Tujuan Olahraga Kendo dalam Beladiri

Diposting pada

Tujuan Bela Diri Kendo

Diakui ataupun tidak memang pada dasarnya masih banyak masyarakat yang belum mengenal seni bela diri kendo ini. Bahkan pada setiap orang pada umum tau arti olahraga kendo adalah olahraga berpedang namun tidak tau secara pasti asal muasal atau bahkan sejarah turun temurunnya olaharaga ini.

Pada proses latihan kendo juga memiliki berbagai macam tujuan yang salah satu diantaranya yaitu untuk mengembangkan diri agar lebih berani, disiplin dan lain sebagainya.

Kendo

Kendo adalah olahraga seni bela diri yang memiliki ciri khas mulai dari kostum hingga perlengkapan pedang yang ada di tangannya. Pada dasarnya jenis olahraga modern di Indonesia ini sangat berguna untuk melanjutkan nilai-nilai moral seorang samurai atau pendekar dan dibawa turun-temurun dari generasi terdahulu hingga generasi masa kini.

Tujuan Kendo

Walaupun olahraga kendo masih jarang diketahui banyak orang, namun ternyata tujuan kendo sangat beragam diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mempersatukan antara tubuh dan pikiran

Olahraga kendo membuat seseorang harus berkonsentrasi dengan baik. Tujuannya agar mereka dapat melakukan kegiatan seni bela diri ini dengan baik dan lancar yaitu menggerakan tubuhnya dan juga berfikir dengan baik teknik atau strategi-strategi yang cocok untuk mereka lakukan dalam menghadapi lawan mainnya.

Maka dari itu secara tidak langsung olahraga kendo ini membuat anda menjadi lebih terfokus dalam memikirkan suatu hal dan mampu menyatukan antara langkah yang akan diambil atau dilakukan tubuh dengan pemikiran anda sendiri.

  1. Menjunjung nilai sopan santun dan saling menghormati

Dalam olahraga kendo anda akan diajarkan nilai sopan santun dan rasa saling menghormati satu sama lain walaupun dengan lawan main anda sendiri. Karena pada dasarnya olahraga ini memang bertujuan untuk mengembangkan diri anda bukan hanya berdasar pada masalah fisik melainkan juga pada sikap atau karakter.

Nilai sopan santun dan rasa saling menghormati menjadi salah satu doktrin yang cukup kuat dalam kendo karena pada olahraga ini didalamnya terdapat nilai-nilai seni atau budaya. Sehingga secara tidak langsung akan mengajarkan anda bagaimana harus bersikap baik dengan orang lain dan lain sebagainya.

  1. Mengembangkan seni bela diri kendo itu sendiri

Olahraga kendo juga bertujuan untuk mengembangkan seni bela diri kendo itu sendiri. Artinya dengan anda melakukan olahraga yang satu ini maka anda bisa membuka kesempatan pada orang lain untuk mengetahui olahraga tersebut.

Bahkan dengan seni bela diri itu, anda dapat mengembangkan berbagai skill atau kemampuan yang anda miliki dan sangat berfungsi atau bermanfaat bagi diri anda sendiri sebagai bentuk penjagaan atau keamanan dari gangguan orang lain yang bisa menghampiri anda kapan dan dimanapun.

  1. Menciptakan hubungan dengan penuh ketulusan dengan orang lain

Melalui kendo anda akan mendapatkan relasi atau hubungan yang baru dengan orang lain. sehingga anda dapat berlatih dengan baik dan bisa saling belajar satu sama lain. Maka dari itu rasa ketulusan, korsa, saling menghormati menjadi salah satu karakter yang wajib anda miliki dan melalui kendo inilah anda akan dibentuk menjadi seseorang yang berkepribadian lebih baik lagi.

  1. Mengembangkan diri sendiri

Seni bela diri kendo mampu mengembangkan diri anda sendiri. Salah satu contohnya yaitu anda dapat memiliki rasa keberanian, percaya diri, disiplin dan lain sebagainya yang mungkin sebelumnya belum anda miliki secara penuh.

Bahkan melalui olahraga ini anda dapat menunjukkan kemampuan yang anda miliki dihadapan banyak orang dan membuat diri anda semakin berprestasi.

  1. Memasyarakatkan dan menjunjung kedamaian

Kendo memiliki tujuan untuk memasyarakatkan dan menjunjung kedamaian. Alasannya karena olahraga ini sebetulnya merupakan olahraga yang bercampur dengan budaya, sehingga didalamnya selalu memperhatikan nilai-nilai yang baik.

Bahkan olahraga ini mengajarkan untuk membela kebenaran dan melawan kesalahan dengan cara atau tindakan yang benar. Maka dari itu tujuannya sangat khas untuk memasyarakatkan dan menjunjung tinggi nilai kedamaian.

  1. Meningkatkan kesejahteraan

Kesejahteraan termasuk salah satu tujuan dari seni bela diri kendo. Karena olahraga ini akan memberikan anda kesempatan untuk menunjukkan bakat terpendam yang anda miliki, sehingga adan bisa memperoleh prestasi atau penghargaan-penghargaan yang membuat hidup semakin sejahtera dan bahagia.

  1. Menumbuhkan jiwa yang selalu bersemangat

Rasa semangat juga menjadi tujuan dari kendo. Melalui olahraga ini anda akan memiliki jiwa semangat yang lebih tinggi karena anda bersikap untuk lebih maju dan selalu bisa mengembangkan diri dengan baik. Sehingga secara tidak langsung rasa semangat dalam diri harus selalu ditumbuhkan setiap saat untuk memotivasi diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan melakukan olahraga kendo saat bela diri ini ingin dilakukan oleh siapapun. Semoga memberi edukasi bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *