Macam Gerakan dalam Loncat Indah

Diposting pada

Jenis Gerakan Loncat Indah

Sejarah olahraga loncat indah pada awalnya mulai dilakukan pertama kali di Negara-negara maju seperti Jerman dan Swedia. Kemudian jenis olahraga modern ini mulai terus berkembang dan semakin meluas ke berbagai negara, termasuk negara Indonesia.

Atlet yang melakukan loncat indah juga memiliki metode masing-masing mulai dari gerakan melayangnya hingga menyelam ke dalam air. Semua gerakan dalam loncat ini bahkan dipertandingkan dalam skala nasional ataupun internasional.

Loncat Indah

Loncat indah adalah salah satu cabang olahraga air yang dilakukan ketika atlet melompat ke arah kolam. Sebagai informasi bahwa dalam olahraga ini para atlet akan menggunakan papan loncat sebagai langkah awal untuk melompat dari ketinggian.

Oleh karena itulah arti olahraga yang satu ini termasuk salah satu cabang olahraga yang cukup diminati banyak penonton karena para atlet mampu menunjukkan keindahan geraknya pada saat melayang dan hal tersebut membuat penonton menjadi terkesima.

Macam Gerakan Loncat Indah

Terdapat beberapa jenis gerakan loncat indah yang cukup masyudr di kalangan perenang. Antara lain;

  1. Loncat duduk

Gerakan loncat duduk pertama-tama dimulai dengan sikap duduk di ujung papan loncat terlebih dulu dengan posisi badan menghadap ke dalam air. Perhatikan bahwa untuk bagian persendian lututnya harus tepat diposisikan ke ujung papan sehingga tungkai pada bagian bawahnya akan menggantung.

Kemudian, posisikan kedua tangan agar lurus ke atas kepala diikuti dengan ayunan tangan ke arah depan bersamaan dengan badan dan tangan yang juga mengguling ke muka sehingga tangan akan terlihat lebih tiba lebih dulu ke air.

  1. Loncat Berbaring

Loncat berbaring dapat diawali dengan posisi telentang dengan kepala melewati ujung pada papan loncatnya. Perhatikan pula bahwa ujung papan harus dipegang, tujuannya agar kedua ibu jari terdapat di atas papan dan juga samping telinga.

Kemudian ayunkan kedua kaki kearah lurus secara kuat lewat kepala dan selanjutnya lakukan gerakan memutar pada sumbu tekuk yang kemudian masuk ke dalam air. Terakhir, bagian tubuh yang pertama kali masuk ke dalam air adalah kaki.

  1. Loncat Lurus

Gerak loncat lurus bisa anda lakukan dengan sikap awal posisi badan berdiri menghadap ke arah air. Selanjutnya, anda dapat memulai gerakan dengan cara mengayunkan lengan ke arah bagian belakang bersamaan dengan kaki ditolak ke atas serta loncat ke arah depan.

Perhatikan pada saat loncatan berlangsung, maka tubuh peloncat tidak diperkenankan untuk tertekuk kepada lutut ataupun paha. Selain itu perlu anda ketahui juga, bahwa bagian  lengan juga harus berada dalam posisi lurus dengan ujung jari setajam mungkin.

  1. Salto ke dalam

Gerakan salto memang menjadi salah satu gerakan yang sering dilakukan dalam loncat indah. Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa salto pada dasarnya adalah gerakan mengguling di udara.

Dalam jenis olahraga loncat indah salto ke dalam ini bisa dilakukan dengan awalan sikap berdiri di atas papan loncat. Kemudian badan mulai melakukan loncatan dan melakakukan gerak salto pada saat mendekati air kolam dan terjun langsung ke dalam air.

  1. Salto melayang ke dalam

Salto melayang ke dalam adalah gerakan mengguling yang dilakukan atlet lonccat indah. Sikap pertama yaitu diawali dengan posisi badan tegak. Selanjutnya atlet dapat mulai melakukan loncatan dan melayangkan tubuhnya pada saat bersamaan lakukan salto atau gerakan mengguling di udara.

  1. Salto depan

Sebagai informasi bahwa sebenarnya gerakan salto itu bisa dilakukan kearah depan maupun belakang. Sedangkan untuk salto depan anda bisa memulainya dengan sikap berdiri diatas papan loncat. Kemudian pada saat anda melakukan loncatan maka anda bisa mulai melakukan salto dengan cara mengguling kea rah depan pada saat mendekati air.

  1. Salto melayang ke depan

Hampir sama dengan salto depan, pada saat anda melakukan loncat indah maka sikap yang awal yang perlu dilakukan pada saat akan memulai salto melayang ke depan adalah sikap berdiri tegak. Setelah itu anda bisa melakukan loncatan sekaligus melakukan salto atau gerakan mengguling kearah depan pada saat posisi masih melayang.

  1. Salto belakang

Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya bahwa gerakan salto bisa dilakukan kearah depan maupun belakang. Pada saat anda melakukan salto belakang maka sikap awal yang perlu dilakukan ialah sikap berdiri tegak di atas papan loncat.

Persipakan badan agar memiliki tenaga yang kuat dengan latihan kekuatan dan latihan kecepatan untuk melakukan salto. Kemudian pada saat anda sudah merasa yakin dapat melakukan loncatan, maka mulailah meloncat dan lakukan salto kea rah belakang menggunakan dorongan tenaga yang kuat agar salto berhasil dilakukan. Setelah itu posisikan tubuh agar dapat terjun ke dalam kolam dengan baik.

  1. Loncatan ke belakang

Awali sikap anda dengan cara membelakangi kolam yang menjadi tempat terjun bagi tubuh anda. Selanjutnya rilekskan tubuh agar bisa melakukan gerakan dengan baik. Kemudian persiapkan badan agar mampu melakukan loncatan belakang dengan baik, pada saat anda sudah merasa siap maka mulailah melakukan loncatan.

Pastikan saat anda sudah meloncat ke belakang dan melayang diudara anda bisa melakukan gerakan yang indah baik dari salto dan lain sebagainya.

  1. Loncatan ke depan

Sama dengan loncatan ke belakang, pada gerakan loncatan ke depan anda dapat mengawalinya dengan sikap berdiri tegak lurus menghadap kolam yang akan menjadi tempat terjun anda. Selanjutnya anda bisa memposisikan lengan kea rah atas atas lurus kedepan sebagai persiapan loncatan.

Ketika tubuh dirasa sudah siap maka lakukan loncatan kearah depan dan pastikan pada saat tubuh berada di udara anda bisa melakukan gerakan-gerakan yang indah pada loncatan tersebut. Tujuannya agar poin yang diperoleh tinggi dan mampu menunjukkan keindahan pada penonton yang sedang melihat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis-jenis gerakan yang ada dalam loncat indah. Semoga memberikan pemahaman untuk semua kalangan yang saat ini sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *