Tujuan dan Manfaat Budaya Hidup Sehat

Diposting pada

Manfaat Hidup Sehat

Manusia merupakan makhluk yang memerlukan kesehatan agar bisa bertahan hidup di muka bumi ini. Oleh sebab itu tidak heran rasanya jika budaya hidup sehat harus dijaga dengan baik. Berbicara mengenai hidup sehat itu sendiri, sebetulnya istilah tersebut berkaitan erat dengan latihan fisik dan pola hidup yang baik serta tidak mudah untuk memiliki suatu penyakit dari fisik dan juga jiwanya.

Apakah anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “mencegah lebih baik dari pada mengobati“. Pepatah itulah yang menunjukkan bahwa budaya sehat hal yang sangat penting sebagai langkah preventif sebelum terjadi resiko yang lebih fatal. Melalui budaya hidup sehat seseorang bisa mendisiplinkan hidupnya untuk selalu berperilaku baik, mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari segala sesuatu yang membuat kehidupannya menjadi tidak baik.

Hidup Sehat

Budaya hidup sehat pada dasarnya adalah sebuah konsep hidup yang mengutamakan segala aktivitas hidup dengan berbagai tindakan-tindakan sehat. Selain itu budaya hidup sehat dianggap pula sebagai suatu hal yang dikatakan tidak adanya gangguan fisik maupun jiwa.

Bahkan berdasarkan pada Departemen kesehatan RI tahun 1997 tentang arti hidup sehat adalah usaha penerapan kebiasaan atau tingkah laku yang baik dengan tujuan untuk menciptakan hidup yang sehat dan mampu menghindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan seseorang.

Selain itu contoh budaya hidup sehat itu sendiri seperti perilaku tidak merokok, pola makan sehat dan seimbang, serta melakukan aktifitas fisik yang teratur.

Tujuan Budaya Hidup Sehat

Berikut dibawah ini yang merupakan tujuan hidup sehat. Antara lain;

  1. Tubuh lebih berenergi

Menerapkan budaya hidup sehat membantu seseorang memiliki kehidupan yang lebih baik lagi, karena pada pola hidup sehat ini setiap orang bisa mengatur perilaku maupun pola hidupnya sesuai dengan indicator kesehatan yang baik.

Salah satu perilaku yang baik dalam melakukan pola hidup sehat ini yaitu dengan berolahraga. Apakah anda tahu dengan melakukan olahraga anda bisa memiliki energi tubuh yang lebih banyak. Sehingga secara tidak langsung hal ini mempengaruhi anda untuk bisa beraktivitas secara lebih mudah dan ringan.

Bahkan dengan budaya hidup sehat yang menambah energi tubuh, ternyata berpengaruh pula pada kesehatan seseorang yang semakin terjaga karena tubuh mempunyai nutrisi yang tercukupi dengan baik.

  1. Melawan penyakit

Menjalankan budaya hidup sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari juga membuat setiap individu merasakan kenyamanan, kenikmatan, dan kekuatan yang lebih baik. Hal ini dikkarena seseorang sudah terbiasa melakukan pola-pola hidup sehat maka hal tersebut berpengaruh pada terjaganya pola makan, maupun aktivitas sehat seperti rutin berolahraga yang mampu melawan berbagai penyakit.

  1. Meningkatkan kualitas mood

Budaya hidup sehat bukan hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik. Akan tetapi dengan budaya hidup sehat ini seseorang bisa meningkatkan kualitas mood menjadi lebih baik.

Akibatnya seseorang bisa lebih bahagia, tenang, santai dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya kesehatan psikologis dan suasana hati tetap membutuhkan budaya hidup sehat dari aktivitas yang dilakukan seseorang sehari-harinya.

Untuk meningkatkan mood seseorang juga bisa melakukan kegiatan olahraga dan aktivitas fisik yang membuat tubuhnya menjadi lebih bugar dan sehat. Dengan begitu seseorang bisa lebih percaya diri untuk beraktivitas dan meningkatkan suasana hati yang senang.

  1. Mengendalikan berat badan

Budaya hidup sehat memerlukan penerapa pola makan yang baik maupun aktivitas olahraga yang membantu kesehatan badan lebih terjaga. Oleh karena itu dengan pola makan yang baik dan sehat secara tidak langsung mampu mengatur berat badan seseorang hingga menjadi lebih terjaga.

Bahkan dengan kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin mampu membakar lemak dan kalori yang ada pada tubuh seseorang dan membuatnya memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal.

  1. Memperpanjang umur

Apakah anda tahu bahwa dnegan menerapkan budaya hidup sehat ternyata mampu memberikan kita kesempatan untuk hidup lebih panjang lagi. Alasannya karena seseorang bisa mengatur kehidupannya dengan baik mulai dai bangun tidur hingga kembali tidur segala sesuatunya diperhatikan secara baik agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik.

Melalui kesehatan itu pul,a setiap individu bisa melakukan kegiatan dengan lebih mudah dan akibatnya hal ini juga mempengaruhi kebahagiaan dari orang tersebut dan membuatnya memiliki usia yang lebih panjang karena tidak ada beban pikiran yang berlebih.

Manfaat Hidup Sehat

Adapun untuk beberapa manfaat yang didapatkan dari hidup sehat. Antara lain;

  1. Mempertajam daya ingat

Budaya hidup sehat merupakan salah satu hal yang perlu dibiasakan oleh banyak orang. Karena dengan budaya hidup sehat seseorang mampu mengatur kesehatan tubuhnya dengan lebih baik. Bahkan pola makan tubuh juga menjadi bagus sehingga banyak gizi yang masuk dan bermanfaat untuk mempertajam daya ingat.

  1. Meningkatkan kelancaran berbicara

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan menerapkan budaya hidup sehat, maka seseorang bisa memperoleh gizi yang banyak. Sehingga hal ini uga berpengaruh pada kemampuan orang untuk mendapatkan banyak kelebihan pada badannya seperti kelancaran berbicara, menjadi lebih kuat dan lain-lain.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Budaya hidup sehat membuat seseorang menerapkan pola hidup sehat dengan lebih disiplin dan sesuai dengan aturan-aturan kesehatan yang baik pula. Bahkan banyak pula olahraga yang dilakukan dengan manfaat yang bisa diperoleh yaitu meningkatkan konsentrasi.

  1. Dapat mengkoordinasi tubuh agar bersikap lebih baik

Koordinasi tubuh merupakan rangkaian kegiatan mulai dari gerakan setiap tubuh yang memberikan kemudahan dalam setiap aktivitas. Sebagai informasi dengan menerapkan budaya hidup sehat, anda bis melakukan olahraga secara rutin yang mana salah satu manfaatnya ialah mengkoordinasi tubuh agar bersikap menjadi lebih baik.

  1. Mencegah osteoporosis dan patah tulang

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan pengeroposan tulang. Perlu anda ketahui bahwa resiko terjadinya osteoporosis pada seseorang bisa diminimalisir dengan menjaga kesehatan tulang tubuh melalui olahraga rutin.

Dari setiap kegiatan olahraga yang dilakukan seseorang mampu menumbuhkan kekuatan pada tulang dan itulah yang menyebabkan osteoporosis bisa dicegah.

  1. Meningkatkan jangkauan pergerakan

Budaya hidup sehat memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai gerakan dengan latihan olahraga yang rutin dilakukan. Melalui kebiasaan gerak dalam berolahraga itu pula, maka seseorang bisa meningkatkan jangkauan pergerakan menjadi lebih baik dan jauh lagi. Sehingga kelincahan bisa lebih ditonjolkan.

  1. Mempertahankan fleksibilitas

Fleksibiltas tubuh merupakan kemudahan tubuh untuk melakukan setiap gerakan. Melalui fleksibiltas itu pula seseorang bisa beraktivitas dengan lebih mudah dan hal ini bisa diperoleh dengan melakukan kegiatan olahraga secara teratur dan menjalankan budaya hidup sehat dengan baik.

  1. Meningkatkan harga diri

Budaya hidup sehat memiliki manfaat untuk meningkatka harga diri seseorang. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan budaya hidup sehat ini seseorang bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang baik seperti olahraga, tidur dengan kualitas yang baik, pola makan sehat dan lain sebagainya.

Maka dari itu secara tidak langsung hal tersebut bisa meningkatkan hatga diri, dimana seseorang bisa semakin percaya diri, lebih tangguh, memiliki sikap disiplin serta lan sebagainya.

  1. Meningkatkan memori pada orang lanjut usia

Melalui budaya hidup sehat seseorang akan sering melakukan kegiatan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi pula. Maka dari itu tidak heran jika kebiasaaan hidup semacam ini bisa memberikan manfaat berupa peningkatan memori pada orang lanjut usia akibat dari pola hidup dan konsumsi makanan yang sehat.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa budaya hidup sehat bukan semata-mata membuat manusia terkekang dengan kehidupan yang harus dilakukan serba disiplin. Akan tetapi budaya hidup sehat ini justru memiliki banyak tujuan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Perlu anda ketahui pula bahwa dalam budaya hidup sehat ini ada beberapa faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan mulai dari makanan hingga olahraga. Maka dari itu selain memperhatikan pola makan yang baik, setiap orang memang sudah seharusnya mampu melakukan kegiatan olahraga secara rutin. Tujuannya agar hidup menjadi lebih sehat, kuat, dan seimbang.

Demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari pola hidup sehat bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *