Manfaat Squat Jump untuk Wanita dan Pria

Diposting pada

Manfaat Latihan Squat Jump

Dalam menjalankan kehidupan, manusia pasti membutuhkan kebugaran jasmani agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar. Perlu anda ketahui bahwa kesehatan salah satunya bisa dijaga dengan melakukan arti olahraga secara rutin serta menjaga pola makan dengan baik.

Berbicara mengenai olahraga, pada dasarnya dunia olahraga memiliki banyak cabang dan macamnya. Salah satu jenis olahraga adalah squat jump, yang identik dengan gerakan meloncat namun dapat memberikan banyak manfaat. Meski disisi lain squat jump juga dilarang dan berbahaya terutama bagi wanita yang sedang mengandung.

Squat Jump

Squat jump adalah salah satu jenis olahraga modern yang melatih fisik dengan adanya dua gerakan yaitu jongkok dan melompat. Pada umumnya latihan fisik ini dilakukan sebagai gerakan pemanasan. Uniknya apabila olahraga squat jump dilakukan secara rutin dan teratur maka dapat membantu mengencangkan otot paha dan bagian pantat.

Maka dari itu olahraga ini seringkali dilakukan oleh kaum wanita agar membantu membentuk tubuh lebih ideal. Namun jangan salah karena banyak pria juga melakukan olahraga ini untuk kebutuhan kesehatan.

Manfaat Squat Jump

Berikut berbagai manfaat squat jump untuk wanita dan pria. Antara lain;

  1. Membuat tubuh lebih ideal

Olahraga squat jump sangat dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Sehingga tidak heran jika gerakan olahraga yang satu ini banyak digemari orang khususnya para wanita. Terlebih lagi gerakan olahraga squat jump ini termasuk gerakan yang sederhana dan tergolong dalam full body workout sehingga benar-benar dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Meningkatkan proses metabolisme tubuh, maka membuat semakin cepat pula proses pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh seseorang. Maka dari sinilah gerakan squat jump bisa mengencangkan otot di area pantat maupun paha.

Sebagai informasi apabila olahraga ini dilakukan secara rutin dan teratur maka dapat membuat tubuh menjadi lebih ideal. Bahkan dapat pula melatih otot kaki, dan mampu meningkatkan massa otot tubuh.

  1. Mengurangi Risiko Cedera

Gerakan squat jump mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh yang ada di bagian bawah, ligamen dan jaringan. Oleh karena itu gerakan olahraga ini juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Secara otomatis melalui latihan squat jump maka tubuh akan meminimalisir risiko terjadinya cedera kaki karena fleksibilitas otot sudah terlatih dengan baik. Sehingga anda bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolism tubuh sangat diperlukan dalam tubuh seseorang dan salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan metabolism tubuh adalah squat jump. Perlu anda ketahui bahwa squat jump bisa menciptakan lingkungan anabolik untuk membangun otot.

Selain itu olahraga ini juga dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot. Sehingga proses metabolisme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin juga lebih lancar. Dampaknya yaitu tubuh bisa terlindungi dari sejumlah penyakit baik mulai dari diabetes, obesitas dan gangguan kardiovaskuler.

  1. Melatih Otot Kaki

Olahraga squat jump pada dasarnya memang mempunyai banyak variasi, salah satunya adalah squat thrust. Jenis squat jump thrust umumnya memiliki manfaat yaitu dapat membantu membentuk otot kaki secara efektif dan cepat.

Tidak hanya berfokus pada otot kaki saja, melainkan olahraga ini mampu mengandalkan berbagai otot, seperti otot perut, tangan, dan pinggang. Apabila squat jump bisa rutin dilakukan maka anda akan memiliki kekuatan otot yang cukup baik dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

  1. Membakar Kalori dan Lemak

Olahraga squat jump juga memiliki manfaat lain yaitu berguna untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu olahraga ini sangat disarankan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Melalui olahraga ini maka, lemah dan kalori yang menumpuk dalam perut dan pinggang dapat luruh secara lebih cepat, terlebih lagi jika dilakukan secara rutin, maka manfaatnya akan lebih mudah untuk dirasakan.

  1. Melatih Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

Squat jump merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mel,atih kekuatan dan fleksibilitas otot. Maka dari itu dengan melakukan kegiatan olahraga ini secara rutin otot pada tubuh akan lebih terjaga kekuatannya dan menjadi lebih mudah untuk anda gunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bahkan dengan kuatnya otot pada tubuh maka anda bisa lebih menghindari dari yang namanya cidera. Oleh karena itu, gerakan squat juga sering digunakan untuk pemanasan, sebelum melakukan berbagai jenis olahraga.

  1. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Bukan hanya baik untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh, namun squat jump juga sangat baik untuk latihan keseimbangan tubuh. Terutama jika anda sedang berada dalam posisi setengah jongkok, maka hal ini akan membantu otot bagian bawah tubuh terlatih untuk menopang berat tubuh dengan lebih seimbang.

  1. Meningkatkan Vitalitas Pria

Kemungkinan manfaat yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang. Sebagai informasi bahwa gerakan squat jump dipercaya bisa meningkatkan hormon testosteron dan produksi sperma. Oleh karena itu, olahraga ini sangat baik untuk meningkatkan vitalitas pria.

  1. Tampak Lebih Muda

Ingin terlihat tampak lebih mudah, maka anda bisa melakukan olahraga squat jump secara teratur agar tubuh bisa menjadi lebih kencang dan terlihat selalu memiliki kesehatan yang baik. Hal ini lantaran sebelum melakukannya diusakan untuk pemanasan dinamis dan pemanasan statis terlebih dahulu.

  1. Mempercantik Kulit

Perlu anda ketahui bahwa dengan berolahraga maka aliran darah menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar ternyata berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih segar.

Salah satu jenis olahraga yang ringan dan mudah dilakukan namun memberikan manfaat untuk mempercantik kulit adalah squat jump. Selain mudah dilakukan, olahraga ini juga membuat tubuh menjadi semakin kencang dan terlihat awet muda.

  1. Memperbaiki Postur Punggung

Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa point diatas, bahwa olahraga squat jump mampu membuat tubuh lebih ideal, dan mengencangkan tubuh. maka secara tidak langsung bagian tubuh yang bisa diperbaiki melalui olahraga ini yaitu punggung yang nampak lebih kencang, tegak, dan ideal.

  1. Memperlancar Pencernaan

Squat jump dapat juga berfungsiuntuk memperlancar pencernaan usus besar yang ada di di dalam perut. Alasannya karean olahraga ini memang melatih berbagai otot baik mulai dari punggung sampai perut itu sendiri.

  1. Meningkatkan Kemampuan Fisik

Seseorang yang rutin melakukan squat jump maka mereka telah melatih otot-otot tubuhnya dengan begitu baik. Sehingga hal tersebut berpengaruh pula pada peningkatan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh seseorang.

  1. Membuang Racun dari dalam Tubuh

Olahraga squat jump yang membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh seseorang ini ternyata mampu pula untuk mendorong peningkatan pembuangan racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan racun di dalam tubuh dibuang bersamaan dengan sisa metabolisme baik dari keringan, urin dan lain sebagainya.

  1. Menjaga Kekuatan Saat Usia Lanjut

Apabila olahraga squat jump dilakukan secara teratur dan sudah dimulai sejak dahulu kala, maka manfaat yang akan diperoleh bukan hanya di usia mudah saja. Melainkan pada usia lebih lanjut seseorang tetap mendapatkan manfaatnya yaitu memiliki kemampuan untuk tetap menjaga fungsionalitas beberapa bagian tubuh seiring bertambahnya usia.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa squat jump adalah olahraga yang diawali dengan posisi tubuh berdiri tegak yang kemudian kaki dibuka lebar untuk melakukan gerakan jongkok dan melompat. Dalam olahraga ini memang ada beberapa cara yang dilakukan yaitu posisikan kedua tangan di belakang kepala pada saat kaki sudah dibuka lebar lalu sedikit melompat dan mendarat dengan postur tubuh setengah jongkong.

Selain itujuga squat jump menjadi jenis olahraga pliometrik. Artinya yaitu jenis olahraga yang mewajibkan anda harus melompat atau bergerak aktif. Mengingat squat jump lebih sering dilakukan dengan gerakan melompot dan jongkong secara berulang maka anda harus menyiapkan kekuatan kaki dengan baik karena kaki menjadi tumpuan kekuatan yang paling utama.

Gerakan squat jump ini salah satunya bermanfaat untuk meningkatkan refleks peregangan pada kaki anda, sehingga tidak perlu ragu lagi untuk melakukan aktivitas atau olahraga ini karena dirumahpun anda tetap bisa melakukannya.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat latihan squat jump untuk wanita dan pria dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *