Tujuan Bermain Olahraga Sepak Bola Yang Harus Diketahui

Diposting pada

Tujuan Sepak Bola

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga sepak bola. Dimana arti olahraga ini sendiri sangat populer, lantaran banyak digemari oleh semua usia dari berbagai kalangan. Tetapi yang pasti, biasanya tujuan melakukan permainan sepak bola sangat bergam.

Mulai dari terdapatnya peraturan sederhana, mini, sampai pada memasukan bola kedalam gawang lawan yang dijaga oleh kipper.

Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu jenis permainan bola besar menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang mana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain dan beberapa pemain dimaksukan dalam pemain cadangan. Adapun untuk bola yang digunakan dalam olahraga ini umumya terbiat dari bahan kulit.

Disisi lain, khusus di Indonesia sendiri hampir setiap daerah memiliki tim sepak bola mereka masing-masing. Pecinta sepak bola saat ini tidak hanya dari kalangan laki-laki saja. Banyak kaum perempuan yang gemar melakukan olahraga sepak bola. Bahkan banyak tim-tim sepak bola perempuan yang mulai bermunculan.

Oleh karena itulah eksistensi sepak bola sebagai salah satu arti permainan bola besar tidak diragukan lagi keberadaannya di dunia. Bahkan olimpiade piala dunia menjadi ajang sepak bola terbesar untuk seluruh pecinta sepak bola. Sepak bola yang awalnya berasal dari tiongkok tepatnya pada masa dinasti hang, kini sudah menjadi olahraga dunia.

Tujuan Sepak Bola

Beberapa tujuan melakukan olahraga sepak bola antara lain:

  1. Mencetak gol

Tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Semakin banyak gol yang didapatkan akan semakin banyak ula skor yang didapatkan. Tidak semua tim dapat membobol gawang lawang.

Memasukan bola ke gawang lawan harus dengan tekni dan strategi yang telah disusun dengan baik. Dalam suatu tim sepak bola terdapat pelatih yang tugasnya melatih para pemain. Pelatih membantu menyusun strategi bagaimana cara memasukan bola ke gawang lawan.

Bola yang dimasukan ke gawang lawan dianggap sah menjadi sebuah gol apabila pemain tidak melakukan pelanggaran ketika mencetak gol. Banyak terjadi kasus tim yang mencetak gol tidak mendapatkan point karena kesalahan ketika memasukan bola, seperti pemain berada dalam posisi offside.

  1. Menahan bola

Tujuan permainan bola besar khususnya sepak bola yang selanjutnya adalah menahan bola dari serangan lawan agar bola tidak bisa masuk ke gawang. Sama seperti mencetak gol, menahan bola juga diperlukan teknik dan strategi khusus. Pemain harus memiliki pola dan kemampuan pertahanan yang kuat dalam menjaga daerah permainannya.

Selain itu, peran penjaga gawang sangat peting dalam hal ini. Penjaga gawang memiliki tugas untuk menjaga agar bola tidak masuk ke gawang. Diperlukan kombinasi permainan yang baik antara pemain dan penjaga gawang.

  1. Merebut bola dari lawan

Tujuan lainnya dari permaian sepak bola adalah merebut bola dari lawan. Bola yang sudah dikuasi oleh lawan biasanya akan susah diambil alih. Tidak jarang dalam permainan sepak bola, pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain dari tim lawan.

Hal tersebut karena pemain berusaha merebut bola dari lawan. Pelanggaran yang dilakukan dapat berupa pelanggaran ringan dan pelanggaran berat. Tidak jarang, pelanggaran yang terjadi berdampak pada keributan antara pemain lainnya. Rasa lelah yang menyebabkan emosi tinggi membuat pemain seringkal tersulut emosi.

  1. Meningktakan kesehatan

Melakukan olahraga sepak bola juga memiliki tujuan untuk meninngkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa melakukan olahraga memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Permainan sepakbola diluar pertandingan resmi biasnya dilakukan hanya untuk berolahraga meningkatan kesehatan dan membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat. Permaian sepak bola dengan tujuan untuk berolahraga/meningkatkan kesehatan biasnya bersifat lebih santai.

  1. Melatih Kekompakan

Melatih kekompakan menjadi salah satu tujuan melakukan olahraga sepak bola. melatih kekompakan dalam permainan sepak bola seringnkali kita jumpai dalam pertandingan laga persahabatan.

Tujuan utama sepak bola dalam laga persahabatan bukan untuk mencapai gol sebanyak-banyaknya, tetapi untuk melatih dan membangun kekompakan tim serta melatih dan mengukur seberapa jauh kemampaun diri dalam bermain sepak bola.

  1. Meningkatkan ketrampilan atletik

Selain untuk menyehatkan tubuh, ternyata melakukan olahrag asepak bola juga memiliki tujuan untuk meningkakan ketrampilan atletik. Latiahan dan pemanasan dalam permaian sepak bola menakup seluruh cabang olahraga atletik, seperti lari, lempar, lompat.

  1. Menangkap bola

Tujuan selanjutnya dari permainan sepak bola adalah untuk menangkap bola. Hal ini hanya bisa dilakuakn oleh penjaga gawang. Penjaga gawang bileh menggunaka seluruh tubuh untuk menyentuh bola. Hal tersebut karena penjaga gawnag bertugas menjaga gawang agar tidak ada bola dari hasil tendangan lawan yang masuk ke gawang.

  1. Mengembangkan bakat

Tujuan permaianan sepak bola adalah untuk mengembangkan bakat. Bakat atletik yang dimiliki membuat seseorang memiliki peluang lebih untuk menjadi atlet sepak bola. Semakin diasah, bakat akan semakin berkembang. Semakin sering berlatih sepak bola, kemampuan yang dimiliki pun akan meningkat

  1. Melakukan tendangan dengan benar

Tujuan lainnya dari permainan sepak bola adalah melakukan tendangan dengan benar. Tendangan yang benar adalah tendangan yang sesuai teknik dan tepat sasaran. Teknik Melakukan tendangan dengan benar tidak hanya ditentukan ketka menendang bola, tetapi juga meliputi faktor lain seperti sikap tubuh, posisi kaki kanan dan kai kiri, poisi tangan, tmpuan kaki, dan lain sebagainya.

Untuk mencapai sasaran yang akan dituju, melakukan tendangan dalam permainan sepak bola juga memerlukan konsentrasi tinggi. Halauan pemain lawan menjadi salah satu hambatan ketika akan menendang bola.

  1. Mencapai kemenangan

Tujuan dalam olahraga sepak bola adalah memperoleh kemenangan. Dalam satu kali turnamen, untuk menentukan tim pemenang biasanya dilakukan beberapa kali pertandingan. Satu tim bisa bermain lebih dari dua kali pertandingan.

  1. Melatih sikap kekompakan

Kekompakan akan terbentuk apabila pemain sering berlatih. Kekompakan berguna untuk meningkatkan mutu permainan, sehingga tidak terjadi kesalahan komunikasi antar pemain. Kekompakan tidak hanya diperlukan ketika berada di lapangan tetapi juga diluar lapangan. Hal tersebut untuk mencegah perselisihan paham antara pemain satu dengan pemain lainnya.

  1. Memperoleh pengakuan

Tidak jarang tujuan sebuah tim sepakbola mengikuti  permainan sepak boal aalah untuk mendapat pengakuan. Pengakuan bisa berua pengakuan akan kehebatan suatu tim atau pengakuan akan adanya tim tersebut. Banyak tim-tim sepak bola baru yang bermunculan.

Tujuan permaianan sepak bola adalah untuk memperkenalkan tim tersebut kepada dunia luar untuk memperoleh dukungan dari erbagai pihak.

  1. Menjadi tim/pemain terbaik

Meskipun dilakukan secara berkelompok, kemampuan dan bakat pemain sepak bola dapat dilihat secara individu. Dalam beberapa pertandingan, tidak hanya pemenang tim dengan skor terbanyak tetapi juga pemain dengan jumlah gol terbanyak.

Hal tersebut tentunya akan menambah smangat dan meningkatkan ketekunan pemian untuk berlatih lebih baik dari sebelumnya.

  1. Mempertahankan posisi

Mempertahankan posisi agar tetap di puncak klasemen menjadi hal wajib bagi semua tim sepak bola. tim yang menduduki puncak klasemen otomatis akan menjadi pemenang pertandingan dalam suatu turnamen. Seperti yang sudah diketahui bersama, olahraga ini dilakukan dengan menedang bola ke gawang. Pemain tidak diperbolehkan untuk menyentuuh bola. Hanya penjaa gawang yang boleh memegang bola.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa setiap cabang olahraga yang dilakukan sudah pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitupun dengan olahraga sepak bola yang memiliki berbagai tujuan baik untuk tubuh ataupun kesehatan.

Akan tetapi yang pasti tujuan utama dari permainan ini ialah semakin tinggi skor yang diperoleh akan semakin besar pula kesempatan tim untuk menang. Permainan dengan jumlah orang banyak ini memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar, seperti menahan tim lawan dengan tindakana kekerasan.

Adapun pelanggaran yang dilakukan akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan apakah pelanggaran berat atau pelangggaran ringan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.