Pengertian Senam Ketangkasan, Macam, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Senam Ketangkasan Adalah

Senam adalah kegiatan yang menyenangkan yang merupakan dasar untuk semua olahraga dan aktivitas fisik. Senam mengajarkan peserta bagaimana cara bergerak, berguling, melompat, mengayun, dan terbalik. Senam memberikan landasan yang kuat dalam gerakan untuk anak laki-laki dan perempuan dari segala usia.

Kondisi inilah memungkinkan bahwa setiap orang untuk mengembangkan seluruh tubuh mereka yang berguna dalam semua olahraga dan kegiatan lainnya. Salah satu jenis senam yaitu senam ketangkasan, yang tentunya juga memiliki manfaat yang beragam, salah satunya yaitu tubuh terasa lebih bugar. Terdapat bermacam-macam senam ketangkasan, yaitu senam ketangkasan yang menggunakan alat dan ada pula senam ketangkasan yang tidak menggunakan alat, dengan contoh gerakan masing-masing.

Senam Ketangkasan

Senam adalah olahraga yang mencakup latihan yang membutuhkan keseimbangan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, dan daya tahan. Gerakan-gerakan yang terlibat dalam senam berkontribusi pada perkembangan kelompok lengan, kaki, bahu, punggung, dada, dan otot perut.

Kewaspadaan, ketelitian, keberanian, kepercayaan diri, dan disiplin diri adalah sifat mental yang juga dapat dikembangkan melalui senam.

Bentuk senam kompetitif yang paling umum adalah senam artistik, yang termasuk dalam senam ketangkasan. Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) adalah badan pengelola senam di seluruh dunia. Peserta dalam olahraga yang terkait senam dapat mencakup anak-anak, atlet tingkat rekreasi, dan atlet kompetitif di berbagai tingkat keterampilan, termasuk atlet kelas dunia.

Pengertian Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan  dapat didefinisikan sebagai senam yang pada prakteknya bisa menggunakan alat atau juga bisa tidak menggunakan alat. Senam ketangkasan seringkali disebut juga senam artistik sebab bentuk-bentuk dari senam tersebut mempunyai aturan yang sesuai.

Sebagiamana olahraga lainnya, senam ketangkasan pun dipertandingkan. Hal yang dinilai dari senam ketangksan yaitu saat melakukan gerakan, ketepatan, keindahan dan juga keseimbangan saat sikap akhir.

Senam ketangkasan bisa dilakukan dengan beberapa metode, misalnya metode palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, kuda pelana dan gelang-gelang. Gerakan dalam senam ketangkasan diantaranya yaitu gerakan keharmonisan, gerakan keseimbangan, gerakan kelenturan dan keluesan, gerakan keindahan, dan gerakan kelincahan.

Pengertian Senam Ketangkasan Menurut Para Ahli

Adapun definisi senam ketangkasan menurut para ahli, antara lain:

FIG  yang telah  dikutip  oleh  Agus  Mahendra (2003:4)

Senam  ketangkasan  atau senam  lomba  dapat  dibagi  menjadi  6  kelompok, yaitu :

  1. Senam artistik
  2. Senam ritmik sportif
  3. Senam akrobatik
  4. Senam aerobik sport
  5. Senam trampoline
  6. Senam umum

Macam Senam Ketangkasan dan Contohnya

Secara garis besar senam ketangkasan dibagi menjadi dua macam, yaitu tanpa menggunakan alat dan dengan menggunaan alat. Berikut penjelasannya:

Senam Ketangkasan Tanpa Alat

Senam ketangkasan tanpa alat ialah senam yang dilakukan tanpa menggunakan alat bantu apapun atau bisa juga dikatakan bahwa senam ketangkasan tanpa alat murni dilakukan oleh gerakan tubuh. Contoh senam ketangkasan tanpa menggunakan alat:

Meroda

Gerakan meroda merupakan gerakan berguling kesamping menyerupai roda. Gerakan meroda bisa dilakukan dengan menggunakan tumpuan kaki dan tangan secara bergantian. Tata cara dalam melakukan gerakan meroda yaitu:

  1. Sikap awal dari gerakan meroda adalah berdiri tegak di atas matras, bukalah kaki selebar bahu, dan angkat kedua tangan ke atas.
  2. Setelah itu bergeraklah ke samping kanan dengan cara meliukkan tangan kanan ke matras sebagai tumpuan yang ada di samping kanan.
  3. Angkatlah kaki kiri secara bersamaan dengan meletakkan tangan kiri di samping tangan kanan. Posisikan kedua kaki di atas.
  4. Gerakan yang terakhir, angkat tangan kanan dan tangan kiri menyentuh matras, hingga tubuh kembali berdiri dengan tegak.

Guling Depan atau gerakan forward roll 

Guling depan merupakan gerakan berguling dengan berurutan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan yang terakhir adalah panggul bagian belakang. Tata cara dalam melakukan guling depan yaitu:

  1. Sikap awal dari gerakan ini adalah jongkok, rapatkan kedua kaki, posisikan kedua telapak tangan sejajar bahu.
  2. Letakkan kedua telapak tangan pada matras selebar bahu.
  3. Tekuk siku ke samping dan masukkan kepala di antara kedua tangan. Kemudian tempelkan tengkuk ke matras dan mulailah berguling ke depan dengan mendorong berat badan Anda secara perlahan ke depan juga.
  4. Selanjutnya lipatlah kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke arah dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
  5. Gerakan terakhir adalah jongkok dengan posisi kedua kaki rapat. Ingat bahwa gerakan akhir harus selalu seimbang.

Guling ke Belakang atau gerakan back roll 

Guling ke belakang merupakan gerakan berurutan juga mulai dari pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir adalah kedua kaki. Tata cara dalam melakukan guling ke belakang yaitu:

  1. Sikap awalnya adalah jongkok daengan membelakangi matras. Posisikan lengan lurus ke depan.
  2. Jatuhkan badan ke belakang dengan menarik dagu ke dada, kemudian bengkokkan lengan dan atur telapak tangan menghadap ke atas. Letakkanlah ibu jari Anda dekat dengan telinga.
  3. Gulingkan badan ke belakang dengan mendarat pada kaki. Lepas tangan dari matras dengan pandangan fokus lurus ke depan.
  4. Tolakan tangan sampai lengan lurus pada saat pantat Anda melewati titik tertinggi pada saat mengguling ke belakang. Lakukan pendaratan dengan kaki dan lepas tangan dari matras. Fokus pandangan ke depan dan selalu jaga keseimbangan.

Senam Ketangkasan dengan Alat

Senam ketangkasan dengan alat misalnya senam dengan menggunakan kuda-kuda lompat sebagai tumpuan. Contoh senam ketangkasan yang menggunakan alat bantu, antara lain:

Lompat Kangkang

Gerakan lompat kangkang merupakan gerakan yang seperti meloncat melewati rintangan. Saat badan melayang di udara maka kuda-kuda tangan direntangkan. Luruskan kedua tungkai agar bisa melewati samping kanan dan kiri dari peti lompat.

Latihan gerakan ini bisa menambah ketangkasan, kekuatan, kelincahan keberanian dan konsentrasi. Tata cara dalam melakukan lompat kangkang yaitu:

  1. Lakukan gerakan awal dengan berlari cepat, kemudian condongkan badan ke depan dan lakukan gerakan menolak dengan kedua kaki pada papan sekuat tenaga Anda. Anda bisa menyertainya dengan gerakan ayunan dari belakang bawah ke depan, luruskan badan dan pisahkan tungkai.
  2. Ketika tangan menyentuh bagian pangkal kuda dan melakukan gerakan tolakan sekuat-kuatnya, maka badan akan melayang di atas kuda-kuda dengan sikap yang lurus. Rentangkanlah lengan Anda dan pandangan berkonsentrasi agar tetap fokus ke depan.
  3. Lakukan proses pendaratan dengan menggunakan ujung kaki mengerper dan rentangkan kedua lengan Anda ke atas.

Lompat Jongkok 

Lompa jongkok mempunyai manfaat yang sama dengan lompat kangkang. Perbedaannya yaitu lompat kangkang hanya memodifikasi gerakan kaki dari posisi kangkang menjadi posisi jongkok. Tata cara dalam melakukan lompat jongkok yaitu:

  1. Awali gerakan dengan berlari cepat. Condongkan badan ke depan. Lakukan tolakan pada kedua kaki ketika berada pada papan tolak kemudian ayunkan lengan ke atas. Gerakkan tangan yaitu menumpu pada pangkal kuda-kuda dan pandangan fokus ke depan dekat dengan kedua tangan.
  2. Lakukanlah tolakan pada kedua tangan dengan kuat dan tekuk lutut ke arah dada. Luruskan bagian tungkai ketika posisi berada di ujung kuda-kuda.
  3. Mendaratlah pada ujung kaki dan rentangkan kedua tangan ke atas.

Manfaat Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Kebugaran Tubuh

Setelah kita melakukan senam ketangkasan tubuh kita akan terasa lebih bugar, semakin segar dan tidak lemah dan lesu, serta dalam penampilan pun akan menjadi bagus. Ketika senam ketangkasan dilakukan secara rutin maka otot tubuh akan terbentuk dan semakin kencang.

  1. Otot Menjadi Kencang

Dengan melakukan senam ketangkasan secara rutin, dan tidak hanya dilakukan hanya sekali atau dua kali saja, maka akan membuat otot kita menjadi lebih kencang.

  1. Menjadikan Tubuh Indah

Apabila kita sering melakukan senam ketangkasan maka tubuh kita akan menjadi ideal, sebab banyak gerakan senam ketangkasan yang bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

  1. Tubuh Sehat

Ketika kerigat keluar pada waktu olahraga, tubuh juga mengalami peningkatan daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik dengan cara olah raga secara rutin.

Dalam melakukan senam ketangkasan, pada awal kita berlatih harus didampingi oleh pelatih yang berpengalam, dengan tujuan ada yang mengamati gerakannya sudah benar atau belum dan juga bisa untuk melatih.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan serta jelaskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian senam ketangkasan menurut para ahli, macam, manfaat, dan contohnya dalam mata pelajaran penjaskes. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *