Pengertian Roll Depan, Cara Melakukan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Roll Depan

Roll depan pada hakekatnya merupakan serangkaian gerakan yang dijlankan dengan menggulungkan tubuh ke arah depan. Oleh karena itulah arti olahraga dengan teknik roll depan ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan dan juga mengasyikan.

Akan tetapi yang per diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat bagi daya tahan tubuh, semua gerakan-gerakan roll depan harus dilakukan dengan teknik atau cara-cara yang benar, sehingga menghindari terjadinya cedera dan tidak membahayakan keselamatan.

Roll Depan

Pada dasarnya gerakan roll adalah serangkaian keterampilan paling dasar dan mendasar dalam melakukan berbagai unsur senam ritmik ataupun senam lantai. Oleh karenanya ada banyak variasi skill. Akan tetapi yang pasti gerakan roll depan mirip dengan membalik dalam kenyataan bahwa mereka adalah rotasi tubuh yang lengkap, tetapi rotasi roll depan biasanya dilakukan di tanah sementara flip dilakukan di udara dengan pinggul melewati kepala dan tanpa tangan menyentuh tanah.

Pengertian Roll Depan

Rolling depan adalah serangkaian teknik gerakan berguling ke depan atas bagian belakang badan yang tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang, sehingga dapat dilakukan dengan awalan dalam posisi jongkok atau berdiri.

Satu-satunya peralatan yang benar-benar kita butuhkan untuk melatih gerakan maju adalah permukaan yang lembut. Roll ke depan bisa diajarkan di atas rumput lembut, pasir, dan lain-lain, tapi alas pencar, kotak empuk setinggi 30 cm, dan baji setinggi 30 cm sangat berguna.

Pengertian Roll Depan Menurut Para Ahli

Adapun definisi roll depan menurut para ahli, antara lain;

  1. Collins Dictionary, Roll depan adalah gerakan senam di mana tubuh dibalikkan dengan tumit di atas kepala dengan bagian belakang leher bertumpu pada lantai.

Cara Melakukan Roll Depan

Memulai gerakan roll depan dapat dilakukan dengan menggunakan dua jenis awalan, yaitu awalan dengan posisi jongkok dan berdiri. Berikut penjelasannya.

  1. Awalan dengan Posisi Jongkok

Adapun teknik dalam melakukan roll depan dengan awalan jongkok, yaitu:

  1. Pertama-tama, tubuh dalam posisi jongkok.
  2. Telapak tangan diletakkan pada lantai dengan posisi lebih depan dari telapak kaki.
  3. Pantat diangkat dan kepala diarahkan di antara kedua telapak tangan (seperti posisi sujud).
  4. Dagu ditempelkan pada dada, kemudian dorong kepala hingga masuk melewati kedua telapak tangan. Cara mendorongnya yaitu pantat diangkat lebih tinggi lagi sekaligus condong ke arah depan. Tulang punggung bagian atas/pangkal leher ditempelkan ke lantai, lalu dorong tubuh ke arah depan, maka tubuh akan mengguling ke depan.
  5. Berikan energi dorongan menggunakan otot perut, sehingga setelah tubuh terguling, tubuh akan berposisi seperti posisi awal.
  1. Awalan dengan Posisi Berdiri

Sedangkan cara melakukan roll depan dengan awalan berdiri, yaitu:

  1. Pertama-tama, tubuh dalam posisi berdiri, lalu bungkukkan badan dan tempelkan kedua tangan ke lantai.
  2. Kepala ditundukkan hingga dagu menempel di dada.
  3. Badan diturunkan hingga sedikit rendah, kedua siku tangan akan tertekuk sampai membentuk sudut 45 derajad.
  4. Lakukan tolakan dengan menggunakan pergelangan kaki, sebelum tulang punggung atau pangkal leher menyentuh lantai, kedua tangan akan bertindk sebagai penahan tubuh sementara dan perlahan-lahan menurunkan tubuh (jika sudah terbiasa dan tidak takut lagi, proses yang satu ini tidak perlu sebab tubuh akan langsung diluncurkan ke depan dengan tulang punggung/pangkal leher menjadi tumpuan atau jalur tubuh menggelinding ke depan).
  5. Ketika tubuh sudah menggelinding kedepan, kedua telapak kaki menapak lantai, tubuh harus segera didorong untuk bangkit berdiri sesuai dengan posisi awal.

Manfaat Roll Depan

Manfaat melakukan gerakan roll depan, antara lain:

  1. Membakar kalori

Melakukan gerakan senam lantai termasuk roll depan pada hakekatnya dapat bermanfaat dalam membakar kalori dan membuat kita berkeringat. Dengan kalori yang terbakar, kita dapat mendapatkan tubuh yang ideal dan jauh dari kegemukan.

  1. Menguatkan tulang

Melakukan roll depan sejatinya dapat membuat tulang kuat, sebab dalam gerakan tersebut terdapat putaran yang dilakukan searah dengan bentuk tulang manusia. Apabila melakukannya dengan benar, kita dapat menguatkan tulang.

  1. Melenturkan tubuh

Melakukan gerakan roll depan dapat bermanfaat dalam membantu meningkatkan kelenturan tubuh. Bahkan ketika pertama kali melakukannya, mungkin kita akan kesulitan. Semakin badan lentur, semakin mudah juga kita melakukannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa roll depan ini dikenal dengan roll maju yang dalam bahasa sehari-hari disebut poli rol. Oleh karena itulah gerakan salah satu elemen paling dasar dalam senam dan salah satu yang pertama dipelajari. Roll depan dimulai dari posisi berdiri dan kemudian pesenam berjongkok, meletakkan tangan selebar bahu dan tangan menghadap ke depan.

Mereka menempelkan dagu ke dada dan meletakkan bagian belakang kepala mereka ke lantai. Mereka kemudian mendorong dari lantai dengan kaki mereka dan memutar kepala ke punggung. Pesenam kemudian menekan kaki mereka ke lantai dan mencambuk lengan ke depan untuk berdiri.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian roll depan menurut para ahli, teknik gerakan untuk melakukan, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.