Pengertian Roll Belakang, Cara Melakukan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Roll Belakang

Roll belakang daam arti olahraga kerapkali dimaknai sebagai gerakan menggulungkan tubuh ke arah belakang. Sehingga teknik melakukan gerakan ini dianggap memiliki manfaat dalam upaya membakar kalori, menguatkan tulang, melenturkan tubuh, menguatkan otot, meningkatkan sirkulasi darah.

Disisi lain, dalam melakukan gerakan untuk roll belakang masih erat dengan roll depan, hal ini lantaran menjadi satu dalam berbagai jenis senam lantai atau senam irama yang kita kenal.

Roll Belakang

Gerakan roll belakang yang dikenal pula dengan roll mundur pada hakekatnya mirip dengan gulungan maju, tetapi kebalikannya. Dimana pesenam mulai dengan posisi berdiri dan membungkuk ke posisi jongkok/duduk dengan tangan di depan.

Bahkan melaukan mekanimse gerakan ini sering dikenal sebagai Tottenham Hotspur. Dimana memulai dengan turun dan sedikit bersandar sampai pantat mereka mencapai lantai. Selanjutnya, melanjutkan momentum ini dan berguling ke punggung mereka ke bahu mereka. Terakhir, gerakan ini meletakkan tangan mereka di samping bahu dan menyelipkan kepala ke dagu. Tangan kemudian mendorong lantai dengan kuat dan meluruskan lengan mereka dan terus memutar tubuh mereka di atas kepala. Kaki kemudian ditempatkan di lantai dan pesenam berdiri.

Pengertian Roll Belakang

Roll belakang adalah serangkaian gerakan berguling ke arah belakang melalui bagian belakang tubuh mulai dari panggul bagian belakang, pinggang, punggung, dan tengkuk. Sehingga posisi badan tetap harus membulat, yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan hingga dagu melekat di dada, yang tentunya berlawanan arah dengan rol depan

Pengertian Roll Belakang Menurut Para Ahli

Adapun definisi roll depan dan roll belakang menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Roll belakang adalah gerakan senam yang dilakukan dengan kaki digerakkan terlebih dahulu, yang kemudian diikuti oleh kepala dan bagian tubuh lainnya.

Cara Melakukan Roll Belakang

Memulai gerakan roll belakang dapat dilakukan dengan menggunakan tiga jenis awalan, yaitu awalan dengan posisi jongkok, berdiri, dan berbaring. Berikut penjelasannya.

  1. Awalan dengan Posisi Jongkok

Cara melakukan roll belakang dengan awalan jongkok, yaitu:

  1. Sikap awal dalam posisi jongkok dengan kedua kaki rapat.
  2. Kedua lutut diletakan pada bagian dada.
  3. Kedua tangan diletakan pada bagian depan di dekat kaki kira kira 40 cm di depan kaki. Tumpuan terletak pada bagian tangan.
  4. Kedua tangan dibengkokkan dan mulai berguling.
  5. Bagian tubuh yang pertama kali menyentuh matras ialah pundak, yaitu dengan cara menundukan kepala hingga dagu menyentuh dada.
  6. Saat panggul menyentuh matras, lalu pegang lah bagian bawah lutut (Tulang Kering) dengan kedua tangan.
  7. Setelah gerakan berguling selesai dilakukan, akhiri dengan posisi Jongkok dengan kedua tangan tetap memegang tulang kering.
  1. Awalan dengan Posisi Berdiri

Cara melakukan roll belakang dengan awalan berdiri, yaitu:

  1. Sikap awal dalam posisi berdiri dengan kedua kaki dirapatkan.
  2. Letakkan kedua tangan pada matras kira-kira 50 Cm dan tangan di buka selebar bahu.
  3. Tangan dibengkokkan kemudian di lanjutkan dengan meletakan bagian pundak pada matras, dan bagian kepala di tekuk hingga dagu menyentuh bagian dada.
  4. Kemudian mulailah berguling kedepan.
  5. Ketika panggul menyentuh matras lipat kedua kaki, lalu dilanjutkan dengan tangan memegang bagian tulang kering kaki menuju posisi jongkok.
  1. Awalan dengan Posisi Berbaring

Cara melakukan roll belakang dengan awalan berbaring, yaitu:

  1. Sikap awal dalam posisi berbaring, kaki lurus, kedua di tekuk dan telapak tangan di tempatkan di atas bahu, menempel ke lantai.
  2. Lakukan tolakan dengan kedua kaki yang diarahkan ke belakang kepala. Tolakan tersebut akan dibantu dengan tolakan yang dilakukan oleh otot perut, sehingga kedua ujung kaki dapat mencapai lantai di belakang kepala.
  3. Kemudian, gunakan kedua telapak tangan sebagai tumpuan dan alat bantu untuk berguling. Saat kedua ujung kaki mencapai lantai, dorong tubuh dengan menggunakan kedua tangan.
  4. Posisi ini dapat diakhiri dengan jongkok atau berdiri.

Manfaat Roll Belakang

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan gerakan roll belakang ini. Antara lain;

  1. Menguatkan otot

Apa pun olahraganya, otot kita akan dilatih agar lebih kuat. Salah satunya adalah gerakan roll belakang yang menitikberatkan pada otot lengan, kaki, punggung, bahu, dan perut dapat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot tersebut.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Pergerakan eksplosif dapat bantu detak jantung kita lebih baik. Hal tersebut terdapat dalam gerakan roll belakang sehingga mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kita tidak mudah pusing atau ngantuk di siang hari.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian roll belakang menurut para ahli, cara melakukan, dan manfaatnya yang ada di berbagai bidang kehidupan. Semoga memberi wawasan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.