Fungsi Olahraga Guling Lenting Bagi Tubuh

Diposting pada

Manfaat Guling Lenting

Definisi olahraga guling lenting barangkali kurang begitu dikenal dibandingkan dengan olahraga guling depan ataupun roll belakang. Meski demikian, setiap ruang lingkup Penjas kadangkala mempelajarinya sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan serta wawasan.

Seain itu, dengan melakukan olahraga guling lenting juga memiliki fungsi dan peran penting bagi tumbuh. Misalnya saja mampu membakar kalori yang berlebihan.

Guling Lenting

Guling lenting adalah salah satu gerakan mendasar dalam olahraga senam lantai. Dimana untuk proses melakukan guling lenting mungkin akan lebih sulit dibandingkan dengan melakukan roll depan maupun guling belakang. Alasannya karena berbagai macam gerakan ini senantisa dibutuhkan latihan kelentukan secara rutin agar mahir melakukan gerakan guling lenting.

Fungsi Guling Lenting

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika melakukan olahraga guling lenting antara lain:

  1. Membantu pertumbuhan badan

Usia remaja adalah usia-usia produktif tubuh untuk melakukan pertumbuhan. Tubuh perlu dirangsang salah satunya dengan melakukan olahraga guling lenting. Melakukannya dengan teknik yang benar membantu mempercepat tumbuh kembang tubuh.

Ketika melakukan guling lenting, otot-otot tubuh secara otomatis akan tertarik dengan sendirinya khususnya otot kaki dan punggung serta perut. Otot-otot itulah yang akan membantu mendorong pertumbuhan tubuh.

  1. Menambah fleksibilitas tubuh

Fleksibilitas tubuh adalah salah stau komponen gerak pada tubuh yang harus dimiliki oleh setiap orang. Fleksibilitas membantu kamu melakukan segala macam gerak pada ruang yang sempit sekalipun.

Melakukan guling lenting memerlukan fleksibilitas tubuh untuk membantu melecutkan tubuh kedepan. Ketika kamu terbiasa melakukan ini, tingkat fleksibilitas pada tubuh  akan meningkat. Tubuh terbiasa melakukan gerakan-gerakan yang lentuk.

  1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh diperlukan untuk menopang badanmu ketika dalam posisi tidak seimbang agar tubuh tidak jatuh. Misalnya saja, saat kamu membawa beban berat, selain kekuatan tubuh, keseimbangan tubuh juga berperan untuk menjaga tubuh dan beban yang dibawa agar tidak terjatuh.

Melakukan guling lenting membutuhkan keseimbangan dari posisi awal hingga posisi akhir lecutan tubuh. Mengulang gerakan guling lenting secara teratur membantu meningkatkan keseimbangan tubuhmu. Keseimbangan akan memudahkanmu pula ketika kamu melewati jalanan yang sempit.

  1. Membakar kalori

Kalori yang berlebihan dalam tubuh sangat tidak baik. Kelebihan kalori dapat menimbulkan penyakit pada tubuh. Kamu perlu mengurangi jumlah kalori pada tubuh denan melakukan oleharaga seperti guling lenting.

Belatih melakukan guling lenting akan mengurang energy sehingga terjadi pembakarn kalori pada tubuh. Kalori akan terbuang bisa melalui keringat atau saat kamu buang air kecil. Semakin banyak kalori yang terbuang, tubuhmu akan semakin terasa ringan.

  1. Melatih keberanian

Dibutuhkan keberanian untuk melakukan olahraga ini. Ketika kamu sudah mencobanya, kamu sudah menantang dirimu melakukannya. Ketika berhasil, kamu sduah menunjukan sikap keberanian dalam dirimu. Rasa keberanian yang muncul dalam dirimu akan membantumu melakukan segala hal tanpa takut.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Saat melakukan guling lenting dari posisi awalan hingga akhiran, diperlukan konsentrasi yang tinggi agar tidak ada teknik gerakan yang salah. Kamu akan terbiasa dengan konsentrasi sehingg tingkat konsentrasimu akan meningkat. Dengan begitu kamu dapat mengurangi resiko kesalahan saat melakukan sesuatu.

  1. Membantu menguatkan otot tubuh

Otot tubuh yang terus digerakan akan mengalami peningkatan kekuatan. Ketika melakukan guling lenting, beberapa otot tubuh akan bekerja lebih keras dari biasanya. Melakukannya secara berulang-ulang sama saja dengan kamu sedang melatih ototmu untuk lebih kuat.

Otot tubuh yang kuat sangat membantumu mengangkat beban berat. Otot yang kuat dan terbiasa melakukan aktivitas berat tidak mudah merasa lelah. Masa otot akan meningkat. Tidak ada ruginya ketika kamu memiliki otot yang kuat.  

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri penting untuk ditingkatkan agar kamu tidak mudah menyerah. Saat berlatih melakukan gerakan guling lenting kamu percaya diri bisa melakukannya. Ketika kamu berhasil melakukannya kamu akan merasa lebih percaya diri lagi ketika diminta untul melakukannya lagi.

  1. Membantu meningkatkan gerak motorik

Gerak motorik tubuh memudahkan tubuhmu melakukan segala gerakan-gerakan baik gerakan dalam olahraga maupun gerakan-gerakan lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Gerak mototrik tubuh dapat dilatih dengan meningkatkan dan memperkaya gerak tubuh.

Melakukan gerakan guling lenting merangsang sistem gerak motorik tubuh untuk bergerak lebih aktif. Semakin sering melakukannya akan semakin meningkat pula gerak motorik tubuh. Hal tersebut membantutubuh tidak kaku dalam melakukan segala kegiatan.

  1. Meningkatkan suasana hati

Suasana hati menjadi salah satu penyemangat untuk melakukan sesuatu. Melakukan olahraga guling lenting membantu meningkatkan suasan hati menjadi lebih baik. stress dalam tubuh akan berkurang ketika kamu melakukan banyak gerakan-gerakan pada tubuh.

  1. Meningkatkan energi

Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan segala sesuatu. ketika tubuh kekurangan energy, tubuh akan mudah letih da lesu. Kekurangan energy dalam tubuh akan meningkatkan rasa malas. Guling lenting membantu meningkatkan energi tubuh.

  1. Menambah kualitas tidur

Ketika lelah dan kehilangan banyak kalori setelah melakukan aktivitas olahraga guling lenting, tubuh akan lebih mudah tertidur. Rasa lelah mendorongmu untuk meudahkanmu tertidur lebih pulas. Tidurpulas dalam jangka waktu yang cukup yaitu 8 jam perhari membuat badanmu menjadi lebih fit.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Olahraga guling lenting membutuhkan teknik-teknik gerakan yang tidak mudah. Saat melakukannya, kamu akan berfikir bagaimana agar berhasil dalam setiap tahapannya. Hal tersebut secara tidak langsung merangsang fungsi motorik untuk bekerja lebih keras. Semakin sering berlatih, kemampuan kognitifmu akan semakin meningkat.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai manfaat melakukan oahraga guling lenting.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.