Pengertian Pemasaran Olahraga, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Pemasaran Olahraga Adalah

Pemasaran menggunakan arti olahraga di dalam bentuk apa pun pada dasarnya untuk membantu menjual barang dan jasa, sehingga bisa dikatakan bahwa pemasaran olahraga adalah penggunaan acara olahraga untuk mempromosikan merek atau produk. Bentuk pemasaran ini memungkinkan pemasar untuk memanfaatkan popularitas dan perhatian olahraga untuk mempromosikan merek atau produk.

Pemasaran olahraga dan hiburan juga mencakup pemasaran dan promosi acara olahraga secara langsung. Iklan di stadion, dan dukungan dari atlet adalah beberapa contoh pemasaran olahraga yang paling umum yang dapat kita lihat saat menonton acara olahraga. Pemasaran melalui olahraga juga bermanfaat untuk membantu menciptakan citra merek untuk gaya hidup sehat dan sukses yang diinginkan banyak orang.

Pemasaran Olahraga

Pemasaran olahraga adalah kombinasi dari semua teknik pemasaran potensial yang bertujuan untuk menarik penggemar olahraga. Satu-satunya perbedaan antara pemasaran dan pemasaran olahraga adalah bahwa pemasaran olahraga menargetkan khalayak tertentu. Karena olahraga dapat ditonton di berbagai platform, pemasaran olahraga dapat memiliki berbagai bentuk.

Tim menjual ruang iklan di dalam stadion mereka kepada pemasar yang ingin membeli papan reklame dan iklan cetak lainnya, sementara jaringan TV menjual waktu tayang selama acara berlangsung. Atlet terkenal juga menandatangani kontrak untuk bekerja sebagai selebriti pendukung dan meminjamkan gambar mereka kepada pemasar.

Keuntungan terbesar dari pemasaran olahraga adalah memungkinkan pemasar untuk mendukung popularitas dan pengabdian yang dirasakan banyak penggemar terhadap tim dan atlet favorit mereka. Jika seorang penggemar baseball telah mencintai tim tertentu sejak masa kanak-kanak, setiap pemasar yang mengasosiasikan dirinya dengan tim tersebut mendapatkan kredibilitas instan dalam benak penggemar tersebut.

Karena pendapatan pada akhirnya digunakan untuk mendukung tim, pemasar dianggap sebagai sponsor dan diinvestasikan dalam kesuksesan tim. Akan tetapi, aatu-satunya kelemahan utama dalam hal ini adalah bahwa industri pemasaran olahraga begitu besar sehingga sulit untuk menonjol di antara kerumunan.

Pengertian Pemasaran Olahraga

Pemasaran olahraga adalah bagian dari pemasaran yang berfokus pada promosi acara dan tim olahraga serta promosi produk dan layanan lain melalui acara olahraga dan tim olahraga. Atas dasar inilah pemasaran olahraga merupakan layanan untuk mempromosikan elemen yang dapat berupa produk fisik atau nama merek.

Tujuannya adalah untuk memberi klien strategi untuk mempromosikan olahraga atau untuk mempromosikan beberapa produk, layanan, bisnis, atau tujuan lain melalui olahraga.

Pengertian Pemasaran Olahraga Menurut Para Ahli

Adapun definisi pemasaran olahraga menurut para ahli, antara lain:

  1. Shilbury, Quick, dan Westerbeek (1998)

Pemasaran olahraga dari sudut pandang organisasi olahraga. Mereka mendefinisikan pemasaran olahraga sebagai proses sosial dan manajerial di mana manajer olahraga berupaya untuk memperoleh apa yang diperlukan dan diinginkan oleh organisasi olahraga melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain.

  1. Van Heerden (2001)

Van Heerden (2001) mendalilkan definisi komprehensif tentang pemasaran olahraga yaitu: Pemasaran olahraga adalah aplikasi spesifik dari prinsip dan proses pemasaran teoretis untuk produk dan layanan olahraga; pemasaran produk dan layanan yang tidak terkait dengan olahraga dan olahraga melalui asosiasi.

Seperti sponsor dengan olahraga, pemasaran tubuh dan kode olahraga, kepribadian, acara, aktivitas, tindakan, strategi, dan citra mereka.

  1. Mullin, Hurdy, dan Sutton (2014)

Mullin, Hurdy, dan Sutton dalam buku mereka yang berjudul Sport Marketing (2014),  mendefinisikan pemasaran olahraga sebagai sistem rasional dan koheren yang membantu menghubungkan konsumen olahraga dengan produk olahraga.

Ruang Lingkup Pemasaran Olahraga

Mullin (1985) mengemukakan bahwa manajeman pemasaran merupakan bagian manajeman olahraga yang paling dinamis dan yang paling mengesankan, sebab pemasaran olahraga ruang lingkupnya mencakup Promosi, Pengiklanan, Penjualan dan Hubungan Masyarakat.

Terdapat empat hal yang menjadi perhatian Mullin dalam pemasaran olahraga, diantaranya yaitu:

  1. Olahraga bukanlah sesuatu yang nyata dan sangat subyektif, sebab kesan, pengalaman, dan penafsiran terhadap even olahraga akan antara satu orang dengan orang lainnya.
  2. Olahraga bukanlah sesuatu yang konsisten dan bisa diramalkan, sebab ada kemungkinan atlet mengalami cedera, dan kemungkinan lain seperti keadaan emosi pemain, momentum regu, dan keadaan cuaca.
  3. Olahraga merupakan sesuatu yang cepat usang, sebab even olahraga yang sedang dipertandingkan adalah apa yang penonton ingin lihat.
  4. Olahraga melibatkan emosi.

Tujuan Pemasaran Olahraga

Kita dapat melihat iklan di ponsel tentang acara olahraga yang akan datang, atau menerima email tentang produk olahraga terbaru dengan gambar atlet terkenal yang memakainya. Tanpa pemberitahuan atau iklan ini, bagaimana kita mengetahui produk baru atau acara atau pertandingan terbaru? Berikut ini penjelasan singkat terkait peran penting pemasaran olahraga dalam industri olahraga saat ini, antara lain:

  1. Pemasaran secara real-time

Tujuan ini memberi banyak merek kesempatan untuk menggunakan pemasaran secara real-time berdasarkan acara olahraga. Pemasaran real-time tidak mudah karena peristiwa seperti ini tidak sering terjadi, tetapi ketika peluang muncul dan perusahaan berhasil menceritakan kisahnya, hal itu pasti akan membuatnya terlihat di internet.

  1. Menggunakan emosi sebagai pemicu

Pemasaran olahraga memberi perusahaan kemampuan untuk memanfaatkan emosi yang dimiliki penggemar terhadap olahraga. Namun, ini berarti bahwa perusahaan harus tahu persis olahraga mana yang akan ditargetkan karena perilaku penggemar berbeda di olahraga yang berbeda.

Perusahaan minuman seperti Coca Cola dan Heineken menggunakan pemasaran olahraga sebagai alat untuk menjual produk mereka, karena tahu bahwa orang akan membelinya saat menonton pertandingan.

Jika perusahaan yang tidak terkait dengan olahraga, menggunakan pemasaran olahraga, tidak perlu dikatakan betapa pentingnya mereka untuk merek olahraga seperti Nike dan Adidas. Setiap tahun, merek olahraga top ini menghabiskan jutaan dolar untuk mensponsori klub dan pemain. Ketika mereka mendukung merek-merek ini, mereka diberi hak untuk memasang gambar dan video dengan klub dan pemain ini.

Penggemar akan membeli barang dari merek tertentu karena berbagai alasan. Pertama, mereka mungkin memilih merek itu karena sudah lama menggunakannya. Kedua, merek tersebut dipilih karena tim olahraga favoritnya disponsori oleh merek tersebut. Terakhir, mereka memilih merek tersebut karena pemain favorit mereka didukung oleh merek tersebut.

  1. Berbagai macam penonton

Selama piala dunia FIFA pada tahun 2014, lebih dari 3 miliar orang menonton setidaknya satu menit dari acara global tersebut, dan nilai hak medianya diperkirakan sekitar $ 1,7 miliar.

Dengan menggunakan pemasaran olahraga, ini memungkinkan merek untuk “mendukung sentimen dan pengabdian penggemar terhadap tim dan atlet favorit mereka”, kata Kiyoshi Tatani, presiden Mizuno Singapura. Ini menunjukkan betapa kuatnya acara ini, dan mengapa banyak merek mensponsori acara ini.

Manfaat Pemasaran Olahraga

Manfaat pemasaran olahraga sangat luas. Pemangku kepentingan yang terlibat dalam olahraga termasuk liga, tim, atlet, dan penggemar serta kota dan negara yang menyelenggarakan acara olahraga. Media dan bisnis yang mempromosikan produk dan jasanya melalui olahraga juga mendapat keuntungan.

Manfaat langsung untuk liga, tim, dan atlet termasuk pendapatan dari tiket, hak media, dan sponsor. Kota dan negara juga menerima pendapatan dari pajak, dan semua pemangku kepentingan mendapatkan keuntungan dari eksposur yang diberikan melalui olahraga.

Di sisi lain, apa yang benar-benar berhasil untuk merek adalah perolehan dalam hal visibilitas dan kesadaran merek yang dapat dihasilkan oleh aktivasi sponsorship olahraga.

Selain itu, aktivasi sponsorship olahraga yang baik dapat membantu merek berbicara dengan target profil tinggi dan sangat responsif. Merek yang terlibat dalam aktivasi sponsor memiliki kesempatan untuk berhubungan dengan basis penggemar mereka dan menikmati keuntungan komersial yang dihasilkan.

Contoh Kajian Pemasaran Olahraga

Kajian dalam bidang pemasaran olahraga tentunya berkaitan dengan upaya-upaya bagaimana produk dipasarkan, misalnya:

  1. Google dan Piala Dunia 2014

Meskipun tidak benar-benar memasarkan apa pun kecuali diri mereka sendiri, Google melakukan keajaiban selama piala dunia sepak bola 2014. Tidak hanya beranda mereka menampilkan coretan harian, tetapi penggemar juga dapat menemukan banyak konten yang relevan.

Hasil pertandingan, barisan, skor langsung, tabel dan sorotan video semuanya muncul langsung di mesin pencari (search engine). Kita bahkan bisa menggunakan StreetView untuk melihat-lihat di dalam stadion.

Meskipun tidak secara resmi bekerja dengan FIFA, mesin pencari melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memberikan layanan kepada penggemar sepak bola di seluruh dunia, menjadikan dirinya sendiri dan acara tersebut jauh lebih mudah diakses dan populer.

  1. Real Madrid di Snapchat

Real Madrid adalah salah satu merek terbesar dalam sepak bola dan hadir di web dalam hampir semua bentuk yang mungkin. Di 2015 tim juga meluncurkan akun SnapChat mereka sendiri sebagai salah satu klub pertama di Eropa. Dengan sukses besar.

Hanya dalam tiga bulan, mereka berhasil mendapatkan hampir setengah juta pelanggan dan 185 juta tayangan untuk salah satu story mereka.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian pemasaran olahraga menurut para ahli, ruang lingkup, tujuan, manfaat, dan contohnya yang ada di berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *