Tujuan Olahraga Jalan Cepat

Diposting pada

Tujuan Jalan Cepat

Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang dilengkapi dengan kelengkapan anggota tubuh mulai dari tangan, kaki, mata, hidung, dan alat indera yang lainnya. Perlu anda ketahui bahwa dengan kelengkapan anggota tubuh tersebut manusia bisa melakukan berbagai kegiatan dengan lebih cepat dan mudah

Salah satunya yaitu dengan kaki setiap orang bisa melangkah dengan baik dan bisa sampai ditempat yang mereka mau. Ternyata dalam pendidikan olahraga ada yang namanya jalan cepat. Olahraga jalan cepat ini disebut pula dengan istilah race walking yang merupakan sebuah gerakan secara maju karena gerakan kaki yang melangkah dan tidak terputus di permukaan tanah sehingga seseorang dapat melakukannya dengan cepat.

Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan salah satu gerakan langkah maju dimana setiap gerakan tersebut tidak ada hubungan terputus dengan tanah.

Dalam arti olahraga jalan cepat ini setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Setaip melangkah maka satu kaki harus berada di tanah dan kaki tersebut harus lurus atau lutut tidak boleh bengkok dengan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.

Tujuan Olahraga Jalan Cepat

Olahraga jalan cepat mengharuskan seseorang untuk siap melangkahkan kakinya satu demi satu hingga kecepatan tertentu. Pastinya tujuan olahraga jalan cepat sangat beragam. Antara lain;

  1. Mencegah kegemukan

Olahraga jalan cepat merupakan salah satu jenis olahraga modern yang mmbuat tubuh bergerak secara lebih cepat. Akibatnya tubuh bisa mengeluarkan keringat cukup banyak dan mampu mebakar kalori serta lemak dalam tubuh. Dampak yang dihasilkan yaitu berat badan tubuh bisa menurun, artinya dengan olahraga jalan cepat ini bisa mencgah anda dari kegemukan.

  1. Mengurangi keinginan ngemil

Melalui olahraga jalan cepat anda bisa melakukan gerakan langkah demi langkah. Secara otomatis anda tidak akan melakukan kegiatan lainnya seperti makan dan lain-lain, karena fokus yang anda lakukan ialah jalan cepat untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan hal tersebut maka hal ini bisa membantu anda untuk mengurangi keinginan ngemil.

  1. Menurunkan resiko kanker payudara

Sebagian besar orang mungkin belum ada yang tahu bahwa olahraga jalan cepat ini ternyata mampu menurunkan resiko kanker yang ada di dalam payudara. Karena olahraga ini bisa mengeluarkan racun dalam tubuh akibat keringat yang dikeluarkan, sehingga membuat badan menjadi lebih sehat.

  1. Meredakan nyeri sendi

Jalan cepat sudah pasti menggunakan kaki sebagai anggota tubuh paling utama yang digerakan. Oleh karena itu tidak heran jika bagian sendi maupun tulang yang ada pada kaki memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik. Bahkan jalan cepat ini juga bisa meredakan nyeri sendi yang membuat kaki bisa lebih mudah lagi digunakan untuk berjalan seperti biasanya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa olahraga jalan cepat adalah metode berjalan kaki yang memiliki ciri kecepatan di atas rata-rata kecepatan berjalan pada umumnya, dimana kecepatan tersebut yaitu sekitar 7 sampai 9 kilometer per jam.

Olahraga jalan cepat ini berbeda dengan jogging atau berlari, dimana perbedaan ini ditunjukkan dengan jalan cepat yang mengharuskan setidaknya ada satu kaki yang menapak tanah pada saat berjalan, sepanjang waktu. Sebagai informasi bahwa jalan cepat ini kerap direkomendasikan menjadi alternatif olahraga jogging untuk mereka yang membutuhkan intensitas olahraga menengah sampai rendah, dengan detak jantung maksimal 60% sampai 80%.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan melakukan olahraga jalan cepat bagi tubuh yang bisa bermanfaat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *