Ruang Lingkup (PENJAS) Pendidikan Jasmani

Diposting pada

Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani

Olahraga adalah kegiatan jasmani yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Melalui kegiatan olahraga maka seseorang bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan lebih baik dan bisa pula untuk memperkuat otot-otot tubuh. sehingga secara tidka langsung dapat memudahkan seseorang melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih ringan pula.

Oleh karena demikian di Indonesia sendiri materi keolahragaan yang kerapkali dikenal dengan Penjas (Pendidikan Jasmani) menjadi mata pelajaran dasar yang diajkarkan untuk semua tingkat pendidikan. Baik SD (Sekolah Dasar), SMP, SMA, bahkan sampai denga perguruan tinggi. Tentusaja tuang lingkup kajiannya berbeda setiap tingkatan pada insitusi pendidikan formal tersebut.

Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani pada dasarnya adalah salah satu upaya edukasi yang mana sebuah kebugaran jasmani menjadi langkah atau tingkat kefokusan dalam mengembangkan para peserta didik untuk bidang kesehatan secara fisik maupun pikiran.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk pengembangan kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kebugaran jasmani dan diantara cara-cara tersebut antara lain yaitu olah raga (sport), permainan (games), pemanasan statis, pemanasan dinamis, hingga latihan jasmani (Excercise).

Ruang Lingkup Penjas

Ruang lingkup pendidikan jasmani (Penjas) adalah isi dari sebuah studi yang ada kaitannya dengan kegiatan jasmani. Perlu anda ketahui bahwa ruang lingkup pendidikan jasmani itu sendiri ada beberapa macamnya yaitu sebagai berikut:

  1. Permainan dan olahraga

Ruang lingkup permainan dan olahraga meliputi berbagai hal mulai dari jenis olahraga tradisional hingga ke tahap permainan. Pada dasarnya antara olahraga dan kegiatan permainan bisa dikombinasikan atau digabungkan menjadi satu. Sehingga dari hal tersebut membuat kegiatan olahraga terasa lebih menarik sekaligus berfungsi untuk fisik maupun mental seseorang.

Ruang lingkup permainan dan olahraga ini memiliki beberapa aspek atau pembelajaran didalmnya yaitu;

  1. Eksplorasi gerak
  2. Keterampilan lokomotor non-lokomotor
  3. Manipulative

Selain itu mempelajari pula tentang berbagai macam olahraga yang ada di Indonesia terutama yaitu ada banyak dilakukan oleh masyarakat.

Contoh Ruang Lingkup Permainan dan Olahraga

Adapun untuk contoh pelajaran yang dibahas dalam permainan dan olahraga ini misalnya saja mempelejarai kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya

Melalui kegiatan-kegiatan pembalajaran tersebut tentusaja dapat dikatakan bahwa pendidikan jasmani bergerak dan bisa memberi pengetahuan baru kepada banyak orang. Oleh karena demikianlah pendidikan jasmani adalah ilmu yang berada dalam bagian integral dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan menggunakan aktivitas jasmani sebagai media atau alat untuk mencapai tujuan.

  1. Aktivitas pengembangan

Aktivitas pengembangan adalah kegiatan pemblajaran Pejas bertujuan untuk senantiasa mengarahkan seseorang menjadi lebih berani untuk mengeksplore banyak hal. Dalam aktivitas ini tentusaja mencerminkan bahwa pendidikan jasmani umumnya bertujuan untuk mengembangkan individu secara organis, neuromusculer, intelektual, dan emosional.

Contoh Ruang Lingkup Aktivitas Pengembangan

Adapun untuk contoh ruang lingkup dalam aktivitas pengembangan ini misalnya saja mempelajarai mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya.

  1. Aktivitas senam

Kegiatan senam tentunya bukan hal asing yang baru anda dengar. Aktivitas senam tentunya pernah anda lakukan, apalagi bentuk olahraga yang satu ini juga mudah melakukannya dan tidak perlu biayan mahal. Sebagai informasi bahwa senam menjadi salah satu ruang lingkup yang dikaji secara mendalam di pendidikan jasmani.

Contoh Ruang Lingkup Aktivitas Senam

Adapun untuk contoh kajian yang dipelajari dalam aktivitas senam di pendidikan jasmani ini meliputi beberapa hal yaitu mulai dari senam ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya

  1. Aktivitas ritmik

Pendidikan Jasmani dalam aktivitas ritmik sebagai bagian dari yang direncanakan secara sistematis untuk mencapai tujuan dalam pengembangan sekaligus peningkatam ilmu dalam diri individu mengenai ilmu kognitif, emosional dan lain-lain.

Contoh Ruang Lingkup Aktivitas Ritimik

Adapun untuk contoh ruang lingkup aktivitas ritmik ini merupakan kegiatan dalam dunia pendidikan jasmani yang meliputi banyak hal mulai dari gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobik serta aktivitas lainnya.

Sehingga dalam hal ini ritmik itu sendiri adalah gerak yang dilakukan secara lebih enjoy dan rileks karena dilakukan dengan alat atau media yang bersuara sehingga bisa menyebabkan kenikmatan tersendiri bagi yang melakukan aktivitas ritmik ini.

  1. Aktivitas air

Pendidikan jasmani memiliki ruang lingkup dalam aktivitas air yang tentu saja dalam ruang lingkup yang satu ini bermanfaat sangat baik untuk seseorang yang bisa menekuni latihan dalam olahraga air mulai dari terjaganya badan hingga mengejar prestasi menjadi lebih unggul.

Contoh Ruang Lingkup Aktivitas Air

Adapun untuk contoh aktivitas ini meliputi berbagai hal mulai dari permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya.

  1. Pendidikan luar kelas

Pendidikan luar kelas termasuk ruang lingkup dalam pendidikan jasmani yang membuat semua orang sangat senang, hal ini disebabkan bisa belajar langsung dengan lingkungan alam terbuka dan melihat seluruh kondisi secara nyata.

Contoh Ruang Lingkup Luar Kelas

Adapun untuk contoh yang termasuk dalam ruang lingkup pendidikan luar kelas ini. Misalnya saja seperti piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung.

  1. Kesehatan

Kesehatan pada pendidikan jasmani ada banyak yang dipelaari yaitu mulai dari penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu runag lingkup kesehatan ini juga mengajarkan setiap individu agar bisa belajar untuk melakukan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat dan berbagai hal lainnya yang ada hubungannya dengan kesehatan itu sendiri.

Contoh Ruang Lingkup Kesehatan

Adapun untuk contoh ruang lingkup disini kesehatan ini misalnya saja mengajarkan seseorang agar bisa mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Oleh karena demikianlah ruang lingkup kesehatan ini merupakan bagian yang penting dan sangat erat dengan kenyamanan hidup setiap orang.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca yang berkaitan dengan macam-macam ruang lingkup pendidikan jasmani (Penjas) dan contohnya aplikasi pembelajaranya. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *