Tujuan Lompat Jangkit dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Lompat Jangkit

Apakah anda pernah mendengar olahraga lompat jangkit? Olahraga lompat jangkit merupakan salah satu cabang olahraga yang mirip dengan lompat jauh. Perlu diketahui juga bahwa olahraga lompat jangkit ini menjadi salah satu olahraga yang diikutkan dalam olimpiade modern pertama kali di negara Yunani tepatnya pada tahun 1896.

Sejarah mencatat dalam pertandingan olimpiade lompat jangkit pertama kali tersebut seseorang yang berhasil memenangkan yaitu bernama James Connolly. Olahraga ini pada dasarnya memiliki manfaat maupun tujuan yang begitu banyak, selain itu kegiatan dalam lompat jangkit menggunakan hampir seluruh anggota tubuh atau badan.

Lompat Jangkit

Olahraga lompat jangkit yang juga dikenal dengan istilah asing disebut triple jump adalah salah satu jenis olahraga atletik cabang lompat dimana seorang atlet akan melakukan tiga tahap lompatan dalam olahraga ini yang berakhir dengan pendaratan di bak pasir dengan awalan lari.

Tujuan Lompat Jangkit

Adapun untuk tujuan melakukan olahraga lompat jangkit. Antara lain sebagai berikut;

  1. Mencapai batas lemparan terjauh dari titik start

Dalam arti olahraga lompat jangkit anda harus mengerti bahwa tujuan paling utama yaitu untuk mencapai batas lemparan terjauh dari titik start. Apabila atlet berhasil melakukan lompatan dengan jarak terjauh maka disitulah skor yang akan diterima juga tinggi.

Maka dari itu tidak heran bahwa tujuan yang paling pertama dari olahraga ini ialah titik pendaratan dari atlet yang melakukan pertandingan.

  1. Melatih tubuh untuk mengombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan

Lompat jangkit sejatinya akan membuat tubuh untuk berlatih berbagai macam gerakan yang mana didalamnya terdapat berbagai hal yang baik mulai dari latihan kecepatan, latihan kekuatan, hingga latihan kelincahan.

Maka tak khayal dari itu dengan adanya olahraga lompat jangkit ini seseorang dapat melatih kemampuan dirinya untuk bertindak secara lebih cepat, lincah dan memiliki kekuatan yang baik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Menekankan pusat berat tubuh di udara kearah yang di inginkan dengan mengaplikasikan tiga tahap teknik dasar lompat jangkit seperti hop, step, jump.

Tujuan lompat jangkit yang tidak kalah penting untuk mencapai keberhasilan yaitu memfokuskan berat tubuh pada saat melakukan lompatan diudara dengan maksud agar badan bisa melakukan pendaratan sebaik mungkin. Maka dari itu setiap teknik dalam olahraga tersebut harus dilakukan dengan baik, agar tubuh bisa melakukan gerakan dengan baik pula.

  1. Menjaga jarak yang tergantung pada kecepatan lari, arah dan juga kekuatan

Jaga jarak yang dimaksud disini ialah jarak yang dapat ditempuh atlet dalam melakukan pendarat. Jarak akhir dalam lompat jangkit merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh setiap atlet, karena melalui jarak tersebut setiap atlet akan menerima skor tergantung dari seberapa jauh mereke melakukan pendaratan.

  1. Menjaga pendaratan/tolakan setelah melakukan lompatan

Melakukan pendaratan dengan baik juga termasuk tujuan dari lompat jangkit. Karena pendaratan akhir merupakan hal yang menentukan seorang atlet bisa menerima skor. Oleh karena itu menjaga pendaratan atau tolakan setelah melakukan lompatan menjadi salah satu tujuan yang perlu diperhatikan.

  1. Menjaga keseimbangan dan kecepatan horizontal melalui beberapa lompatan yang dilakukan secara berturut-turut

Keseimbangan dan kecepatan juga dapat dilatih dengan adanya olahraga lompat jangkit ini. Karena pada dasarnya olahraga ini akan membuat tubuh melakukan gerakan secara cepat mulai dari lari dan menjaga keseimbangan tubuh pada saat melakukan pendaratan di bak pasir dengan posisi yang benar.

  1. Atlet dapat melakukan urutan gerak lompat jangkit

Tujuan lompat jangkit yang berikutnya yaitu memberikan pemahaman kepada setiap atlet mengenai teknik – teknik yang baik dan harus dilakukan oleh atlet itu sendiri mengenai urutan atau gerakan yang harus dilakukan di olahraga lompat jangkit itu sendiri.

  1. Atlet dapat melakukan irama gerak lompat jangkit

Melakukan lompat jangkit diharapkan bisa memberikan informasi lebih kepada para atlet dan akan lebih baik lagi jika olahraga ini juga memberikan pemahaman baru mengenai gerakan-gerakan yang bisa dilakukan atlet. Maksud dari gerakan baru tersebut yaitu setiap gerakan ada nilai yang ditonjolkan, sehingga bukan hanya persoalan tahap lompatan saja, melainkan ada teknik benar didalamnya.

  1. Atlet dapat melakukan lompatan yang cukup jauh dari awalan yang pendek tanpa usaha maksimal

Berlatih lompat jangkit dengan lebih rutin diharapkan bisa membuat seseorang memiliki kemampuan yang lebih baik lagi. Sehingga dengan demikian akan meningkatkan kemampuan atlet dengan latihan yang sudah sering dilakukannya yaitu hasil lompatan berhasil dilakukan dengan pendaratan jarak yang jauh.

Manfaat Lompat Jangkit

Lompat jangkit tidak hanya memiliki tujuan akan tetapi olahraga yang satu ini juga memiliki banyak manfaat, lebih jelasnya sebagai berikut;

  1. Melancarkan peredaran darah yang mana memberi nutrisi pada kulit tubuh

Diakui atau tidak manfaat lompat jangkit ini berpengaruh pula pada kulit agar terhindar dari timbulnya jerawat dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan sebelum melakukan prosesi perlombaan meloncat kita harus terlebih dahulu melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis. Agar keluarnya keringat teratur.

  1. Membuat otot kaki kuat sehingga kaki akan sehat

Kondisi ini dapat dirasakan karena setiap lompatan yang dilakukan dalam olahraga ini, kaki akan menahan dan mengangkat tubuh kita. Sehingga secara tidak langsung hal ini membuat anda memiliki kekuatan otot kaki yang lebih baik.

  1. Olahraga ini akan menghilangkan racun-racun yang ada pada tubuh

Racun dikeluarkan melalui keringat yang dikeluarkan dari tubuh. Keluarnya racun ini juga bisa disebut detoksifikasi, nah pada saat melakukan olahraga lompat jangkit inilah setinya keluarnya keringat bisa memberikan dampak baik bagi pelakunya.

  1. Olahraga ini juga dapat menyeimbangkan tubuh

Manfaat ini bisa dirasakan karena olahraga lompat jangkit membuat otak akan terlatih untuk mensinkronisasikan kerja tubuh khususnya antara kaki dan tangan. Dimana pada saat prosedur melakukannya tentusaja butuh kosentrasi yang tinggi.

  1. Tubuh akan tumbuh tinggi

Pada dasarnya dengan olahraga lompat dapat membuat tubuh seseorang tinggi yang diakibatkan gerakan melompat-melompat itu sendiri. Oleh sebab itulah hal ini kerapakli bukan hanya dilakukan pada saat perlombaan tapi dalam keseharian.

  1. Dapat memperkuat sendi dan mencegah penyakit tulang rapuh

Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh mampu menyesuaikan keadaan ketika melakukan olahraga sehingga hari demi hari tulang dan sendi akan menjadi kuat khususnya sendiri kekuatan itu akan hadir pada bagian kaki pelaku olahraga ini.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Kesehatan mental tentsaja bisa lebih baik bagi seseorang karena ketika melompat, asupan oksigen yang masuk semakin banyak dan hal ini membuat sel-sel otak akan menjadi energik sekaligus membuat konsentrasi juga meningkat.

  1. Cocok untuk menurunkan berat badan

Olahraga ini sangat baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan, hal ini sendiri dikarena sangat mudah membakar kalori yang menjadi timbulnya lemat dan juga dapat meningkatkan metabolisme yang ada dalam tubuh.

  1. Olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh

Melalui gerakan yang cukup banyak dan kuat maka dalam melakukan aktivitas yang baik pula terutama bagian organ dalam, salah satunya yaitu jantung dimana organ tersebut akan bekerja lebih efisien secara berkala takala melakukan loncatan.

  1. Olahraga ini juga dapat mengurangi selulit

Keberfungsian ini sendiri terjadi karena lompat jangkit mampu meningkatkan sirkulasi limfosot ke daerah yang selulit. Dimana pada cairan ini akan bersingkronisasi dan bersirkulasi ke daerah selulit melalui gerakan melompat tersebut.

  1. Latihan lompat ini juga berfungsi untuk meningkatkan kontrol diri

Yang dimaksud dengan kontrol diri yaitu berkaitan dengan irama gerakan, kecepatan, serta postur tubuh yang tepat. Hal ini tentusaja dapat terjadi ketika melakukan loncatan meninggi, yang selain membutuhkan kosentrasi harus cerdas mengendalian emosi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa lompat jangkit merupakan olahraga yang cukup dikenal banyak orang. Akan tetapi mungkin masih banyak orang yang belum mengerti tujuan dari olahraga lompat jangkit itu sendiri. Perlu anda ketahui bahwa tujuan lompat jangkit antara lain adalah untuk melatih kekuatan gerak pada tubuh terutama bagian kaki.

Sedangkan untuk arti lompat jangkit sendiri adalah olahraga yang masih dalam satu ranah dengan lompat jauh, karena bisa dikatakan bahwa lompat jangkit merupakan pelebaran dari lompat jauh. Akan tetapi olahraga lompat jangkit dengan lompat jauh memiliki perbedaan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan tujuan melakukan lompat jangkit dan manfaat yang bisa didapatkannya. Semoga memberi edukasi untuk segenap pembaca yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *