Macam Senam Ketangkasan dan Manfaatnya

Diposting pada

Jenis Senam Ketangkasan

Kegiatan senam seringkali membuat badan merasa lebih bugar. Bahkan arti olahraga senam bisa membuat sesorang merasa lebih happy. Hal ini karena setiap gerakan memberikan rasa yang enjoy dan menyenangkan. Maka dari itu senam banyak diminati banyak orang.

Sebagai informasi bahwa olahraga senam memiliki banyak macamnya dan salah satu diantaranya yaitu senam ketangkasan yang menggunakan alat ataupun tidak memerlukanya. Mungkin bagi sebagian orang yang belum terbiasa dengan dunia olahraga akan sedikit asing mendengar senam ketangkasan ini. Pada dasarnya senam ketangkasan merupakan senam yang aturan-aturan tertentu karena berfungsi untuk melenturkan otot dan lain sebagainya.

Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan disebut pula dengan senam artistik. Hal ini karena setiap gerakan atau bentuk dari senam ini memiliki kriteria ataupun aturan yang harus diikuti. Berbicara mengenai senam ketangkasan, maka anda harus mengerti terlebih dahulu bahwa kegiatan senam adalah bentuk latihan fisik yang bertujuan untuk menjaga dan manambah daya tahan tubuh agar selalu sehat serta kuat.

Maka dari itu senam ketangkasan ini termasuk salah satu jenis senam yang perlu dipelajari agar setiap orang bisa mempelajarinya dengan baik dan bisa di praktekkan secara langsung.

Macam Senam Ketangkasan

Berikut terdapat beberapa jenis yang termasuk dalam senam ketangkasan yaitu;

  1. Lompat Jongkok

Lompat Jongkok
Lompat Jongkok

Lompat jongkok adalah salah satu jenis senam ketangkasan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kuda-kudaan. Perlu anda ketahui bahwa lompat jongkok biasanya dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu melatih ketangkasan, kelenturan, dan kelihaian tubuh dalam melewati berbagai rintangan. Cara untuk melakukan lompat jongkok tidak begitu sulit yaitu diawali dengan sikap berdiri tegak lurus dan fokus ke arah yang dituju.

Kemudian anda bisa mulai berlari dengan cepat dengan mencondongkan badan ke depan. Pada saat kaki sudah menginjak papan tolakan, maka tolak kedua kaki dengan kuat sambil diikuti dengan naiknya kedua tangan yang melambai keatas.

Selanjutnya letakkan kedua tangan pada pangkal kuda-kudaan untuk menahan beban tubuh dan iringi pula dengan gerakan menekuk kedua lutut hingga berada dekat dengan dada. Ketika posisi sudah dekat di ujung kuda-kudaan, maka luruskan tungkai kaki agar periapan mendarat bisa dilakukan dengan baik yaitu dengan menggunakan ujung kedua kaki serta tangan lurus terbuka ke atas.

  1. Lompat Kangkang

Senam Ketangkasan Lompat Kangkang
Lompat Kangkang

Gerakan lompat kankang pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan lompat jongkok. Umumnya lompat kangkang dilakukan dengan menggunakan bantuan alat sebagai rintangan. Lompat jenis ini membantu anda untuk melatih ketangkasan dan kelenturan tubuh.

Kemudian, lompat kangkang biasanya dilakukan dengan cara berdiri tegak lurus menghadap ke arah kuda – kudaan. Selanjutnya anda dapat berlarilah dengan cepat dan pastikan agar posisi badan sedikit dicondongkan ke depan.

Pada saat kaki sudah menginjak papan tolakan, maka melompatlah dengan menolak kedua kaki menggunakan tenaga sekuat mungkin. Tempelkan kedua tangan di papan kuda-kudaan dan tolak tubuh sekuat mungkin agar bisa membuat badan melayang diatas dengan posisi kaki harus terbuka ke samping seperti mengangkang.

Ketika sudah ada di ujung kuda-kudaan, maka rapatkan kedua kaki dan tekuk lutut sampai mendekati dada dan tarik kedua tangan hingga lurus ke belakang sebagai persiapan untuk melakukan pendaratan. Posisi pendaratan ini anda harus melakukannya dengan ujung kaki yang terbuka dan kedua tangan lurus terbuka ke atas.

  1. Meroda

Senam Ketangkasan Meroda
Meroda

Meroda adalah salah satu jenis senam ketangkasan yang gerakannya dilakukan dengan cara berguling ke samping sama seperti roda. Kemudian untuk gerakkan meroda sendri sebetulnya bisa dilakukan dengan tangan dan kaki secara bergantian, untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini beberapa cara melakukan meroda yaitu;

  1. Awali sikap anda dengan posisi berdiri atau tegak lurus diatas matras olahraga yang sudah persiapkan sebelumnya. Kemudian bukan kaki dengan ukuran selebar bahu dan tangan diangkat menuju atas.
  2. Selanjutnya gerakan tangan ke samping kanan yaitu dengan cara tangan kanan diliukan atau ditempelkan ke matras untuk tumpuan.
  3. Kaki kiri diangkat secara bersamaan dengan meletakan tangan sebelah kiri disamping tangan kanan kemudian pastikan bahwa posisi kaki berada di atas.
  4. Terakhir, angkat tangan kanan dan tangan kiri agar menyentuh matras hingga tubuh bisa kembali ke posisi semula yaitu berdiri tegak.
  1. Guling ke Depan

Guling ke Depan
Guling ke Depan

Guling kedepan memiliki istilah lain yaitu forward roll, perlu anda ketahui bahwa guling depan termasuk salah satu jenis senam ketangkasan yang dilakukan dengan cara berguling melalui beberapa tahapan dengan diawali posisi berdiri tegak terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini adalah tahapan gerakan guling depan yaitu;

  1. Ambil posisi jongkong dan rapatkan kedua kaki serta posisikan tangan agar sejajar dengan bahu. Buatlah posisi anda senyaman mungkin agar gerakan bisa dilakukan dengan lebih mudah.
  2. Selanjutnya, persiapkan kedua telapak tangan agar bisa diletakkan pada matras dengan ukuran selebar bahu.
  3. Lalu, tekuklah siku ke arah samping dan masukan kepala diantara kedua tangan. Kemudian, tempelkan tengkuk ke matras dan lakukan gerakan berguling kedepan dengan cara mendorong berat badan secara perlahan ke arah depan agar gerakan bisa berjalan dengan baik.
  4. Tahapan berikutnya lipatlah kedua lutut dan buat lutut serta dagu agar bisa ditarik ke arah dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
  5. Terakhir, kembali keposisi semulai yaitu jongkok dengan posisi kaki rapat dan gerakkan akhir harus seimbang supaya tidak jatuh atau miring ke samping.
  1. Guling ke Belakang

Guling ke Belakang
Guling ke Belakang

Guling ke belakang atau nama lainnya back roll adalah gerakkan yang memiliki urutan sendiri atau tahapan-tahapan tertentu. Berikut dibawah ini merupakan beberapa cara melakukan guling ke belakang yaitu;

  1. Awali sikap anda dengan posisi jongkok dan menghadap matras dibelakang dengan lengan lurus ke depan.
  2. Selanjutnya, jatuhkan badan dengan cara menarik dagu ke dada lalu bengkokkan lengan dan atur telapak tangan dengan posisi ke atas. Kemudian, tempelkan atau letakkan ibu jari tepat berada di dekat telinga anda.
  3. Tolakkan tangan hingga lurus dengan pantat sampai melewati titik tertinggi sewaktu menggulingkan badan ke belakang.
  4. Terakhir, lakukan pendaratan dengan cara lengan dan kaki dilepaskan dari matras dan usahakan agar pandangan tetap fokus ke depan serta selalu menjaga keseimbangan dengan baik.

Manfaat Senam Ketangkasan

Manfaat senam ketangkasan pada dasarnya sangat banyak terutama untuk menjaga  tubuh seseorang agar lebih baik dan sehat dan manfaat tersebut diantarannya yaitu sebagai berikut ini;

  1. Tubuh Sehat

Melakukan senam ketangkasan akan membantu anda mengeluarkan keringat. Sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh anda mengalami peningkatan daya tahan tubuh.

Bahkan senam ini juga melatih keberanian anda dalam melakukan gerakan-gerakan yang memang harus didampingi dengan guru atau pelatih, apalagi jika anda belum pernah melakukannya sama sekali. Tujuannya agar anda bisa melihat gerakkan yang dilakukan dan bisa mencontoh atau berlatih dengan benar.

  1. Menjadikan Tubuh Indah

Senam ketangkasan termasuk salah satu jenis olahraga di Indonesia yang dapat membantu anda untuk membentuk tubuh agar lebih ideal. Alasannya karena dalam senam ketangkasan ini memiliki banyak sekali suatu gerakakan yang dapat membakar lemak didalam tubuh.

  1. Kebugaran Tubuh

Kebugaran jasmani bisa anda peroleh dengan melakukan senam ketangkasan ini. Karena setelah melakukan senam yang satu ini anda akan merasa lebih segar dan kembali fit atau bugar. Sehingga hal tersebut menghindarkan tubuh dari rasa lelah, lesu, maupun lemas.

  1. Otot Menjadi Kencang

Otot kencang juga termasuk salah satu manfaat yang bisa anda peroleh ketika melakukan senam ketangkasan. Karena dalam senam terdapat berbagai gerakan maka secara otomatis setiap otot yang ada dalam tubuh anda akan semakin terbentuk bagus, apalagi jika senam dilakukan secara rutin misakan dalam 1 minggu 3 kali olahraga maka kekuatan otot akan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa dalam senam ketangkasanini sejatinya dapat dilakukan dengan dua ketentuan yaitu dapat menggunakan alat maupun tanpa alat sekalipun. Pada dasarnya senam ketangkasan dianggap pula sebagai senam yang memiliki banyak jenis.

Hal ini dikarenakan bentuk senam ini berfungsi untuk melatih kekuatan otot tubuh beserta memberikan kelenturan pada tubuh seseorang.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis senam ketangkasan yang menggunakan alat ataupun tidak serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *