Manfaat Bermainan Bola Kasti Bagi Tubuh

Diposting pada

Manfaat Kasti

Olahraga permainan kasti pada dasarnya merupakan jenis olahraga di Indonesia yang sangat mafhum dilakukan oleh masyarakat. Mengapa dianggap sebagai olahraga masyarakat? karena permainan kasti ini sering dilakukan oleh seseorang baik siswa ataupun anak-anak pada waktu senggang atau waktu kosong.

Atas alasan itulah permainan kasti ini dianggap pula sebagai bentuk olahraga tradisional yang juga banyak diminati anak-anak, remaja dan bisa mendekatkan antara orang satu dengan lainnya, lantaran dilakukan dalam berkelomopok.

Kasti

Definisi permainan kasti pada umumnya termasuk jenis permainan bola kecil yang bisa membuat para pemain menjadi lebih dekat dan mampu meningkatkan ketangkasan serta kekompakan regu atau pemain, dengan alasan itulah dalam serangkaian permainan kasti ini bisa diperoleh keuntungan atau manfaat salah satunya yaitu dapat menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik. Untuk pelaksanaan permainan kasti sendiri biasanya lebih umum dilakukan di waktu sore hari.

Adapun untuk beberapa keterampilan yang harus dimiliki dalam kasti antara lain melempar, memukul, menangkap bola, serta kemampuan berlari.

Manfaat Kasti

Berikuti dibawah ini yang termasuk manfaat bermain kasti, antara lain;

  1. Mempertajam pikiran

Kasti bisa mempertajam pikiran para pemain karena mereka dilatih untuk mengetahui teknik atau strategi secara benar.

Maka dari itu setiap pemain sebelum melakukan pertandingan kasti harus berlatih kasti secara maksimal terlebih dahulu. Alasannya agar pemain bisa lebih fokus dengan permainan kasti dan lebih mempertajam pikiran pemain untuk mengasah teknik yang mereka miliki.

  1. Meningkatkan fleksibilitas

Permainan kasti juga bermanfaat untuk meningkatkan flesibilitas tubuh, karena latihan kasti ini bisa membuat tubuh semakin lancar digerakan. Otomatis hal ini sangat mempengaruhi kemudahan tubuh dalam beraktivitas dan membuatnya semakin fleksibel serta lebih lincah.

  1. Menjaga badan tetap sehat

Permainan kasti bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan badan. Karena dalam permainan ini setiap pemain bisa melakukan gerakan pada tubuh, maka secara tidak langsung hal ini sangat mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang menjadi lebih kuat lagi.

Bahkan dengan kasti seseorang juga bisa membakar lemak pada tubuh sekaligus mengeluarkan racun dari keringat yang keluar.

  1. Melatih kedisiplinan

Kedisiplinan merupakan sikap tanggung jawab dan sesuai dengan aturan yang berlaku pada diri seseorang. Sebagai informasi bahwa permainan kasti ini bisa membantu anda untuk melatih kedisplinan, karena setiap orang wajib untuk melakukan latihan setiap saat.

Sehingga hal tersebut berpengaruh pada kemampuan para pemain yang lebih bagus lagi dengan adanya sikap displin tersebut.

  1. Meningkatkan ketangkasan

Latihan ketangkasan ternyata bisa dilakukan dengan olahraga kasti. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam permainan kasti ini ada beberapa ketrampilan yang harus dimiliki seperti memukul, melempar dan lain sebagainya. Oleh karena itu permainan kasti bisa meningkatkan ketangkasan dan membuat tubuh menjadi lebih kuat lagi.

  1. Memperkuat tulang dan sendi

Permainan kasti merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat dan antara lain yaitu bisa memperkuat tulang dan sendi. Hal ini dikarenakan pada permainan kasti seseorang bisa melakukan berbagai gerakan. Oleh sebab itu, permainan tersebut mampu membuat tulang menjadi kuat begitu pula dengan persendian pada tubuh.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami ulaskan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat yang bisa diperoleh dari permainan bola kasti dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *