Tujuan Melakukan Lompat Kangkang

Diposting pada

Tujuan Lompat Kangkang

Definisi olahraga bisa dikatakan sebagai serangkaian bentuk aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Setiap kegiatan olahraga memiliki tujuan dan manfaat masing-masing. Hal tersebut berlaku juga untuk olahraga lompat kangkang.

Dimana lompat kangkang dilakukan dalam mengatur tolakan, layangan, bahkan sampai pada persiapan untuk lari. Oleh karena itulah menjadi hal penting dipahami mengapa seseorang perlu melakukan pelompatan kangkang.

Lompat Kangkang

Lompat kangkang bisa dikatakan sebagai salah satu macam olahraga senam lantai. Hal ini mengingat pelompatan kangkang dilakukan degan gerakan melompat melewati benda atau yang biasa disebut dengan kuda-kuda lompat. Disisi lainnya lompat kangkang ini dilakukan dengan menggunakan dua kaki yang terbuka lebar.

Tujuan Lompat Kangkang

Tujuan utama melakukan lompat kangkang dalam olahraga antara lain:

  1. Memindahkan objek dengan fase tumpuan

Melakukan serangkaian bentuk gerakan lompat kangkang berarti melakukan teknik gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal tersebut tentusaja menjadi tujuan utama gerakan lompat kangkang, karena dengan proses pemindahan ini akan memudahkan dalam melakukan aktivitas olahraga.

  1. Melatih Ketepatan

Gerakan lompat kangkang sejatinya dilakukan dengan tujuan untuk mencapai ketepatan. Ketepatan dalam hal ini dilakukan utuk mengurangi tingkat kegagalan dan kesalahan. Sehingga proses ketepatan dalam melakukan gerakan lompat kangkang akan memicu ketepatan dalam melakukan hal-hal lainnya.

  1. Melompat dengan memperhatikan ketinggian

Lompat kangkang  bisa dikatakan sebagai serangkaian gerakan melompat yang memperhatikan ketinggian lompatan. Tujuan dari lompat kangkang adalah bagaimana ia bisa melakukan tolakan yang tinggi agar mampu melewati papan kuda-kuda.

  1. Kelincahan

Melakukan gerakan lompat kangkang memilik tujuan untuk memperoleh dan mempercepat adanya proses latihan kelincahan. Dimana kelincahan dalam ini karena gerakan melompat membutuhkan gerakan tubuh yang lincah dan gesit.

  1. Melakukan pendaratan dengan baik

Tujuan lompat kangkang adalah bagaimana ia bisa mencapai hasil akhir yang baik. Sehingga hasil akhir dapat terwujud melalui proses yang tidak mudah. Hal ini tercermin pula pada gerakan lompat kangkang. Tujuan akhir lompat kangkang adalah pendaratan yang baik setelah melewati papan kuda-kuda.

Kegunaan Lompat Kangkang

Adapun manfaat melakukan lompat kangkang dalam kebugaran jasmani. Antara lain;

  1. Menumbuhkan sikap keberanian

Pada proses melakukan lompat kangkang tentusaja nsagt diperlukan keberanian untuk melakukan gerakan lompat kangkang. Keberaian akan terlatih ketika sudah terbiasa melakukan sesuatu yang membutuhkan keberanian tinggi.

Melakukan gerakan lompat kagkang secara rutin dapat membantu menumbuhkan keberanian diri. Keberanian diri sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi dan keadaan. Semakin sering keberanian diuji semakin kuat pula sikap percaya diri yang dimiliki.

  1. Meningkatkan semangat

Kegiatan lompat kangkang ternayat dapat menimbulkan semangat dalam diri. Gerakan yang energik akan membangkitkan rasa semangat dalam tubuh. Rasa semangat yang muncul memungkinkan seseornag melakukan segala sesuatu dengan semangat.

Segala sesautu yang dilakukan dengan semanagat akan meningktan minat dan hasil yang baik. Oleh karenanya, perlunya melakukan lompat kangkang untuk tetap mempertahkan dan meningkatkan semangat dalam diri untuk terus berlatih dan semangat melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan lompat kangkang dan kegunaannya dalam kebugaran jasmani. Semoga memberi wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *