Jenis Permainan Billiard dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Permainan Billiard

Permainan billiard mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Dimana arti olahraga ini seringkali dimainkan para pemuda/i untuk mengisi waktu luang mereka. Akan tetapi yang pasti, bagi kalian yang belum tahu tentang permainan billiard, artikel ini akan menjelaskan jenis permainan billiard.

Alasannya karena olahraga billiard sendiri menjadi salah satu permainan bola kecil yang banyak diminati oleh khalayak pada umumnya.

Billiard

Banyak yang mengenal billiard sebagai salah satu jenis permainan. Tapi tahukah kamu, Arti billiard ini juga masuk dalam cabang olahraga. Dalam bahasa Indonesia, billiard disebut juga dengan bola sodok. Dinamakan demikian karena permainan ini dilakukan dengan menyodok bola menggunakan tongkat yang dilakukan diatas papan billiard.

Jenis permainan ini masuk dalam turnamen olahraga nasional hingga internasional. Bagi masyarakat umum, olahraga ini memang kurang popular dibadingkan dengan cabang olahraga-olahraga lainnya seperti olahraga lompat, atletik, akuatik, dan lain sebagainya.

Jenis Permainan Billiard

Adapun untuk macam-macam permainan billiard antara lain sebagai berikut;

  1. Permainan 8 bola

Jenis permainan billiard yang pertama adalah jenis permainan model 8 bola. Permainan jenis ini umum digunakan oleh masyarakat umum. Dalam permainan model 8 bola, harus ada dua tim yang memainkannya. Setiap tim harus memasukan masing-maisng 7 bola kedalam lubang, yaitu bola nomor 1 sampai dengan 7 atau disbeut dengan bola solid untuk tim pertama, dan bola dengan nomor 9 sampai dengan 15 atau dissebut dengan bola stripes untuk tim kedua.

Apabila salah satu tim atau kedua tim sudah berhasil memasukan ketujuh bola tersebut, tersisa bola nomor 8. Siapa yang memasukan bola nomor 8 terlebih dahulu dialah tim yang akan menjadi pemenang.

  1. Permainan 9 bola

Sesuai dengan namanya, permainan billiard jenis 9 bola menggunakan bola berjumlah 9 yang disusun diatas meja billiard. Kedua pemain harus memasukan bola secara berurutan dari nomor 1 hingga nomor 8. Apabila pukulan pertama mengani bola selain bola nomor 1, pukulan tersebut dianggap sebagai foul.

Pemain yang berhasil memasukna bola nomor 9 terlebih dahulu dialah yang dianggap sebagai pemenang. Dalam permaianan billiard 9 bola biasanya menggunakan ukuran meja 7,8,9 kaki. Sedangkan untuk profesional lazimnya menggunkan meja dengan ukuran 9 kaki.

  1. Permainan one pocket

Permianan billiard 15 bola sering disebut juga dengan permainan one pocket. Disebut dengan permainan one pocket karena sebelum melakukan permainan kamu sudah menentukan lubang mana yang akan menjadi tempatmu memasukan bola.

Hampir sama seperti permainan billiard 8 bola. Setiap pemain harus memasukan 8 bola ke dalamm lubang meja. Ketika kamu memasukan bola ke dalam lubang lawan, poin akan diberikan kepada lawan dan menjadi keuntungan lawan. Ketika kamu salah memasukan bola yang bukan menjadi targetmu, bola tersebt akan dikembalikan lagi ke meja billiard.

Ketika memainkannya kamu harus fokus dengan bola yang menjadi targetmu dan memasukannya kedalam lubang yang sudah kamu pilih. Salah taktik bisa saja kamu menguntungkan lawanmu.

  1. English Billiard

Model permainan English billiard pada hakekatnya sama seperti model permainan dalam tujuan dan manfaat billiard lainnya. Hanya saja yang perlu dipahami meja yang digunakan lebih besar dibandingkan dengan jenis permainan billiard lainnya.

  1. Bola pembunuh

Jenis permainan billiard bola pembunuh sedikit berbeda dengan permainan billiard lainnya. para pemain hanya diperbolehkan untuk memukul bola satu kali. Untuk dapat memenangkan pertandingan, pemain harus memasukan bola dalam sekali pukulan. Apabila gagal hingga tiga kali dan masih terdapat bola diatas meja. Pemain dianggap kalah

  1. Permainan pola cutthroat

Jenis permainan billiard ini dilakukan oleh tiga pemain. Jumlah bola diatas meja sebanyak 15 bola yang dibagi menjadi tiga kelompok bola sesuai jumlah pemain. kelompok bola pertama yaitu bola nomor 1 sampai dengan 5, kelompok bola kedua yaitu bola nomor 6 sampai dengan 10, dan kelompok bola ketiga yaitu bola dengan nomor 11 hingga 15.

Pemain yang berhasil menyapu bersih kelompok bola miliknya, boleh memukul kelompok bola milik lawan mainnya. Hal tersebut membuat lawan mainnya tereliminasi. Dalam permainan ini, biasanya para pemain akan berusaha mengeliminasi kedua lawannya untuk menjadi pemenang dalam permainan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan macam-macam permainan billiard beserta dengan penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *