atau terorganisir, bertujuan untuk menggunakan, mempertahankan, atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan hiburan kepada peserta, dan dalam beberapa kasus, penonton.

Ratusan olahraga ada, dari yang hanya membutuhkan dua peserta, hingga yang memiliki ratusan peserta secara bersamaan, baik dalam tim atau bersaing sebagai individu. Olahraga merupakan upaya yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, olahraga adalah sumber hiburan utama bagi non-peserta. Hal itu juga berlaku di Indonesia. Indonesia juga termasuk Negara yang aktif terlibat dalam even-even olahraga, misalnya sepak bola, bola voli, bulu tangkis, beragam olahraga lainnya.

Olahraga di Indonesia

Olahraga di Indonesia sangat populer baik dari aspek partisipasi maupun tontonan. Beberapa olahraga populer di Indonesia adalah bulu tangkis, sepak bola, bola voli, bola basket, dan pencak silat asli Indonesia.

Badminton bisa dibilang olahraga paling sukses di Indonesia. Indonesia telah memenangkan medali emas di bulutangkis di setiap Olimpiade sejak olahraga ini pertama kali diperkenalkan ke Olimpiade pada tahun 1992 kecuali di Olimpiade Musim Panas 2012.

Indonesia secara teratur menjadi peserta kejuaraan bulutangkis Piala Thomas, Piala Uber, dan Sudirman. Indonesia secara teratur berpartisipasi dalam olahraga multi-event regional, seperti Asian Games Tenggara, Asian Games, dan Olimpiade. Di Asia Tenggara, Indonesia adalah salah satu pusat kekuatan olahraga utama di kawasan ini dengan memenangkan Asian Games 10 kali sejak tahun 1977.

Acara olahraga di Indonesia diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Organisasi tersebut, bersama dengan pemerintah Indonesia telah menetapkan Hari Olahraga Nasional pada 9 September.

Indonesia menyelenggarakan acara multi-olahraga Pekan Olahraga Nasional setiap empat tahun. Para peserta acara ini adalah para atlet dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah hosting yang didistribusikan di antara provinsi-provinsi di Indonesia.

Macam Olahraga di Indonesia

Berikut ini macam-macam olahraga yang sering dimainkan atau dipertanidngkan di Indonesia secara keseluhan, antara lain:

  1. Angkat Besi

Gambar Olahraga Angkat Besi
Angkat Besi

Angkat besi (Weightlifting) merupakan cabang olahraga yang dilakukan untuk bersaing mengangkat beban berat yang dinamakan barbel. Angkat besi membutuhkan kekuatan, fleksibilitas, konsentrasi, kemampuan, disiplin, atletis, fitnes, teknik, mental dan kekuatan fisik.

Angkat besi termasuk salah satu olahraga yang juga banyak dipertandingkan di Indonesia. Bahkan, cabang olahraga yang satu ini menjadi langganan rutin dalam mendapatkan medali emas sebagai satu dari jenis jenis olahraga yang dipertandingkan di TMII.

  1. Anggar

Gambar Olahraga Anggar
Anggar

Anggar merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang mempunyai keunikan tersendiri dilihat dari segi pakaian yang dikenakan oleh pemain dan senjata berupa pedang khusus yang harus dimainkan selama melakukan olahraga ini.

Dalam olahraga Anggar, kelengkapan pedang dapat digunakan untuk menusuk, menangkis lawan, dan berbagai teknik gerakan lainnya. Akan tetapi, perlu kita tahu bahwa pedang yang digunakan dalam anggar cukup lentur sehingga tidak akan melukai lawan.

  1. Arum Jeram

Gambar Olahraga Arung Jeram
Arung Jeram

Arum jeram merupakan salah satu bentuk olahraga ekstrem yang menyenangkan untuk dilakukan meskipun lebih banyak dilakukan untuk tujuan rekreasi atau bersenang-senang. Arum jeram termasuk ke dalam jenis olahraga mendayung di arus yang cukup deras sehingga bisa melatih kekuatan tubuh kita secara keseluruhan.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak tempat rekreasi yang mennawarkan fasilitas olahraga yang satu ini, sambil berolahraga juga sekaligus menikmati pemandangan alam di sekit

  1. Atletik

Olahraga Lari
Atletik

Atletik adalah cabang olahraga yang dapat dikatakan bergengsi, sebab atletik menduduki ajang pertandingan yang bergensi Internasional seperti Olimpiade atau Asian Game. Ada beberapa cabang olahraga atletik, yang meliputi nomor lari, nomor lempar, nomor jalan dan nomor lompat. Sehingga bisa kita katakan bahwa atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga.

  1. Berkuda

Gambar Olahraga Berkuda
Berkuda

Berkuda merupakan olahraga yang membuthkan keahlian dan skill tertentu. Skill yang harus dikuasai dalam olahraga berkuda meliputi keterampilan, stamina yang kuat, kosentrasi yang lebih, kebugaran fisik dan lain-lain.

Selain itu, teknik-teknik berkuda juga harus diterapkan selama berlangsungnya permainan terasa lebih nyaman, terhindar dari kesalahan dan nyaman. Cabang olahraga berkuda yang biasanya diperlombakan di Indonesia antara lain Gymkhana berkuda, ketangkasan berkuda (Equestrian) dan polo berkuda.

  1. Bersepeda

Olahraga Bersepeda
Bersepeda

Bersepeda merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menaiki sepeda. Untuk olahraga yang satu ini, Indonesia menjadi tuan rumah beberapa tur bersepeda jalan internasional; seperti Tour d’Indonesia tahunan, Tour de Singkarak dan Tour de Jawa Timur.

Tour d’Indonesia biasanya dimulai di Jakarta, melintasi Jawa pedalaman sampai ke timur ke Bali, sementara Tour de Singkarak diadakan di Sumatera Barat, berkeliling di sekitar Danau Singkarak. Dalam melacak prestasi bersepeda, Indonesia juga merupakan salah satu yang terkuat di kawasan dan sering memenangkan medali emas di Olimpiade Asia Tenggara.

  1. Biliar

Gambar Olahraga Biliar
Biliar

Biliar atau di Indonesia dikenal dengan istilah bola sodok adalah salah satu dari berbagai permainan yang dimainkan di atas meja persegi panjang dengan sejumlah bola kecil dan tongkat panjang.

Biliar termasuk kategori olahraga konsentrasi, sehingga permaianan ini sangat membtuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

  1. Bola Basket

Gambar Olahraga Bola Basket
Bola Basket

Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer terutama di kalangan anak muda Indonesia. Liga Bola Basket Nasional adalah liga bola basket pria terkemuka di Indonesia, yang diperebutkan oleh 10 klub di seluruh negeri. Kompetisi dimulai sebagai Indonesian Basketball League (IBL) pada tahun 2003.

Saat ini, Indonesia dan Filipina adalah pembangkit tenaga basket utama di Asia Tenggara. Keberhasilan tim basket nasional Indonesia yang terbesar adalah emas di Kejuaraan Bola Basket Asia Tenggara 1996. Pada 9 Desember 2017, Indonesia dinobatkan sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, bersama dengan Filipina dan Jepang.

  1. Bola Voli

Gambar Olahraga Bola Volly
Bola Voli

Bola voli adalah olahraga tim yang dimainkan dengan bola dan jarring/net. Satu tim memukul bola melewati jaring dan masuk ke lapangan tim lain, tim lain kemudian harus memukul bola kembali melewati net dan dalam batas dalam tiga percobaan tanpa membiarkan bola menyentuh tanah.

Ada dua jenis utama bola voli kompetitif yang dimainkan di dunia saat ini, yaitu voli tim dan voli pantai. Bola voli tim dimainkan di dalam ruangan di lapangan keras dengan 6 orang per tim. Bola voli pantai dimainkan di luar ruangan di atas pasir dengan 2 pemain per tim.

  1. Bulu Tangkis/Badminton

Gambar Olahraga Badminton
Badminton

Badminton adalah olahraga raket yang dimainkan dengan menggunakan raket untuk memukul kok agar melewati net. Meskipun dapat dimainkan dengan tim yang lebih besar, bentuk paling umum dari permainan ini adalah “tunggal” (dengan satu pemain per sisi) dan “ganda” (dengan dua pemain per sisi).

Bulu tangkis merupakan olahraga paling sukses di Indonesia. Indonesia telah memenangkan medali emas dalam olahraga bulu tangkis di setiap Olimpiade sejak olahraga ini pertama kali diperkenalkan ke Olimpiade pada tahun 1992, kecuali pada tahun 2012.

  1. Catur

Gambar Olahraga Catur
Catur

Catur adalah permainan strategi dua pemain yang dimainkan di papan kotak-kotak dengan 64 kotak disusun dalam kotak 8 × 8. Permainan ini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Catur diyakini berasal dari permainan India chaturanga sekitar abad ke-7.

Chaturanga juga kemungkinan nenek moyang dari permainan xiangqi (catur Cina), janggi (catur Korea), dan shogi (catur Jepang).

  1. Dayung

Gambar Olahraga Dayung
Dayung

Dayung merupakan olahraga menggerakkan perahu dengan cara didayung atau dikayuh secara berkelompok. Oleh sebab itu, kekompakan dan ketangkasan sangat dibutuhkan dalam cabang olahraga ini. Teknik perlombaan mendayung hanya ada dua macam, yaitu dayungan maju dan dayungan mundur.

  1. E-Sport-Mobile Legend
Gambar E-Sport-Mobile Legend
E-Sport-Mobile Legend

Mobile Legends merupakan game mobile online multi-pemain yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Shanghai Moonton Technology. Game ini menjadi populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonsia, dan akan menjadi ajang medali di Asian Games 2019 Tenggara.

Mobile Legends adalah game seluler paling populer di Indonesia, dengan lebih dari 7.000.000 pemain bermain setiap bulan

  1. Judo

Gambar Olahraga Judo
Judo

Judo adalah olahraga bela diri yang pertama kali dilakukan oleh masyarakat Jepang. Meskipun kini sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Olahraga judo bisa kita gunakan untuk membela dan mempertahankan diri dari lawan yang mungkin mencelakai kita.

Kita bisa memegang atau menjatuhkan lawan apabila kita telah melakukan teknik pertahanan diri yang baik. Itulah sebabnya, olahraga ini dikenal sebagai olahraga yang membutuhkan kemampuan dan stamina tubuh yang baik.

  1. Kasti

Olahraga Kasti
Kasti

Kasti adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh beberapa pemain secara beregu atau tim. Kasti termasuk dalam kategori cabang olahraga bola kecil. Olahraga yang satu ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka. Kasti mengutamakan unsur ketangkasan dan kekuatan tubuh agar memperoleh hasil dan poin yang memuaskan. Selain itu, ketika bermain pemukul serta penjaga kerjasama dan kekompakan dalam satu regu.

  1. Mendaki Gunung

Gambar Olahraga Mendaki Gunung
Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan olahraga dalam arti survival yang dilakukan dengan menyusuri lereng gunung. Ini menjadi memang menjadi hobi dari begitu banyak orang yang selain melakukannya untuk olahraga juga sekaligus dapat menikmati alam di pegunungan yang sangat luar biasa. Ketika mencapai ke puncak tentu saja akan menjadi kepuasan tersendiri untuk kita rasakan.

Terlebih lagi, setiap gunung akan mempunyai tantangan yang berbeda ditinjau dari trak yang harus dilalui. Sehingga ini bisa menjadi sarana untuk menenangkan diri dari tuntutan pekerjaan sehari-hari.

  1. Menembak

Gambar Olahraga Menembak
Menembak

Menembak merupakan olahraga yang dilakukan dengan kemampuan akurasi dan ketepatan membidik menggunakan senjata. Kita bisa memilih sekitar 3 nomor berbeda dari cabang olahraga yang dipertandingkan. Nomor pertandingan tersebut meliputi menembak sasaran, menembak reaksi, dan menembak berburu. Untuk menguasai permainan ini, kita harus mulai membiasakan melatih menembak.

  1. Muay Thai

Gambar Olahraga Muay Thai
Muay Thai

Muay Thai merupakan olahraga yang berasal dari Thailand. Ini juga termasuk salah satu olahraga yang sedang populer dan banyak digemari di Indonesia. Konsep olahraga yang satu ini hampir sama dengan tinju, tapi dengan teknik tendangan atau pukulan yang sedikit berbeda.

Dengan melakukan Muay Thai, kita bisa membakar lebih banyak kalori, menghilangkan timbunan lemak di beberapa bagian tubuh dan tentunya membantu untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah.

  1. Panahan

Gambar Panahan
Panahan

Panahan merupakan jenis olahraga yang menggunakan tali busur dan anak panah untuk membidik sasaran. Pada dasarnya, olahraga panahan diadaptasi dari kebiasaan masyarakat Asia dalam berburu. Setelah diadaptasi menjadi salah satu cabang olahraga, panahan dilakukan untuk membidik papan sasaran yang poinnya berbeda-beda. Semakin dekat dengan pusat papan panahan, maka pin yang diperoleh semakin besar pula.

  1. Parasailing

Gambar Olahraga Parasailing
Parasailing

Parasiling merupakan olahraga yang dilakukan dengan bantuan alat mirip balon udara, sehingga kita akan diterbangkan dari ketinggian. Ada yang hanya memanfaatkan angin secara alami ada yang menggunakan mesin boat untuk mengatur kecepatan dan membuat anda melayang.

Meskipun menantang, tapi olahraga ekstrem yang satu ini dapat memberikan sensasi tersendiri ketika anda melihat pemandangan sekitar dari ketinggian.

  1. Polo

Gambar Olahraga Polo
Polo

Polo dan olahraga berkuda lainnya memiliki sejarah yang mendalam di Indonesia, sejak tahun 1930-an di era pemukiman Belanda. Setelah efek dari krisis ekonomi 1998 memudar, olahraga berkuda ini, terutama polo, mendapatkan pengakuan dan kegembiraan di kalangan penggemar polo, berkuda dan olahraga di Indonesia.

Di Indonesia, polo diatur oleh Asosiasi Polo Indonesia yang berdiri bersama dengan PP. PORDASI di bawah KONI. Tim Polo Indonesia mewakili Indonesia di Olimpiade Asia Tenggara 2007 di Thailand dan memiliki hasil yang baik di kompetisi regional Asia Tenggara. Indonesia hanya memiliki satu bidang polo di Nusantara Polo Club.

  1. Pencak Silat

Gambar Olahraga Pencak Silat
Pencak Silat

Silat merupakan seni bela diri asli Indonesia, dan pencak silat adalah istilah umum untuk seni bela diri asli yang dibuat di Indonesia. Organisasi pencak silat terkemuka di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak silat Indonesia artinya Organisasi pencak silat Indonesia).

Pencak silat telah menjadi salah satu acara olahraga di Pekan Olahraga Nasional dan Pertandingan Asia Tenggara dengan Indonesia sebagai salah satu kekuatan terdepan dalam olahraga ini. Olahraga seni bela diri ini juga populer di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

  1. Renang

Gambar Olahraga Renang
Renang

Renang merupakan olahraga air yang cukup menyenangkan tapi jika kita tidak menguasai tekniknya dengan baik akan berujung fatal ketika terjadi kram di dalam kolam. Terdapat beragam gaya renang yang dapat kita coba, misalnya gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan lain-lain.

Olahraga renang banyak disarankan untuk orang yang ingin menambah tinggi badan atau menurunkan berat badan sebab bukan jenis olahraga terlalu berat tapi mampu membakar cukup banyak kalori.

  1. Selancar

Gambar Olahraga Selancar
Selancar

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai begitu banyak laut dengan ombak yang menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat olahraga selancar. Itulah sebabnya olahraga ini cukup populer di Indonesia, bahkan banyak orang dari luar negeri yang sengaja datang ke Indonesia untuk berselancar.

Olahraga selancar air yang satu ini mengharuskan kiat memiliki keseimbangan tubuh yang baik di atas papan selancar dan melalui ombak yang datang. Sehingga bukan hanya kekuatan kaki yang dibutuhkan, tapi juga fisik lainnya penting untuk menopang tubuh di atas papan ketika ombak sedang menggulung.

  1. Senam

Gambar Senam
Senam

Senam merupakan salah satu olahraga terbesar, paling mengasyikkan, dinamis, dan berani di dunia. Senam adalah salah satu olahraga paling inklusif di dunia sehingga pria atau wanita, muda atau tua, berbadan sehat atau cacat dapat ikut serta karena mempromosikan gaya hidup aktif dan fisik serta mengembangkan keterampilan motorik kunci. Adapun beberapa macam olahraga ini misalnya saja senam aerobik, senam lantai, senam irama, senam kerangkasan, dan lainnya.

Latihan kekuatan fisik, fleksibilitas, kelincahan, koordinasi, dan keseimbangan adalah komponen inti olahraga, tetapi partisipasi dalam aktivitas senam juga mengembangkan kepercayaan diri, kreativitas dan kepemimpinan, belum lagi tubuh dan pikiran yang sehat.

  1. Sepak Bola

Gambar Sepak Bola di Indonesia
Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia sejak negara itu merdeka, meskipun sebenarnya tidak pernah ada di negara ini sebelumnya. Di Indonesia, fenomena ini paling sering dianggap berasal dari popularitas olahraga di seluruh dunia, yang terbawa ke Indonesia setelah urbanisasi yang cepat.

Liga Super Indonesia, liga domestik Indonesia populer. Beberapa tim utama meliputi: Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, PSMS Medan, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Bali United dan Arema Malang. Badan nasional adalah Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI).

  1. Sepak Takraw

Gambar Sepak Takraw di Indonesia
Sepak Takraw

Sepak takraw adalah olahraga yang diikembangkan sebagai olahraga tradisional Bugis yang disebut “Raga” (para pemain disebut “Pa’Raga”). “Raga” dapat melacak asal-usulnya dari Kesultanan Malaka, dan populer di Sulawesi Selatan sejak abad ke-19.

Setelah Sepak Takraw dikembangkan menjadi olahraga kompetitif modern pada tahun 1940-an dengan aturan dan sistem penilaian yang tepat, Indonesia telah menjadi salah satu kekuatan sepak takraw utama di kawasan ini, bersaing dengan tim Thailand dan Malaysia.

  1. Tenis

Gambar Olahraga Tenis di Indonesia
Tenis

Tennis merupakan olahraga  yang dilakukan dengan menggunakan raket dan net dengan bola yang cukup besar yaitu bola tenis. Pertandingan olahraga yang satu ini di Indonesia diketahui memang juga cukup populer.

Terlebih karena pertandingan ini mengharuskan stamina yang kuat untuk dapat memenangkan pertandingan. Pertandingan tenis dibagi ke dalam beberapa nomor seperti tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan pertandingan ganda campuran.

  1. Tenis Meja

Gambar Olahraga Tenis Meja di Indonesia
Tenis Meja

Tenis meja atau ping pong adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang pemain dengan menggunakan bola kecil dan bat. Bat adalahbraket kecil yang tebuat dari papan kayu. Meskipun dari kayu, bat tetap terasa empuk karena dilapisi dengan karet.

Selain bola dan bat, dalam olahraga ini tentunya membutuhkan lapangan berupa meja dengan net di tengahnya. Di Indonesia, sendiri induk olahraga tenis meja adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

  1. Tinju

Gambar Olahraga Tinju di Indonesia
Tinju

Tinju adalah cabang olahraga yang berpaduan antara olahraga dan seni bela diri. Olahraga tinju bertujuan untuk memukul lawan hingga lawan tidak berdaya dan menghindari dari pukulan lawan. Tinju adalah tontonan olahraga agresif yang populer di Indonesia. Beberapa petinju Indonesia yang terkenal adalah Ellyas Pical dan Nico Thomas pada 1980-an, Muhammad Rachman dan Chris John pada 2000-an.

  1. Panjat Tebing

Gambar Olahraga Panjat Tebing
Panjat Tebing

Salah satu jenis olahraga yang pada saat ini digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah panjat tebing, dimana beberapa kali perwakilan Indonesia mampu menjadi pemenang dalam lomba untuk olahraga ini, misalnya menjadi juara Asia, bahkan sampai menjadi juara dunia.

Nah, itulah tadi penjelasan yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan jenis olahraga yang ada di Indonesia yang dipertandingkan/dilombakan. Semoga melalui postingan kali ini bisa memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *