Unsur Senam Ritmik dan Penjelasannya

Diposting pada

Unsur Senam Ritmik

Senam ritmik atau yang biasa kita dengan senam irama merupakan jenis olahraga modern dalam senam dengan menggunakan berbagai alat bantu. Senam iraam memiliki beberapa prinsip, pola, serta unsur-unsur dalam melaukannya. Berikut ini akan dibahas mengenai unsur dalam senam ritmik

Senam Ritmik

Senam irama atau senam ritmik adalah salah satu jenis senam artistik dengan gerak mengikuti irama musik. Gerakan senam ritmik tidak hanya memperhatikan unsur musik yang digunakan, tetapi juga keindahan gerak para atletnya.

Selain gerak tubuh dan musik pengiring, senam ritmik identik dengan penggunaan alat penunjang untuk memperindah gerakan seperti penggunaa bola, pit apanjang, tali, gada, serta simpai. Penggunaan alat-alat tersebut membuat senam ritmik terkenal dengan nuansa akrobatik.

Senam irama menjadi salah satu jenis olahraga senam yang diperlombakan dalam olimpiade maupun dalam turnamen-turnamen lainnya bertafar nasional bahkan internasional. Jenis olahraga ini dapat dilakuakn oleh satu orang atau lebih. Permainan lebih dari satu orang membutuhkan teknik yang lebih sulit dan rumit karena membutuhkan kerja sama dan kekolmpakan gerak.

Awal mula, jenis senam ini diberi nama senam gimnastik. Kemudian berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis, dan akhirnya berubah kembali dengan nama senam gimnastik ritmis atau senam ritmis atau senam irama. Perubahan tersebut tentu tidka lepas dari unsure sejarah perkembangan senam irama.

Kominasi antara gerak, alat, serta dipadukan dengan irama menjadi perpaduan yang apik sekaligus sulit. Sampai saat ini, atlit senam irama masih didominasi oleh perempuan. Hanya di Jepang yang membuat senam irama diperuntukan bagi laki-laki.

Senam irama memiliki unsur-unsur dan prinsip yang harus ada dan dipegang teguh oleh para atlet agar tercipta gerakan yang indah. tujuan dari senam irama bagi atlet adalah untuk melatih kelentukan badan, serta melatih otak untuk selalu berfikir kretif. Secara umum, senam ini dipertontonkan sebagai hiburan.

Unsur Senam Ritmik

Untu menciptakan gerak yang indah, diperlukan unsur yang harus dipenuhi oleh para atlet senam ritmik, antara lain:

  1. Keindahan

Keindahan merupakan unsur yang sanagt jelas terlihat bagi siapa saja yang memperhatikannya. Keindahan dalam senam irama tidak hanya dilihat dari keindahan gerak, tetapi juga keindahan irama, serta keindahan tubuh dalam memainkan alat apabila menggunakan alat.

Arti olahraga senam ritmik masih kental dengan nuansa seni pertunjukan. Oleh karenanya, unsur keindahan menjadi poin penting dalam memperagakan senam irama. Setiap gerakan yang dimainkan oleh para atlit memiliki makna dan nilai estetika tersendiri yang ingin disampaikan kepada penonton.

Unsur keindahan gerak yang dimainkan oleh para atlit sebenarnya dilihat dari semua unsure yang ada. Baik dari kelentukan, ketrampilan, keseimbangan, dan unsure-unsur lain sebagai penunjang. Jadi unsure keindahan sebenarnya satu kesatuan dari semua unsur yang ada.

  1. Ketrampilan

Ketrampilan melibatkan daya kreatifitas serta ide untuk menciptakan gerak senam irama. Ketrampilan seseorang dalam menciptakan dan mengkombinasikan gerak menjadi poin tersendiri dalam penilaian senam ritmik.

Menciptakan inovasi gerakan baru yang unik dan meraik serta memiliki unsure keindahan, menjadi nilai plus dalam proses penilaian. Ketrampilan seseorang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. ketrampilan dalam menciptakan gerakan senam ritmik dipengaruhi oleh latian serta pengalaman baik dalam memainkan maupun pengalaman dalam mengamati gerakan-gerakan yang diperankan dari kelompok lain.

Semakin banyak variasi gerak akan semakin tinggi poin yang didapat. Namun variasi gerak tersebut juga harus dikombinasikan secara apik dengan unsure-unsur lainnya. Tingkat kesulitan gerakan juga menjadi nilai tambah dari senma ritmik.

  1. Kelenturan

Gerakan senam ritmik sanagat kental dengan nuansa gerakan dalam tari balet. Diperlukan kelenturan tubuh dalam memainkan gerakan-gerakan baik menggunakan alat maupun tanpa alat. Selain itu, nuansa akrobatik juga menjadi ciri khas gerakan dalam senam ritmik.

Jadi kombinasi antara kelenturan dalam gerakan balet dengan pertunjukan akrobatik menjadi satu kesatuan yang memiliki nilai tambah tersendiri.

Kelenturan tubuh akan terus berkembang apabila terus dilatih. Oleh karenanya, senam ritmik identik dengan atlit perempuan karena kaum laki-laki tidak memiliki tingkat kelenturan tubuh sebagus perempuan. Lekukan-lekukan gerak tubuh memperindah setiap unsur gerakan yang dibarengi dengan ketepatan irama.

  1. Ketepatan

Unsur ketepatan gerak dengan ketukan irama akan menghasilkan keindahan dalam senam ritmik. Pola langkah dan pola tempat harus disesuaikan dengan pola irama agar menyatu. Hal ini kan menjadi lebih sulit apabila gerakan dilengkapi dengan alat penunjang.

Dibutuhkan konsentrasi dan ketrampilan khusus untuk dapat menyesuaikan semua elemen dalam melakuakn gerak senam ritmik. Ketukan irama yang tidak sesuai dengan pola langkah, menjadikan senam ritmik kurang memiliki nilai estetika.

Perhitungan yang sesuai antara semua elemen menjadi hal tersulit dalam mengkombinasikan semua unsur gerakan. Salah satu gerakan dengan menggunakan alat adalah gerakan melempar dan menangkap. Gerakan melempar dan menangkap juga harus disesuaikan dengan ketepatan irama agar terwujud keberhasialn gerakan.

  1. Kekuatan

Unsur latihan kekuatan dalam melakukan senam ritmik juga harus diperhatikan. Kekuatan gerak kaki, kekuatan tangan, kekuatan dalam melempar serta menangkap alat harus seimbang. Kekuatan menjadi pondasi penting bagi seornag atlit untuk melakukan gerakan dalam senam ritmik. Tanpa memiliki kekuatan, akan sulit bagi atlet untuk menjaga keseimbangan gerak.

Unsur kekuatan menajdi penunjang dlaam melakuakn gerakan rumit serta gerakan yang sulit agar tidak menimbulkan kegagalan dalam gerakan. Baik gerakan lambat maupun gerakan cepat sama-sama membutuhkan tingkat kekuatan yang sama.

  1. Keseimbangan

Sejalan dengan unsur kekuatan, unsure keseimbangan juga menjadi pondasi dasar dalam melakuakn gerak senam ritmik. Setiap gerakan membutuhkan tingkat keseimbanga yang tinggi agar mampu menyusun gerakan demi gerakan.

Unsur keseimbanag tergantung pada kekuatan. Kemampuan menyeimbangkan tubuh dalam melakuakn gerak sangat penting dilakukan, menginagt bahwa gerak senam ritmik kental dengan gerak akrobatik. Gerakan gerakan sulit yang biasanya membutuhkan tingkat keseimbanag tinggi antara lain: berputar dengan menggunakan satu kaki, menagkap bola atau pta panjang dengan berputar, dan lain sebagainya.

  1. Keluwesan

Keluwesan gerak dari seorang atlet menjadi wujud tingkat kemahiran yang dimiliki. Kemahiran ini dapat diperoleh dengan latian secara rutin untuk mengenal dan mendalami gerakan-gerakan yang dilakukan.

Keluwesan gerak biasanya diperlukan oleh seorang atlet untuk memodivikasi gerak. Memadukan gerakan-gerakan yang seirama serta memiliki kepaduan pola lantai dalam gerak. Luwes dalam hal ini bukan saja hanya tentang keluwesan tubuh ketika melakukan gerak, tetapi juga keluwesan dalam memadupadankan gerak sesuai irama serta respon spontan yang dari atlet terhadap hal-hal tak terduga yang terjadi ketika melakukan pertunjukan.

  1. Fleksibilitas

Fleksibilas hampir sama dengan keluwesan, namun unsur fleksibilitas memiliki cakupan yang lebih luas. Fleksibilitas  diartikan sebagai kemampuan atlet dalam mengolah rasa dan raga dalam gerak. Menentukan cara bagaiman aagar gerak yang dibawakan terasa hidup dan memiliki makna dalam setiap gerak.

  1. Kekompakan

Kekompakan harus ada dalam petunjukan senam ritmik secara berkelompok. Kekompakan dalam hal ini melibatkan kekompakan atlet yang terlibat serta kekompakan seluruh unsure dan elemen gerak. Dalam pertunjukan senam ritmik yang bersifat individu, kekompakan diartikan sebagai kerja sama yang apik antara atlet dengan unsure gerak dan iramanya.

  1. Kelincahan

Melakukan gerakan senam ritmik diperlukan latihan kelincahan tubuh untuk membangun pola lantai yang beragam dan bervariasi. Setiap gerakan yang dilakukan harus dibarengi dengan kekuatan tubuh.

Lincah diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan dengan energik dan penuh tenaga. unsure kelincahan juga menjadi unsur dasar dalam gerak pada senam ritmik. Gerakan yang lincah dan energik membuat penonton bersemangat dan antusias dalam mengamati setiap gerak.

Itulah tadi artikel yang bisa kami tulisan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan ragam unsur yang ada di dalam senam ritmik/irama. Semoga bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca yang sedang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *