Tujuan dan Manfaat Pencak Silat

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Pencak Silat

Istilah pencak silat merupakan kata yang tidak asing lagi diengar banyak orang. Apalagi untuk masyarakat daerah Jawa, maka pencak silat adalah kata yang umum digunakan untuk arti olahraga bela diri. Berbicara mengenai kata pencak silat, pada umumnya istilah ini terdiri dari dua kata yaitu pencak dan silat.

Kata pencak ini biasakerapkali diucapkan atau digunakan oleh masyarakat Pulau Jawa, Madura, dan Bali. Sedangkan kata silat lebih sering dipakai oleh masyarakat di wilayah Indonesia lainnya maupun di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand (bagian Selatan), serta Filipina. Selanjutnya, dua kata tersebut digabung menjadi satu kesatuan untuk membentuk seni bela diri dan terbentuklah suatu organisasi persatuan dan perguruan pencak dan perguruan silat di Indonesia yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tahun 1948 di Surakarta.

Pencak Silat

Istilah silat lebih dikenal secara luas di Asia Tenggara, namun untuk, di wilayah Indonesia istilah yang lebih sering dipakai ialah pencak silat. Pencak silat ini digunakan untuk mempersatukan berbagai aliran seni bela diri tradisional yang semakin berkembang pesat di Indonesia.

Perlu anda ketahui perbedaan dan ciri khas dari kata pencak dan silat yaitu pencak lebih menonjolkan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan. Sedangkan silat mengedepakan inti ajaran bela diri dalam pertarungan.

Oleh karena itulah pencak silat termasuk salah satu bentuk olahraga di Indonesia yang memang baik dan bermanfaat bagi setiap orang yang belajar mengenai pencak silat itu sendiri. Dalam dunia internasional Pencak Silat menjadi istilah resmi setelah dibentuknya Organisasi Federatif Internasional yang diberi nama Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (PERSILAT) di Jakarta tepat pada tahun 1980.

Tujuan Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni bela diri yang mempunyai tujuan beragam diantara sebagai berikut;

  1. Pengembangan Pendidikan Mental-Spiritual

Pencak silat memiliki tujuan untuk pengembangan pendidikan mental-spiritual. Melalui tujuan tersebut maka pencak silat berfokus untuk mewujudkan budi pekerti luhur untuk setiap individu yang berlatih pencak silat itu sendiri.

Selain itu pencak silat juga mengajarkan individu untuk selalu mengenal dirinya sendiri sebagai makhluk yang percaya terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh karena itu pencak silat bukan hanya melatih mental saja namun juga berkaitan dengan spiritual seseorang mulai dari watak luhur, kepribadian, karakter, sikap ksatria, percaya diri, serta takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.

  1. Pengembangan Aspek Bela Diri

Pencak silat bertujuan pula untuk pengembangan aspek bela diri yang mana didalamnya berkaitan dengan pengembangan keterampilan, sikap, kepribadian, serta rasa kebangsaan. Dari berbagai aspek tersebut memang diperlukan ilmu bela diri pencak silat agar para pengikutnya bisa membentuk dirinya sebagai manusia secara utuh baik jasmani dan rohani.

Pengembangan aspek bela diri ini bisa meliputi berbagai hal antara lain meningkatkan efektifitas serta keterampilan dalam hal bela diri untuk menjaga keselamatan serta harga diri baik bagi para pengikutnya, meningkatkan sikap tanggap, cermat, serta peka dalam menanggapi berbagai hal yang sedang dihadapi dan lain sebagainya.

  1. Pengembangan Seni

Pencak silat sebagai pengembangan seni maksudya yaitu untuk meningkatkan nilai-nilai kebudayaan yang ada dalam suatu daerah. Pengembangan seni ini juga bertujuan untuk pengembangan keterampilan dalam gerak yang serasi, unik, serta menarik atas dasar rasa cintanya pada budaya bangsa.

Selain itu pengembagan seni juga memuat beberapa hal antara lain seperti mengurangi pengaruh budaya asing berdampak negatif, mendorong sikap individu untuk memfilter segala budaya dari luar dan berfungsi untuk melakukan pembangunan budaya suatu bangsa.

  1. Pengembangan Olahraga

Pencak silat pada dasarnya memang berkaitan dengan ruang lingkup pendidikan olahraga. Maka dari itu pencak silat juga dianggap sebagai pengembangan olahraga dimana gerakan -gerakan efektif pencak silat bertujuan juga untuk mengembangkan kesehatan jasmani maupun rohani.

Latihan pencak silat bermaksud pula untuk mendayagunakan otot-otot tubuh sehingga kesehatan dan kekuatan bisa lebih terjaga dengan baik. Pengembangan olahraga dalam pencak silat ini meliputi beberapa hal yaitu meningkatkan sifat sportivitas bagi para pengikutnya dan memberikan semangat yang lebih tinggi untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil dan kuat.

  1. Pengembangan Pendidikan

Pencak silat bertujuan pula untuk pengembangan pendidikan yang meliputi berbagai hal antara lain meningkatkan pengetahuan yang lebih dalam. Peningkatan pengetahuan ini berupa ilmu-ilmu baru dalam dunia persilatan mulai dari gerakan dan ilmu lain yang ada didalamnya.

Sehingga pengembangan pendidikan disini bermaksud untuk melakukan pembentukan sikap yang lebih positif dan efektif sekaligus sebagai bentuk upaya penyesuaian terhadap lingkungan sekitarnya.

  1. Wadah penyaluran hobi

Tujuan pencak silat yang berikutnya yaitu wadah penyaluran hobi. Ada beberapa orang yang pada dasarnya sudah menyukai seni bela diri, maka dari itu dengan adanya organisasi pencak silat ini bisa membantu anda untuk menyalurkan hobi secara langsung.

Karena itulah, pencak silat bisa dijadikan sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan hobinya yang nantinya berbentuk komunitas dan akan diadakan sebuah acara kumpul minimal sebulan sekali.

  1. Membentuk jiwa ksatria

Jiwa ksatria adalah jiwa keberanian yang tinggi untuk menghadapi berbagai kondisi. Pencak silat ini juga bisa membantu individu melakukan pembentukan karakter seseorang agar terjadinya mental yang kuat sehingga individu juga bisa menjadi seseorang yang berjiwa ksatria.

Melalui pencak silat ini seseorang bisa memahami apa tujuan dari pencak silat yang sebenarnya sehingga menjadi orang yang suka menolong dan berjiwa baik serta mampu menempatkan dirinya pada posisi yang benar.

Manfaat Pencak Silat

Pencak silat bukan hanya mempunyai tujuan saja, namun ada beberapa manfaat pencak silat yang bisa diambil. Antara lain;

  1. Memupuk keberanian

Keberanian merupakan salah satu sifat yang perlu dimiliki setiap individu. Karena dengan keberanian maka seseorang dapat melakukan apa yang mereka mau dengan catatan bahwa hal dilakukan adalah benar. Pencak silat ini termasuk salah satu bentuk latihan olahraga yang bisa memupuk keberanian.

Alasannya dalam olahraga ini seseorang diajarka untuk bisa melindungi dirinya dari gangguan yang bisa membahayakan dirinya sendiri maupun membantu orang lain. sehingga secara tidak langsung pencak silat sangat bermanfaat untuk memupuk keberanian dalam diri seseorang.

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri juga semakin tinggi dan terlihat menonjol dengan melakukan latihan pencak silat ini. Karena setiap individu akan diberi kesempatan untuk berlatih hingga bisa melakukan setiap gerakan yang diajarkan. Sehingga secara tidak langsung tiap orang akan lebih merasa percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki sendiri.

  1. Menumbuhkan kedisiplinan

Berlatih pencak silat bermanfaat pula untuk menumbuhkan kedisplinan dalam diri seseorang. Setiap latihan pencak sil,at ini harus menyesuaikan jadwal latihan secara tepat. Sehingga setiap individu merasa memiliki tanggung jawab yang besar dan harus bisa dihandle dengan dirinya sendiri.

  1. Menurunkan berat badan

Pencak silat juga memberikan kemudahan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Pada olahraga yang satu ini akan diajarkan banyak gerakan yang pastinya membutuhkan banyak kekuatan dari dalam tubuh.

Hal itu juga berpengaruh secara langsung kepada organ tubuh yang lebih berfungsi dengan baik dan mampu membakar lemak dalam tubuh itu sendiri akibat terjadinya berbagai gerakan yang dilakukan setiap anggota badan. Sehingga berat badan bisa menjadi berkurang atau turun dengan lebih cepat.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Pencak silat diangap mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh karena setiap gerakannya dapat menekankan jantung. Maka dari itu tidak heran jika kesehatan jantung dapat lebih terjaga dengan baik melalui seni bela diri ini.

  1. Meningkatkan prestasi

Pencak silat bermanfaat bagi individu yang ingin memperoleh prestasi, karena dengan seni bela diri tersebut setiap orang berkesempatan besat untuk mengikuti pertandingan olahraga pencak silat dan membawa keberhasilan. Bahkan dalam SEA Games secara resmi Pencak Silat menjadi olahraga yang dipertandingkan.

  1. Meningkatkan kebiasaan hidup sehat melalui olahraga pencak silat

Pencak silat bukan hanya mengajarkan masalah mental, namun juga budaya hidup yang sehat. Seperti untuk ters menerus latihan kekuatan, latihan kecepatan, latihan kelentukan, maupun keseimbangan badan. Apalagi jika sebelum melakukan pertandingan atau latihan haruspula setiap orang melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

  1. Meningkatkan ketangguhan atau keuletan

Manfaat ini artinya yaitu dengan pencak silat seseorang bisa memiliki rasa ketangguhan maupun keuletan yang lebih tinggi. Hal ini di karenakan setiap diri individu tersebut sudah terlatih baik secara jasmani maupun dalam kerohaniannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bawha pencak silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal asli dari Indonesia. Seni bela diri ini kemudian meluas keberbagai daerah bahkan mancanegara seperti di negara – negara Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand. Pengertian lain dari pencak silat yaitu olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. Setiap kosentrasi yang dibutuhkan pada pencak silat tersebut dipengaruhi oleh yang namanya kebudayaan.

Maka dari itu jangan heran setiap tiap daerah akan memiliki ciri khas dan aliran pencak silat tersendiri. Misalkan seperti pencak silat dari daerah Jawa Barat yang terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong. Daerah Jawa Tengah terkenal dengan aliran Merpati Putih. Sedangkan di Jawa Timur dengan aliran Perisai Diri.

Berdasarkan hal tersebut maka penulis menyimpukan bahwa pengertian pencak silat adalah seni bela diri yang menggabungkan antara seni dan ajaran bela diri sebagai salah satu bentuk latihan untuk menjaga individu agar bisa menempatkan dirinya dengan baik pada kondisi apapun.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi manfaat untuk melakukan olahraga pencak silat bagi tumbuh. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *