Manfaat Bermain Bola Basket bagi Manusia dalam Keseharian

Diposting pada

Bermain Bola Basket

Basket merupakan salah satu jenis olahraga modern yang terkenal di dunia selain dari sepak bola. Dimana lama permainan bola basket adalah 4×10 menit dengan jeda waktu 10 menit istirahat. Regu dengan poin terbanyak akan memenangkan pertandingan. Basket sendiri merupakan olahraga dengan ciri memasukan bola ke ring lawan. Selain itu lapangan bola basket berbentuk persegi panjang yang biasanya terletak di dalam atau luar ruangan.

Terdapat tiga teknik dasar dalam permaian bola basket yiatu mengoper/melempar, menembak bola, serta menggiring bola atau dribbling. Dalam permainan bola basket pemain tidak boleh membawa lari bola sehingga bola harus digiring atau mendibbring bola serta menjaganya agar tidak direbut oleh lawan.

Olahraga Basket

Basket adalah olahraga beregu yang termasuk dari cabang arti permainan bola besar. Dalam satu regu tim basket biasanya terdiri dari lima pemain yang terdiri atas point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center. Dari kelima pemain tersebut memiliki posisi dan tugasnya maisng-masing.

Point guard bertugas untuk memberikan umpan kepada pemain depan agar memasukan bola ke ring. Selanjutnya adalah shooting guard yang bertugas untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke ring. Kemudian small forward merupakan posisi pemain yang bervariasi serta harus menguasai dribble, umpan, maupun shooting bola.

Ada lagi yaitu power forward merupakan pemain yang berposisi di bawah ring untuk menyerang maupun bertahan. Kemudian yang terakhir adalah posiis center yang memiliki tugas utama bertahan saat ada serangan dari lawan. Kelima posisi pemain tersebut harus dapat berkoordinasi dan berkerja sama agar tim dapat memperoleh kemenagan.

Manfaat Bermain Bola Basket

Manfaat atas fungsi yang dapat diperoleh dalam melakukan olahraga basket, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Membakar Kalori

Kalori merupakan jumlah energi yang didapatkan oleh tubuh melalui makanan dan minuman. Apabila kandungan kalori berlebihan dalam tubuh maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan yaitu obesitas. Permainan bola basket membutuhan banyak gerakan lari yang lincah sehingga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

Menurut data penelitian bermain basket selama 1 jam dapat membakar sekitar 600 kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bermain basket dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga tidak akan terjadi kelebihan berta badan yang merupakan sumber drai berbagai penyakit mulai dari kolesterol hingga penyakit jantung.

  1. Bagus untuk Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan kardiovaskuler merupakan kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Apabila sirkulasi darah terganggu karena terjaid penyumbatan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler. Salah satu jenis penyakit kardiovaskuler yang terkenal adalah penyakit jantung koroner dan stroke.

Oleh karena itu, bermain basket akan membutuhkan banyak gerakan sehingga detaj jantung juga akan meningkat dibandingkan hanya dengan kegiatan bersantai. Dengan detak jantung yang meningkat dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskuler sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung, stroke dan penyakit sejenisnya.

  1. Melatih Konsentrasi

Konsentrasi dapat dilatih dengan bermain basket. Karena banyak gerakan melepar dalam permaina bola basket. Baik melempar kepada teman maupun melempar bola agar masuk ke dalam ring. Dengan bermain basket secara rutin dapat membantu meningkatkan konsetrasi karena apabila dalam bermain basket jika lengah sedikit saja maka tim akan kehilangan poin dan menyebabkan kekalahan.

Selain itu, dalam permaina basket terdapat tembakan tiga angka. Jika pemain dapat melakukan tembakan tiga angka maka tim akan mendapat 3 poin tambahan. Namun, dalam melakukan tembakan tiga angka diperlukan keahlian dan juga konsentrasi yang tinggi.

Karena saat bermain pemain akan berada di bawah tekanan lawan sehingga diperlukan fokus yang cukup besar untuk memperoleh poin apalagi untuk berhasil dalam melakukan tembakan tiga angka.

  1. Mengembangkan Kedisiplinan Diri

Pada setiap olahraga tentunya memiliki aturan permainan tersendiri begitu pula dengan olahraga basket yang memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar. Karena jika peraturan dalam suatu pertandingan olahraga dilanggar maka bisa memperoleh hukuman yang dapat merugikan diri sendiri maupun tim.

Misalnya dalam permaian basket, bola tidak boleh dipukul dengan tangan mengepal, tidak boleh melakukan kontak personal yang ilegal dengan pemain lawan dan pelanggaran-pelanggaran lainnya. Tentu saja hal tersebut dapat merugikan tim karena akan mendapat hukuman berupa lemparan ke dalam hingga lemparan bebas.

Karena harus menaati aturan dalam permaian basket maka pemain harus memiliki kedisiplinan yang tinggi sehingga dapat memperoleh kemenangan bagi tim.

  1. Melatih Koordinasi Motorik Tubuh

Dalam permainan basket membutuhkan banyak gerakan dari tubuh mulai dari berlari, melempar bola, menangkap bola dan gerakan lainnya yang merupakan gerakan motorik tubuh. Gerakan motorik adalah gerakan yang membutuhkan koordiansi otot-otot dalam tubuh.

Gerakan motorik dapat dibedakan menjadi motorik kasar dan gerakan motorik halus. Gerakan motorik kasar seperti berjalan, berlari, melepar, dan memukul.

Sedangkan gerakan motorik halus merupakan gerakan yang lebih sederhana dibandingkan gerakan motorik kasar sepeti menggunting, berjinjit, menulis dan lain sebagainnya. Karena dalam permainan basket banyak gerakan berlari dan melepar maka akan bagus untuk melatih gerakan motorik kasar bagi tubuh.

  1. Memberikan Latihan Kekuatan

Diperlukan tubuh yang fit dalam permaian basket. Karena banyak gerakan lincah diperlukan selama pertandingan. Oleh karena itu, pemain basket bisanya memiliki tubuh yang bugar dan berenergi. Diperlukan stamina yang cukup besar dalam bermain basket.

Karena lapangan yang cukup luas dan gerakan bola yang sulit ditebak dan cepat menuntut pemain basket memiliki tenaga ekstra. Sehingga jika dapat bermain basket secara rutin dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga dapat pula berdampak dalam kegiatan sehari-hari lainnya.

  1. Mengurangi Stess

Banyak olahraga yang berfungsi sebagai penghilang penat dan strees setelah banyak melakukan aktivitas yang dapat membuat jenuh. Salah satu jenis olahraga yang dapat menghilangkan stress adalah basket. Dalam permainan basket dibutuhkan banyak orang atau termasuk sebagai olahraga beregu.

Dapat dikatakan dengan bermain basket dapat memberikan kesempatan bagi pemain untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain sehingga dapat mengurangi kejenuhan terhadap pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Karena orang yang jarang bersosialisasi dapat meningkatkan risiko terkena gangguan mental seperti depresi. Sehingga bermain basket selain bermanfaat bagi jasmani juga bermanfaat bagi rohani atau kesehantan mental seseorang.

  1. Membangun Kekuatan Tulang

Melompat merupakan salah satu gerakan yang diperlukan dalam bermain basket. Gerakan melompat adalah gerakan yang bagus bagi kesehatan tulang terutama pada tulang kaki.  Kepadatan tulang akan terjaga karena rutin melukan gerakan lompatan sehingga dapat mengindarkan penyakit tulang rapuh atau osteoporosis.

Apabila kepadatan tulang bermasalah tentunya akan menganngu aktivitas sehari-hari. Selain itu, dampak terburuk dari pengeroposan tulang adalah tulang akan menipis dan mudah patah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan. Apabila imunitas rendah maka semakin besar risiko seseorang akan terkena penyakit.

Karena sistem kekebalan tubuh merupan daya tahan untuk menghalau berbagai virus, bakteri, dan penyakit yang dapat membuta seseorang jatuh sakit. Dengan bermain basket secara rutin dapat meningkatan sistem imunitas dan membuat tubuh menjadi sehat.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Permainan basket merupakan salah satu olahraga yang populer di berbagai kalangan. Mulai dari anak muda hingga orang tua banyak yang menggemari olahraga yang satu ini. Apabila seseorang bermain basket dan dapat melakukan tembakan yang bagus dan menghasilkan banyak poin tentunya akan menjadi prestasi tersendiri yang membanggakan dan dapat membantu seseorang untuk memperoleh kepercayaan diri.

Dengan tubuh bugar yang dimiliki karena rutin bermain basket juga dapat meningkatkan penampilan sehingga akan memperoleh kepercayaan diri untuk tampil di depan umum. Seseorang yang berpenampilan menarik dan memiliki kepercayaan diri tentunya akan mempermudah aktivitas sehari-hari. Khususnya aktivitas yang melibatkan banyak orang.

  1. Memberikan Kesehatan dan Kebugaran Jasmani

Manfaat lainnya yang dimiliki hampir semua cabang olahraga ialah bertujuan membuat kesehatan serta kebugaran jasmani tubuh tetap terjaga. Begitu pula dengan olahraga basket yang tujuan utamanya adalah menyehatkan badan. Namun, karena olahraga basket juga termasuk olahraga yang dipertandingkan sehingga tujuannya juga bertambah selain untuk kesehatan jasmani dan rohani juga untuk kepentingan prestasi.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Tentang adanya manfaat yang dimiliki dari bermain bola basket bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan edukasi bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *