Teknik Dasar Guling Lenting Yang Harus Dilakukan

Diposting pada

Teknik Dasar Guling Lenting

Teknik dasar guling lenting pada hakekatnya merupakan serangkaian gerakan melentingkan badan dan kedua kaki setelah pundak yang bisanya langkah semacam ini dilakukan dalam berbagai jenis senam lantai dengan alat maupun tanpa alat.

Oleh karena itulah, kerapkali setiap melakukan guling lenting diperlukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis agar tulang serta otot yang ada dalam tubuh bisa terlebih dahulu siap dan tidak terjadi cidera manakala selesai melakukannya.

Guling Lenting

Arti olahraga guling lenting ialah gerakan dalam senam lantai yang dimaksudnya dengan melengkukan badan kearah belakang dan depan.

Oleh karena demikian, bagi kamu yang ingin mencoba, sebaiknya berlatih dengan orang yang sudah mahir melakukan guling lenting. Jika tidak, mintalah temanmu untuk membantumu. Gerakan yang paling sulit adalah gerakan melecutkan badan dan kaki ke depan hingga pada posisi berdiri. Dibutuhkan koordinasi yang baik antara tangan, badan, dan kaki.

Tenaga yang dikeluarkan juga akan lebih besar. Jika kamu ingin mencobanya, perhatikan teknik-teknik dasar melakukan gerakan guling lenting. Jangan asal melakukannya, sedikit saja salah gerakan kamu bisa mengalami cedera.

Teknik Guling Lenting

Teknik dasar melakukan guling lenting dalam senam lantai antara lain sebagai berikut;

  1. Awalan

Teknik awalan guling lenting tidak terlalu sulit. Ketika sikap awalan, posisi badan setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus. Letakan kedua telapak tangan ke matras, buka tangan selebar bahu. Arahkan pandangan ke pusar dengan posisi dagu menempel ke dada dan sikap siap melakukan gerakan guling ke depan.

Sebeleum melakukan lecutan, badan harus siap terlebih dahulu. Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa mengulang teknik awalan seperti ini terebih dahulu. Hal ini agar tubuhmu terbiasa dan rileks saat akan melakukan lecutan. Ketika tubuhmu rileks, kamu akan lebih mudah melakukannya.

  1. Pelaksanaan

Ketika kamu sudah merasa rileks dengan posisi awalan, langkah selanjutnya adalah melakukan guling lenting. Masih pada posisi awalan, selanjutnya bengkokan kedua siku ke samping luar kanan dan kiri. Kemudian gulingkan badan ke depan dengan tangan sebagai tumpuan.

Ketika posisi tubuh sudah terguling ke depan, lecutkan kaki ke depan dengan posisi lurus. Tujuannya adalah untuk menarik badan agar terdorong ke depan. secara bersamaan dengan melucutkan kaki, lakukan tolakan juga dengan menggunkan kedua tangan agar terasa lebih ringan.

Dorong badan ke depan dengan menggunakan tolakan tangan dan kaki sehingga badan dapat melenting ke depan tanpa terjatuh. Tangan dan kaki juga berguna sebagai pengatur keseimbangan agar tidak jatuh ketika melakukan lentingan.

  1. Sikap Akhir

Setelah melakukan lecutan dengan kaki dan badan terdorong ke depan, lakukan pendaratan dengan kedua ujung kaki. Kemudiaan dikuti gerakan badan lurus berdiri. Kamu bisa mengambil posisi kedua tangan ke samping, ke depan, atau ke atas untuk menjaga keseimbangan badan dan sebagai tanda derakan akhir guling lenting.

Jika kamu masih takut dan ragu melakukan tahapan gerakan guling lenting, kamu bisa mencoba dan berlatih melenting terlebih dahulu. Jika kesulitan mintalan bantuan teman untuk membantu menarik badanmu melenting ke depan.

Prilhal langkah ini penting untuk dipelajari agar nantinya dapat memberkan manfaat dalam guling lenting yang sudah dilakukan.

Semoga saja melalui konten ini bisa memberikan wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkan bahasan tentang teknik dasar dalam guling lenting.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.