Objek Studi Pendidikan Jasmani (PENJAS)

Diposting pada

Objek Studi Penjas

Selain untuk menjaga kesehatan, pembelajaran olahraga atau dalam dunia sekolah dinamakan pendidikan jasmani (Penjas) juga dianggap sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkana untuk dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi.

Maka dari itulah objek studi pendidikan jasmani sangat baik untuk dipelajari sebagai bekal budaya hidup sehat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani (penjas) adalah pembelajaran yang masuk dalam suatu mata pelajaran yang wajib disampaikan kepada peserta didik dimana didalamnya bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat, pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis.

Sehingga dalam hal inilah pendidikan jasmani akan senantiasa mengajarkan banyak hal mengenai kesehatan maupun hal lainnya melalui gerak insani, aktivitas otot-otot, dan kegiatan olahraga.

Objek Studi Pendidikan Jasmani

Berikut dibawah ini yang termasuk objek studi pendidikan jasmani, antara lain;

  1. Aktivitas jasmani dan olahraga

Objek studi pembelajaran dalam pendidikan jasmani biasanya meliputi aktivitas jasmani dan olahraga ini pada umumnya berfokus pada kegiatan yang dilakukan setiap orang.

Tentunya kegiatan ini bukan hanya perkara gerak tubuh saja melainkan aktivitas olahraga yang bisa membuat setiap orang memperoleh banyak manfaat. Selain itu objek studi ini juga mengajarkan kepada setiap individu mengenai aktivitas olaharga yang bisa dilakukan dengan teknik atau metode yang benar.

  1. Masalah belajar

Masalah belajar yang menjadi objek studi pendidikan jasmani ini artinya yaitu bahwa setiap orang umumnya akan menemukan berbagai masalah atau hambatan disetiap latihan olahraga yang dilakukan.

Maka dari itu tidak heran jika mereka akan menemukan masalah belajar dalam pendidikan jasmani, dan fungsi dari pendidikan disinilah yang akan memberikan gambaran atau cara-cara khusus untuk berlatih sedikit demi sedikit agar setiap individu bisa melakukan aktivitas olahraga secara lebih baik lagi.

  1. Latihan

Berbagai jenis latihan pada umumnya dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan bisa menguasai kegiatan yang selama ini dilakukannya. Objek studi pembelajaran penjas ini juga mempelajari teknik dasar dari berbagai bentuk latihan yang diajarkan.

Umum latihan itu sendiri seperti adanya latihan kekuatan, latihan kecepatan, latihan ketangkasan, sampai pada prinsip latihan kelentukan.

  1. Pembelajaran

Pembelajaran menjadi objek studi pendidikan jammani yang menjadi proses interaksi untuk dilakukan guna mentransfer ilmu agar bisa memperoleh hasil yang nyata. Pembelajaran ini meliputi banyak hal yang khususnya berkaitan dengan pendidikan jasmani.

  1. Fenomena gerak manusia

Objek studi yang berkaitan dengan fenomena gerak manusia merupakan proses atau macam-macam gerak yang dapat dipelajari dan dipraktekan secara langsung pada kegiatan olahraga. Tujuannya agar dalam pendidikan jasmani terdapat lebih banyak lagi pembelajaran gerak yang bisa dipelajari atau dilatihkan kepada banyak orang.

  1. Perilaku gerak insani yang diperagakan dalam adegan bermain

Perilaku gerak insane yang diperagakan dengan cara bermain ini termasuk objek studi pendidikan jasmani. Umumnya dalam gerakan ini terlihat akan lebih asyik karena tidak menekankan hal-hal yang berat. Justru kegiatan bermain bisa dimasukan secara langsung.

  1. Tingkah laku

Objek studi tingkah laku ini berhubungan dengan karakter setiap individu dalam menjalankan kehidupan apakah sudah sesuai dengan ajaran pendidikan jasmani yang sebenarnya atau belum, salah satu diantaranya yaitu menjaga kesehatan dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan  dapatlag dikatakan bahwa objek studi pendidikan jasmani merupakan hal yang berhubungan erat dengan apa yang hendak dipelajari dari kegiatan jasmani itu sendiri. Sehingga dalam hal ini pendidikan jasmani adalah kegiatan belajar yang didalamnya meliputi pelajaran gerak yang harus dilakukan setiap individu dengan ciri dari pendidikan jasmani itu sendiri yaitu setiap gerakan dilakukan dalam pelaksanaan, aktivitas jasmani, bermain dan olahraga.

Pendidikan jasmani juga terdiri dari berbagai macam kegiatan jasmani manusiawi yang terpilih sehingga dilaksanakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan objek studi pembelajaran dalam Penjas (Pendidikan Jasmani) yang dilakukan dalam semua tingkatan pendidikan. Semoga memberikan edukasi bagi siapapun yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *