Tujuan dan Manfaat Lari Estafet

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Lari Estafet

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah lari estafet? Lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga lari yang sering dilombakan mulai dari ranah nasional hingga internasional. Jenis olahraga modern yang satu ini cukup terkenal dan digemari banyak orang.

Selain itu lari estafet juga memerlukan beberapa teknik kebugaran jasmani dalam setiap gerakannya. Salah satu gerakan yang erat dengan olahraga ini yaitu sesuai dengan namanya gerakan lari itu sendiri. Sebagai informasi untuk menjadi seseorang yang handal di dalam lari estafet, maka para pemain harus memiliki teknik lari estafet yang baik agar mereka berhasil mencapai tujuan finish yang sudah ditentukan.

Lari estafet

lari estafet adalah salah satu jenis lomba lari dalam cabang olahraga atletik yang dimainkan dengan kelompok lari dengan cara bergantian. Setaip kelompok atau tim dalam lari estafet ini ada sekitar empat orang pelari yang masing-masing memiliki peranan atau tugas sendiri.

Olahraga yang dimainkan secara tim ini mengharuskan para pemainnya untuk mengetahui dasar atau teknik yang baik dalam olahraga ini. Bukan hanya masalah teknik, melainkan sebuah kerjasama juga diperlukan agar tim tersebut dapat kompak dan berhasil mencapai garis finish. Olahraga lari estafet ini berbeda dengan olahraga lain pada umumnya.

Pada cabang olahraga yang satu ini setiap pelari harus mengalihkan tongkat pada pelari berikutnya dan begitu seterusnya. Cara tersebut dilakukan seterusnya hingga mencapai pelari terakhir yang akan membawa tongkat tersebut hingga garis finish.

Tujuan Lari estafet

Adapun untuk tujuan dalam melakukan lari estafet, antara lain sebagai berikut;

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolism tubuh merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki setiap manusia. Perlu anda ketahui pada saat manusia memiliki metabolisme tubuh yang baik maka hal tersebut akan membantu setiap individu untuk menjaga kesehatannya.

Bahkan dengan metabolisme yang baik akan menghindarkan manusia dari berbagai serangan penyakit. Salah satu tujuan dari lari estafet ini yaitu meningkatkan metabolism,e tubuh, karena badan akan merasakan kekuatan dan keseimbangan yang lebih baik setelah melakukan lari estafet.

  1. Memperlancar Aliran Darah

Lari estafet tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, akan tetapi olahraga yang satu ini juga sangat baik untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena dalam lari estafet gerakan yang paling utama dilakukan adalah lari itu sendiri.

Pada saat tubuh berlari maka seluruh organ yang ada dalam tubuh akan berjalan secara lebih lancar termasuk aliran darah itu sendiri.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hampir sama dengan metabolsime tubuh, lari estafet juga memiliki tujuan yang sangat penting yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. pada dasarnya seluruh kegiatan olahraga akan berdampak baik untuk tubuh setiap orang, termasuk lari estafet itu sendiri.

Salah satu tujuannya yaitu daya tahan tubuh semakin kuat karena individu sudah sering melakukan latihan. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut membuat badannya merasakan kekuatan yang lebih banyak lagi dan semakin bugar.

  1. Mengurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan termasuk salah satu hal yang membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Bukan hanya itu dengan berat badan yang berlebih maka akivitas sehari-hari bisa sedikit terganggu, karena merasa lebih malas dan susah untuk bergerak secara aktif. Akibatnya banyak yang menginginkan untuk melakukan program diet.

Sebagai informasi apabila program diet dilakukan yang salah satunya ialah mengurangi jumlah makan, mungkin bisa berhasil. Namun apabila program diet tersebut ingin anda dapatkan dalam waktu yang lebih cepat, maka jangan hanya menjaga pola makan yang baik.

Tetapi imbangi dengan kegiatan olahraga, lari estafet ini diketahui pula sebagai olahraga yang mampu membakar lemak engan mudah, sehingga cenderung bisa menurunkan berat badan dengan cepat pula. Maka dari itu latihan lari estafet atau lari pada umumnya bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Kelincahan

Sebauh kelincahan adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki seseorang. Alasannya dengan kelincahan setiap orang bisa melakukan aktivitas dengan lebih cepat dan gesit. Melalui kelincahan pula maka setiap individu diharapkan bisa menghilangkan rasa malas yang ada pada dirinya.

Olahraga lari estafet ini dikenal juga sebagai salah satu bentuk olahraga yang mampu meningkatkan kelincahan. Karena dalam olahraga tersebut ada beberapa geakan yang membuat setiap pemain harus bergerak secara cepat mulai dari berlari, memberikan tongkat dan lain sebagainya.

Manfaat Lari estafet

Di bawah ini yang termasuk fungsi yang menjadi manfaat lari estafet. Antara lain;

  1. Baik bagi kesehatan lutut

Olahraga lari estafet ini memiliki manfaat yang sangat baik yaitu berguna untuk menjaga kesehatan lutut. Karena pada olahraga ini gerakan yang dominan dilakukan ialah lari, dan berlari sangat memerlukan kekuatan lutut yang baik. Sehingga secara tidak langsung sendiri-sendiri atau otot yang ada dibagian lutut semakin terlatih dan menjadi lebih sehat.

  1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan yang terjadi pada tulang. Melalui lari estafet seseorang bisa mencegah penyakit yang satu ini, hal dikarenakan latihan kekuatan tulang-tulangnya sudah terlatih begi baik dengan olahraga yang satu ini.

  1. Mengecilkan Betis

Apakah anda termasuk seseorang yang memiliki betis besar? Jika iya, maka lari estafet bisa anda coba untuk mengecilkan betis. Namun lakukan olahraga ini secara rutin setidaknya bisa anda awali dengan lari – lari kecil terlebih dahulu.

  1. Meningkatkan Kualitas Otak

Percaya atau tidak bahwa lari estafet ini sebetulnya akan membawa kempauan otak anda semakin baik. Karena dalam olahraga ini ada diharapkan tetap bisa fokus atau kosentrasi dengan tongkat yang anda pegang dan memberikannya pada pemain lain dalam satu tim. Maka dari itu kosentrasi yang baik, ini berpengaruh pula pada peningkatkan kualitas otak.

  1. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Organ tubuh akan semakin berfungsi dengan baik, apabila anda melakukan olahraga secara rutin. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan yaitu lari estafet. Pada kegiatan olahraga ini anda bisa memperoleh banyak manfaat mul,ai terjaganya keseimbangan tubuh, terbentuknya kekuatan, dan bergunanya organ tubuh manusia secara lebih baik lagi.

  1. Mengurangi Depresi

Depresi merupakan kondisi dimana seseorang merasakan tekanan yang begitu dalam dan membuatnya meraskaan kesusahan secara mental atau pikiran. Untuk mengurangi kondisi seperti ini anda bisa melakukan lari estafet karena pada olahraga ini anda akan keluar dari rumah dan membuka mata untuk belajar dan mengenal lingkungan baru.

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Olahraga estafet baik pula untuk memperbaiki kualitas tidur. Setelah anda melakukan latihan lari estafet maka yang terjadi pada tubuh yaitu membutuhkan istirahat yang cukup. Sehingga anda akan lebih terlelap dalam tidur setelah melakukan olahraga yang satu ini.

  1. Mengurangi Kecemasan

Percaya atau tidak. Rasa cemas juga bisa semakin berkurang dengan melakukan lari estafet. Karena pada arti olahraga ini anda bisa bertemu dengan kawan-kawan dan melupakan rasa cemas yang sebelumnya menghantui pikiran anda.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Lari estafet pada dasarnya memberikan kesempatan pada setiap pemain untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berlari. Maka dari itu secara tidak langsung olahraga ini bemanfaat pula untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam diri setiap individu.

Sejarah Penamaan Lari Estafet

Pada dasarnya sejarah lari estafet ini terinspirasi dari tiga suku, yaitu Suku Aztec, Suku Inca, dan Suku Maya. Akhirnya ketiga suku ini pernah menggelar sebuah kegiatan yang menggunakan teknik lari bersambung atau sekarang dinamakan lari estafet. Perlu anda ketahui bahwa kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang dari ketiga suku tersebut pada dasarnya yaitu untuk menyampaikan kabar penting pada anggota suku lain.

Lari estafet selain berasal dari suku diatas, juga dianggap berasal dari Bangsa Yunani Kuno. Perbedaannya, pada bangsa ini orang-orang menggunakan obor yang diserahkan secara sambung-menyambung sebagai bentuk pemujaan spiritual atau roh leluhur.

Berdasarkan kegiatan-kegiatan itulah maka munculah cabang olahraga yang dinamakan lari estafet. Hingga saat ini lari estafet berkembang dan menjadi bagian dari kegiatan olahraga bahkan sempat diolimpiadekan secara khusus dengan nama Olympic Torch Relay atau Olimpiade Lari Obor Api.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa lari estafet pada dasarnya membutuhkan kemampuan berlari cepat agar bisa menjadi pemanang. Adapun untuk manfaatnya pada kesehatan dapat membuat tubuh maupun semakin bugar.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi manfaat olahraga lari estafet dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *