Manfaat Roll Depan dan Roll Belakang

Diposting pada

Manfaat Roll Depan dan Roll Belakang

Pada dasarnya setiap kegiatan olahraga, khususnya dalam gerakan roll depan dan roll belakang selalu menjadi salah satu ruang lingkup pendidikan jasmani yang dipelajari di sekolah.

Tetapi yang pasti, jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat, salah satu diantaranya ialah untuk kebugaran jasmani dan kesehatan bagi tubuh, meskipun demikian diperlukan serangkaian latihan agar nantinya mampu untuk melakukan gerakan roll depan dan roll belakang yang baik dan benar.

Roll Depan dan Roll Belakang

Agar lebih jelas. Berikut ini arti roll depan dan roll belakang. Antara lain;

  1. Roll Depan

Olahraga rol depan sering disebut juga dengan olahraga guling depan. Bagi sebagian orang olahraga ini dikategorikan olahraga yang mudah untuk dilakukan. Namun bagi sebagian lainnya, olahraga ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan.

Untuk menghindari cedera, olahraga ini biasanya dilakukan diatas matras. Apabila tidak memiliki matras, kamu dapat menggunkan media pasir sebagai alas. permukaan yang keras membuat pinggang dan kepala terasa sakit setelah melakukan roll depan.

Roll depan atau guling depan secara umum tidak memiliki teknik yang sulit. Tubuh hanya perlu rileks ketika melakukan roll depan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis sebelum melakukan olahraga ini agar otot punggung tidak terkilir.

  1. Roll Belakang

Kebalikan dari roll depan, roll belakang biasa disebut dengan guling ke belakang. Gerakan ini mungkin akan lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan roll depan. Mungkin akan sulit dlakukan apabila kalian tidak terbiasa melakukannya.

Sama seperti roll depan, melakukan arti olahraga roll depan membutuhkan alas yang tidak keras untuk menghindari cedera pada tubuh. Jika ingin berlatih tapi masih merasa kesulitan kamu bisa meminta temanmu untuk membantumu melakuka gerakan roll belakang.

Biasanya gerakan roll belakang dilakukan satu paket dengan olahraga roll depan. Gerakan yag dilakukan sebenarnya sama. Bedanya hanya posisi guling ke depan dan ke belakang.

Manfaat Roll Depan dan Roll Belakang

Sedangkan untuk fungsi melakukan guling depan dan guling belakang. Antara lain;

  1. Membakar kalori

Melakukan semua kegiatan olahraga membantu membakar kalori dalam tubuh. Gerakan roll depan dan roll belakang mampu membakar keringat dalam tubuh meskipun tidak sebanyak olahraga lainnya yang lebih berat.

Semakin berkurangnya kalori dalam tubuh membantu kamu membentuk tubuh yang ideal. Kalori yang dibakar melalui olahraga akan diubah menjadi keringat. Ciri-ciri orang yang memiliki banyak kalori dalam  tubuh biasanya akan lebih mudah mengeluarkan kalori ketika ia melakukan gerakan.

  1. Meningkatkan kelentukan

Latihan kelentukan tubuh diperlukan dalam kehidupan sehari-hari khusunya ketika kamu melakukan gerakan-gerakan pada ruang yang terbatas. Kamu harus bisa menyesuaikan posisi tubuh dengan posisi ruang yang sempit. Kemampuan ini dapat dilatih dengan rajin melakukan olahraga roll depan dan roll belakang. Prosesnya memang cukup lama untuk mendapatkan kelentukan tubuh dengan melakukan roll depan dan roll belakang.

Seperti saat melakukan olahraga pada umumnya, melakukan olahraga ini dapat meningkatkan kelentukan apabila dilakukan dengan rutin. melakukan olahraga ini juga diusahakan jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan cedera pada punggung.

  1. Meningkatkan kemampuan otot

Kemampuan otot akan meningkat ketika otot dibiasakan untuk melakukan gerakan-gerakan yang membuat otot aktiv bergerak. Melakukan roll depan dan roll belakanag membantu meningkatkan otot, khususnya otot bagian perut dan punggung.

Gerakan roll depan dan roll belakang akan membantu meningkatkan kemampuan otot-otot bagian punggung. Hal tersebut akan menguntungkan kamu ketika kamu membawa beban berat di punggung, misalnya ketika kamu membawa beras di punggunng atau beban lain yang berat.

Kekuatan otot bagian perut juga akan mengalami peningkatan ketika kamu melakukan olahraga roll depan dan roll belakang. Bagi wanita, melakukan gerakan roll depan dan roll belakang akan sedikit membantu mengurangi rasa nyeri ketika haid.

  1. Melatih koordinasi bilateral

Koordinasi bilateral yaitu kemampuan tubuh melakukan kegiatan/pekerjaan secara bersamaan. Olahraga roll depan dan roll belakang dapat membantu melatih koordinasi bilateral tubuh. Ketika melakukan roll depan dan roll belakang tubuh akan bersama-sama melakukan gerakan guling depan/belakang dan menjaga koordinasi tubuh agar tetap bertumpu pada martas.

Kemampuan ini juga perlu dilatihkan kepada anak-anak untuk membantu melati hgerak motorik pada anak. biasakn anak untuk berolahraga agar tumbuh kembangya dapat berjalan baik dan kemampuan motoriknya akan terus berkembang seiring pertambahan usia.

  1. Melatih kekuatan sentra tubuh

Kekuatan snetra tubuh berpusat pada otot-otot penggerak tubuh. Semakin meningkat kekuatan tubuh, akan semakin meningkat pula kemampuan koordinasi tubuh. Sentra tubuh akan berkembang apabila melakukan latihan secara terus menerus.

Kekuatan sentra tubuh memungkinkan tubuh untuk memiliki pertahana fisik yang lebih kuat. Selain melalui olahraga roll depan dan roll belakang, melatih kekuata sentra tubuh dapat dilakukan melalui olahraga lainnya seperti bersepeda dan olahraga sit up.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah adalah proses mengalirkan darah ke seluruh tubuh agar tubuh mendapatkan sirkulais oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti pusing, menyebabkan kulit menjadi kering, dan lain sebagainya.

Ketika melakukan olahraga roll depan dan roll belakang tubuh akan mengambil banyak oksigen dan aktiv memindahkannya ke otot-otot. Hal ini akan membuat darah akan memompa jantung kebih kuat. Darah akan teraliri ke seluruh tubuh terutam ake otak.

  1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah keadaan dimana kepadatan tulang akan semakin berkurang hingga menyebabkan tulang menjadi keropos dan rapuh. Melakukan olahraga roll depan dan roll belakang dapat membantu mencegah keropos pada tulang kamu.

Oleh karenanya, kamu perlu melakukan olahraga ini secara rutin. osteoporisi dapat menyerangmu bahkan sejak muda apabila kamu malas untuk bergerak. Tidak ada tand-tanda atau gejala khusus ketika kamu mengalami osteoporosis. Mungkin sekarang tulangmu sudah mulai mengalami keroposan tetapi kamu tidak menyadarinya. Jangan tunggu sampai cedera.

  1. Melatih konsentrasi

Roll belakang dan roll depan akan diperlukan agar kamu tidak salah melakukan sesuatu. konsentrasi dilatih dengan melakukan olahraga roll depan dan roll belakang. Ketika akan melakukan roll depan dan roll belakang, kamu akan fokus bagaimana mengatur badan agar seimbang.

Kamu juga akan berkonsentrasi untuk melakukan gulinngan sesuai posisi matras agar tidak keluar dari matras. Membiasakan gerakan tersebut akan membantu melatih konsentrasi tubuh. Kamu tidak akan mudah kehilangan pusat koordinasimu ketika kamu memiliki konsentrasi yang baik.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk menagkal segala sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Gerakan-gerakan olahraga seperti roll depan dan roll belakang membantu sistem metabolism menyebar ke seluruh tubuh sehingga segala virus dan penyakit dalam tubuh akan mudah hilang.  

  1. Melatih keberanian

Bagi sebagain orang mungkin melakukan olahraga roll depan dan roll belakang sulit dilakuakn. Ketakutan biasanya terjadi karena taku terkilir otot-otot bagian punggung bagian otot atau perut. Jika kamu melakukannya, kamu sudah berani melawan satu rasa ketakutan yang sebenarnya dapat atasi dengan sekali mencoba.

  1. Membantu meningkatkan kemampuan olahraga

Setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda. Sebagain orang mahir dalam bidang olahraga, sebagian orang mahir melakukan seni, dan lain sebagainya. Kemampuan olahraga yang kamu miliki dapat kamu tngkatkan dengan mulai berlatih olahraga-olahraga ringan terlebih dahulu, seperti melakukan olahraga roll depan dan roll belakang.

  1. Melatih keseimbangan

Keseimbangan tubuh diperlukan untuk menopang badan ketika melakukan sesutau. Dalam olahraga roll depan dan roll belakang, keseimbangan diperlukan ketika tangan menopang tubuh pada saat melakukan guling ke depan dan ke belakang.

Pada saat itulah tubuh akan berlatih keseimbangan dengan sendirinya. Keseimbangan tubuh akan terbentuk dengan sendirinya ketika kamu rajin melatih keseimbangan tubuhmu.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung yang sehat mampu memompa darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi pasokan oksigen dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Semakin banyak gerakan tubuh, seperti melakukan olahraga roll depan dan roll belakang membantu menjaga kesehatan jantug.

  1. Membantu merangsan sel pertumbuhan

Sel-sel yang ada dalam pertumbuhan akan terangsan gketika kamu rajin melakukan olahraga seperti roll depan dan roll belakang. Alasannya karena hal ini akan membantu meningkatkan pertumbuha tubuh agar tidak mengalami penyakit stunting.

  1. Melatih kelincahan tubuh

Kelincahan tubuhmu dapat dilatih dengan berolahraga. Latihan kelincahan adalah kemampuan tubuh melakukan sesuatu dalam jangka waktu yang cepat. Tubuh yang lincah memudahkan kamu menyelesaian banyak aktivitas dengan cepat.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebihan menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Kamu juga akan mudah lelah saat melakukan sesutau ketika berat badanmu melebihi batas ideal tubumu. Kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga roll depan dan roll belakang.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan menfaat melakukan roll depan dan roll belakang jika dilakukan secara rutin. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *