Tujuan Permainan Kasti bagi Badan

Diposting pada

Tujuan Kasti

Hakekatnya olahraga kasi cukup populer dan sering dimainkan oleh banyak orang. Permainan kasti ini pada dasarnya termasuk salah satu jenis permainan bola kecil di Indonesia. Dimana pada permainan kasti anda akan memainkannya dengan orang lain atau beregu dan menggunakan teknik permainan kasti tertentu.

Disisi lainnya, perlu diketahui bahwa permainan kasti ini sebetulnya termasuk salah satu macam olahraga tradisional yang menunjukkan beberapa unsur kekompakan, kebahagian, kebersamaan, dan ketangkasan, Biasanya permainan kasti ini pula biasa dilakukan di lapangan terbuka. Olahraga yang satu ini termasuk jenis olahraga yang diajarakan pada peserta didik di sekolah. Sehingga mulai dari teori hingga prakteknya guru bisa mengajarkan dengan penuh pemahaman yang baik.

Kasti

Pengertian kasti adalah salah satu permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu dan memerlukan unsur kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan. Sebagai informasi bahwa dalam permainan kasti, ada sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan untuk dapat bermain, sarana dan prasarana tersebut antara lain ialah lapangan, alat pemukul, bola, dan lain sebagainya.

Ada beberapa informasi yang lainnya bahwa dalam permainan kasti setiap pemain harus mempunyai nomor dada yang terpasamg didepan dada dan punggung. Nomor dada tersebut terdiri dari nomor 1 sampai dengan 15 untuk nomor urut 1 hingga 12 dipakai para pemain inti sedangkan untuk nomor 13 sampai 15 untuk pemain cadangan.

Tujuan Kasti

Tujuan melakukan permainan bola kasti, antara lain;

  1. Melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa kita

Tujuan diadakannya permainan kasti yang paling utama ialah melestarikan budaya olahraga tradisional. Karena olahraga ini menjunjung nilai kebersamaan , kekompakan secara bersama-sama dan bisa dimainkan oleh semua kalangan masyarakat.

Maka dari itu kasti dimainkan selain untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh, namun juga digunakan untuk mempertahankan permainan itu sendiri agar selalu dikenal oleh penerus bangsa.

  1. Dapat mengembangkan berbagai macam fungsi tubuh

Melakukan permainan kasti dapat membantu seseorang untuk mengembangkan berbagai macam fungsi tubuh. Alasannya karena pada permainan ini hampir seluruh bagian tubuh melakukan gerakan secara penuh, sehingga secara tidak langsung hal ini mempengaruhi fungsi tubuh menjadi lebih baik lagi.

Apalagi dengan permainan kasti ini pula sebuah ketangkasan, keseimbangan dan kelentukan bisa dilatih menjadi baik maka dari itu fungsi tubuh terlihat lebih maksimal.

  1. Meningkatkan sikap sportivitas

Olahraga kasti juga bertujuan untuk meningkatkan sikap sportivitas antar pemain atau teman. Karena dalam permainan kasti ini setiap orang harus melakukan hubungan kerjasama yang baik dan meningkatkan sikap saling mendukung satu sama lain.

Agar permainan kasti bisa dimainkan dengan baik. Bukan hanya soal kerjasama, akan tetapi sikap sportivitas ini juga bisa lebih ditunjukkan karena olahraga kasti, alasannya setiap pemain berusaha untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam permainan kasti dan berusaha sebisa mungkin untuk bermain dengan teknik yang baik dengan bantuan kerjasama antar pemain lainnya.

  1. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan

Permainan kasti semakin sering dimainkan maka bisa memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para pemain untuk meningkatkan pengetahuan mereka terkait peraturan permainan kasti itu sendiri. Dengan begitu maka setiap orang bisa lebih baik dalam melakukan permainan kasti dan tidak melanggar aturan dalam permainan atau dikatakan lebih sportif.

  1. Meningkatkan kemampuan strategi dan teknik dalam permainan kasti

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa semakin sering seseorang berlatih permainan kasti, maka orang tersebut mampu mengembangkan kemampuan strategi dan teknik yang mereka miliki dalam permainan kasti ini. Oleh karena itu para pemain bisa bermain dengan lebih hebat lagi.

  1. Meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik

Permainan kasti memang pada dasarnya terbentuk dengan kerjasama antar orang lain. karena pada permainan ini setiap pemain harus melakukan kekompaka secara bersama-sama, mengingat bahwa kasti tidak bisa hanya dimainkan oleh satu orang.

Secara tidak langsung hal itulah yang mampu membuat seseorang bisa menjalin hubungan persahabatan dan kersama yang lebih baik lagi dengan tim.

  1. Belajar berkomunikasi dengan orang lain

Karena dalam permainan kasti dimainkan oleh beberapa orang, maka hal ini membuat seseorang bisa belajar berkomunikasi dengan orang lain pula secara lebih baik. Tentunya hal ini juga mempengaruhi hubungan relasi yang lebih luas lagi.

  1. Mengekspresikan diri dan kreativitas dari para pemain

Permainan kasti bertujuan pula untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan kreativitas maupun ketrampilan dalam diri seseorang. Walaupun dalam permainan ini dimainkan secara berkelompok, namun setiap individu tetap bisa menunjukkan kemampuan yang ada pada diri mereka sendiri dan membuatnya bisa merasa lebih percaya diri.

Demikinalah artikel yang bisa kami selesaikan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan yang diperoleh dari permainan bola kasti dalam keseharian. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.