Pengertian Guling Lenting, Teknik Dasar, Tujuan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Guling Lenting Adalah

Guling lenting hakekatnya merusakan salah satu gerakan senam lantai yang dapat dilakukan dengan cara melentingkan tubuh  ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangannya. Meskipun nampaknya gerakan ini sanatlah mudah karena termasuk gerakan senam lantai yang tidak membutuhkan peralatan khusus, tapi dalam melakukan guling lenting, tentunya harus menguasai teknik-tekniknya terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya cedera, tapi justru memberikan manfaat kesehatan bagi daya tahan tubuh.

Disisi lainnya, teknik dalam melakukan guling lenting tersebut bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu teknik awalah, teknik pelaksanaan, dan teknik sikap akhir. Gerakan guling lenting juga dapat diawali dengan melakukan gerak guling ke depan atau gerak mengayun guling belakang.

Guling Lenting

Guling lenting menjadi salah satu bentuk senam lantai yang dilakukan dengan menggerakan tubuh ke atas dan depan dengan cara melempar kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Saat melakukan gerakan guling lenting, tumpuan tubuh berada pada bagian tengkuk serta kepala.

Dalam jenis olahraga senam, istilah lantai atau floor itu sendiri mengacu pada permukaan latihan fisik yang dirancang dan disiapkan secara khusus yang juga dianggap sebagai peralatan utama olahraga ini. Oleh karena itulah gerakan ini digunakan oleh pesenam pria dan wanita untuk melakukan berbagai latihan.

Acara yang khusus dilakukan di lantai ini biasa disebut senam lantai. Lantai pegas juga digunakan di beberapa senam kompetitif untuk memberikan sedikit pantulan. Dalam olahraga ini pesenam pria diberikan durasi waktu 70 detik sedangkan untuk wanita 90 detik karena harus melakukan rutinitasnya di atas musik.

Pengertian Guling Lenting

Guling lenting adalah serangkaian gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara melentingkan tubuh ke atas depan, yang diawali dengan sikap setengah mengguling ke depan dengan posisi kedua kaki rapat dan lutut lurus, yang selanjutnya melecutkan kedua kaki ke atas depan dibantu oleh tolakan kedua tangan.

Pengertian Guling Lenting Menurut Para Ahli

Adapun definisi guling lenting menurut para ahli, antara lain:

  1. Olehragapedia, Guling lenting adalah sebagai salah satu gerakan dalam senam lantai yang banyak dilakukan pada beberapa sekolah terutama Sekolah Dasar (SD). Gerakan guling lenting tidak dilakukan dengan sembarang, tapi dalam melakukannya perlu dipelajari teknik-tekniknya terlebih dahulu.

Teknik Dasar Guling Lenting

Dalam melakukan guling lenting, terdapat tiga teknik dasar yang harus dikuasai, yaitu teknik awalan, pelaksanaan, dan sikap akhir. Berikut penjelasannya:

Teknik Awalan Guling Lenting

Teknik awalan dalam melakukan guling lenting dilakukan dengan cara:

  1. Sikap awal berdiri di depan matras dengan posisi kaki lurus dan rapat, posisi kedua lengan diangkat ke atas, dan pandangan lurus ke depan.
  2. Kedua telapak tangan di letakkan di matras dengan posisi kaki masih sama seperti sebelumnya.
  3. Pandangan di arahkan ke pusar sehingga dagu menempel ke dada.
  4. Jika dibutuhkan, kita dapat mengulang-ulang runtutan gerak awalan hingga terampil.
Teknik Pelaksanaan Guling Lenting

Teknik pelaksanaan guling lenting dilakukan dengan cara:

  1. Posisi telapak tangan di matras dan posisi dagu masih menempel ke dada, kedua siku dibengkokkan ke samping dan kepala dimasukkan di antara kedua lengan. Hal tersebut untuk memastikan tubuh bertumpu pada tengkuk Ketika melakukan gerakan berikutnya.
  2. Gulingkan badan ke arah depan. Ketika posisi tubuh ada di atas kepala, segera lecutkan kaki ke depan dengan dibantu oleh kedua tangan yang menekan lantai atau matras sehingga badan melenting ke arah depan.
Teknik Sikap Akhir Guling Lenting

Teknik sikap akhir guling lenting dilakukan dengan cara:

  1. Saat lentingan badan selesai, lakukan pendaratan dengan kedua ujung kaki
  2. Tetap lentingkan badan dengan kedua lengan terangkat lurus.
  3. Berdiri tegak
  4. Lakukan rangkaian gerakan secara berulang sehingga semakin lama gerakan menjadi sempurna.

Latihan guling lenting bisa dilakukan dengan posisi telentang di matras atau dengan menggunakan tangan:

  1. Latihan Melenting Dengan Posisi Terlentang di Matras

Caranya yaitu:

  1. Posisi tubuh tidur terlentang pada matras yang ada.
  2. Tangan berada di samping badan.
  3. Angkat kedua kaki ke belakang, kemudian lemparkan kedua kaki ke atas depan dan mendarat dengan kedua ujung kaki.
  4. Posisi tubuh bagian belakang tidak boleh menyentuh matras, hanya bertumpu pada pundak dan kedua ujung kaki saja
  1. Latihan Melenting Dengan Menggunakan Tangan

Caranya yaitu:

  1. Posisi tubuh seperti latihan pada sebelumnya, hanya saja kedua tangan bertumpu di samping telinga.
  2. Ketika bergerak melemparkan tungkai, kedua tangan sudah mulai melakukan gerakan mendorong.
  3. Setelah menguasai bentuk latihan tersebut, kita juga dapat melakukan latihan gerak dengan awalan guling depan atau ayunan guling belakang, sehingga kita dapat menambah dorongan lagi untuk menolak dan melemparkan kaki ke depan.

Tujuan Guling Lenting

Guling lenting merupakan salah satu bentuk senam lantai yang dilakukan dengan beragam tujuan.  Banyak orang yang berpartisipasi dalam senam (pesenam) melakukannya untuk kesenangan murni saat melakukan latihan dan / atau meningkatkan kebugaran fisik mereka. Banyak pesenam mengikuti olahraga untuk bersaing dengan pesenam lain untuk memenangkan penghargaan untuk kinerja terbaik dalam satu atau lebih kategori senam.

Manfaat Guling Lenting

Melakukan Gerakan guling lenting dapat memberikan manfaat yang beragam bagi tubuh, antara lain:

  1. Merangsang pertumbuhan tubuh

Olahraga senam yang salah satu bentuknya adalah guling lenting dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan tubuh. Melakukan kegiatan olahraga dapat membuat kita tumbuh dengan lebih baik, misalnya tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih kuat.

  1. Meningkatkan fleksibilitas

Melakukan olahraga senam guling lenting bermanfaat dalam meningkatkan fleksibilitas anggota tubuh misalnya tangan, kaki, leher, dan lain-lain. Anggota tubuh yang fleksibel akan membuat pergerakan tubuh kita lebih leluasa.

  1. Meningkatkan keseimbangan

Melakukan olahraga senam guling lenting bermanfaat dalam keseimbangan tubuh. Tubuh menjadi lebih bisa mengendalikan keseimbangannya.

  1. Meningkatkan koordinasi

Ketika melakukan gerakan guling lenting, tentunya dubutuhkan koordinasi antara tubuh, kaki, dan juga tangan sehingga gerakan bisa berjalan sempurna.

  1. Meningkatkan pemahaman terhadap kesehatan fisik

Melakukan olahraga senam guling lenting bisa membuat kita belajar tentang kesehatan fisik seperti menjaga tubuh agar tetap bugar.

  1. Menurunkan risiko osteoporosis

Bermacam-macam olahraga senam dipercaya bisa menurunkan risiko osteoporosis, yang dapat dicegah dengan rutin melakukan senam., salah satunya adalah guling lenting.

  1. Membakar lemak

Seperti halnya olahraga-olahraga lainnya, melakukan guling lenting juga bisa membakar lemak sehingga apabila dilakukan secara rutin dapat mengatasi masalah kegemukan.

  1. Mengurangi risiko cidera

Dengan melakukan senam, tubuh akan lebih bugar dan melakukan pemanasan sebelum berolahraga sehingga mengurangi risiko cidera.

  1. Meningkatkan semangat dan motivasi

Melakukan olahraga senam dapat bermanfaat dalam meningkatkan semangat sebab tubuh bergerak dan dipacu untuk aktif.

  1. Mengembangkan karakter diri sendiri

Melakukan senam dapat bermanfaat dalam mengembangkan karakter diri kita sendiri dengan mencoba menguasai gerakan senam dan melakukannya sendiri.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Melakukan olahraga senam guling lenting dapat bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi sebab saat melakukan gerakan senam kita diajarkan untuk fokus melakukan gerakan senam tanpa memikirkan hal lain.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Dalam melakukan guling lenting, tentunya kita harus mempelajari dan menguasai teknik-tekniknya terlebih dahulu. Hal itu yang dapat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif kita.

  1. Menstimulasi imajinasi dan penyelesaian masalah

Melakukan senam membuat kita mencoba untuk melakukan gerakan-gerakan yang sebelumnya mungjin belum pernah lalukan. Hal itu dapat bermanfaat dalam menstimulasi imajinasi kita dalam menyelesaikan permasalahan.

  1. Mendorong sikap dan gerak yang wajar

Melakukan gerakan senam secara rutin dapat bermanfaat untuk membuat kita dapat melakukan gerakan-gerakan yang wajar.

  1. Mencegah pengaruh atau perbuatan buruk

Perbuatan buruk bisa dicegah melalui berolahraga, karena dengan melakukan olahraga akan menyadari pentingnya menjaga diri sendiri baik fisik maupun mental.

  1. Meningkatkan rasa nasionalisme/kebangsaan

Melakukan olahraga juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme, misalnya ketika sedang bertanding melawan negara-negara lain.

  1. Meningkatkan rasa kepercayaan diri dan keberanian

Ketika kita belajar dan menguasai gerakan senam, maka akan memunculkan rasa percaya diri dan keberanian untuk belajar lebih banyak lagi.

  1. Meningkatkan rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan masyarakat

Arti olahraga senam bisa bermanfaat dalam meningkatkan rasa tanggung jawab baik itu pada diri sendiri maupun pada masyarakat.

  1. Melatih kerja sama dengan orang lain

Meskipun melakukan gerakan guling lenting bisa dilakukan sendirian, tapi kita juga tetap bekerja sama dengan orang lain misalnya pelatih atau rekan pesenam lainnya.

  1. Memupuk kedisiplinan

Melakukan olahraga senam dapat bermanfaat dalam memupuk kedisiplinan karena kita harus rajin berlatih dan menjaga kesehatan tubuh.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian guling lenting menurut para ahli, teknik, cara melakukan, tujuan, dan manfaatnya yang bisa diperoleh dari olahraga ini. Semoga memberikan edukasi.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *