Tujuan Gerakan Pull Up dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Pull Up

Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang yang sangat bermanfaat dalam melakukan pekerjaan sehari-hari agar lebih ringan tanpa merasakan kelelahan yang berlebih. Artinya dengan adanya kebugaran jasmani dalam tubuh hal ini menandakan bahwa seseorang memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Berbicara mengenai kebugaran jasmani, anda pasti setuju bahwa untuk memperoleh kebugaran jasmani itu sendiri diperlukan olahraga yang dilakukan secara rutin. Salah satu olahraga yang sangat membantu anda untuk meningkatkan kebugaran jasmani ialah pull up. Banyak orang yang mungkin sudah mengenal apa itu pull up. Olahraga yang satu ini berkaitan dengan latihan kekuatan tubuh untuk menopang berat badan seseorang itu sendiri.

Pull Up

Olahraga pull up ini termasuk salah satu olahraga yang masuk dalam materi pendidikan jasmani dan sering dipraktekkan oleh siswa maupun individu lainnya. Pull up biasanya menjadi salah satu cara seseorang untuk melatih kekuatan otot tubuh terutama bagian lengan atau tangan.

Oleh karena itulah pull up menjadi salah satu latihan otot punggung atau dengan nama lain lattisimus dorsi, dimana pelaksanaannya dilakukan dengan cara bergantungan pada sebuah palang atau bar besi dan menarik tubuh sampai dagu bisa sejajar (atau sedikit di atas) dengan palang besi tersebut. Kegiatan pull up ini menunjukkan bahwa posisi kaki dapat lurus maupun ditekuk, namun pada umumnya gerakan kaki lebih banyak ditekuk.

Tujuan Pull Up

Untuk tujuan melakukan pull up. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Melatih otot bagian dada dan trisep sehingga tubuh bagian atas akan terbentuk secara proporsional

Olahraga pull up memang terkenal sebagai olahraga yang membentuk maupun menguatkan otot badan, terutama bagian dada dan tisep. Oleh karena itu apabila anda berkeinginan untuk menguatkan otot pada tubuh, pull up bisa menjadi rekomendasi olahraga baik untuk anda lakukan.

  1. Melatih genggaman tangan yang bermanfaat untuk latihan bela diri

Dalam gerakan pull up, genggaman tangan merupakan hal yang paling utama untuk diperhatikan. Karena dengan genggaman tangan tersebut maka gerakan pull up bisa berjalan dengan baik. Melalui latihan genggaman tangan itu pula maka anda bisa sekaligus melatih kemampuan bela diri untuk menghadapi lawan yang coba mencelakakan diri anda dengan cara memegangnya erat.

  1. Menyehatkan jantung karena tubuh bagian atas bergerak bersamaan dengan kerja jantung

Kesehatan jantung pada hakekatnya juga dapat terjaga dengan melakukan olahraga pull up. Alasannya karena dalam olahraga ini ada banyak gerakan yang terjadi dalam tubuh, sehingg hal tersebut membuat kinerja jantung lebih baik lagi.

  1. Gerakan otot tersebut akan membakar lemak dengan efektif terutama bagi anda yang memiliki tubuh atas lebih besar

Pull up merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membakar lemak secara efektif. Karena dalam olahraga ini anda mampu mengeluarkan keringat yang banyak dan bagian tubuh hampir digerakkan semuanya, sehingga lemak yang ada dalam tubuh bisa terbakar dengan lebih mudah.

  1. Akan menambah keseimbangan tubuh dan menstabilkan otot bagian atas

Keseimbangan tubuh pada hakekatnya dapat lebih terlatih melalui kegiatan pull up yang anda lakukan. Tidak hanya itu dengan olahraga ini anda juga dapat menstabilkan otot-otot yang ada dibagian atas agar lebih seimbang lagi. Apalagi jika sebelumnya melakukan dulu pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

Manfaat Pull Up

Berikut dibawah ini yang termasuk fungsi yang menjadi manfaat pull up, antara lain;

  1. Menguatkan otot punggung

Pull up memberikan manfaat berupa penguatan otot punggung. Hal ini dikarenakan olahraga pull up lebih sering berperan pada bagian punggung, sehingga hal ini secara tidak langsung kekuatan otot punggung pun akan lebih meningkat.

Perlu anda ketahui pula bukan hanya otot punggung saja melainkan ada beberapa otot lain yang semakin kuat pula diantaranya yaitu otot trapezius, otot antara bahu dan leher, serta otot disekitar tulang punggung.

  1. Menambah kekuatan pegangan

Kkuatan pegangan juga menjadi salah satu manfaat yang bisa anda rasakan melalui olahraga pull up. Pada umumnya olahraga pull up akan melatih anda untuk melakukan genggaman atau memegang benda dengan kuat, sehingga hal tersebut membuat anda bisa melakukan olahraga lainnya yang membutuhkan kekuatan genggaman dengan lebih optimal.

Bahkan dalam kegiatan sehari-hari olahraga pull up ini bisa membantu anda untuk melakukan aktivitas seperti mengangkat belanjaan dan membuka tutup kaleng.

  1. Menguatkan otot lengan dan bahu

Kekuatan otot pada olahraga pull up memang menjadi manfaat yang paling mudah dirasakan dan diperlihatkan. Kekuatan otot lengan dan bahu juga termasuk otot yang dihasilkan menjadi lebih baik dan kuat setelah melakukan latihan pull up.

  1. Melatih persendian

Perlu anda ketahui bahwa pull up bukan hanya bermanfaat untuk melatih kekuatan otot. Akan tetapi olahraga ini juga bermanfaat untuk melatih persendian. Sehingga anda bisa melakukan berbagai gerakan dengan lebih mudah dalam kegiatan sehari-hari dampak melakukan olahraga pull up itu sendiri.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Latihan pull up menjadi salah satu bentuk olahraga yang bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena dalam olahraga ini tubuh akan menjalani latihan kekuatan, membantu mengurangi lemak di perut dan mengatur kadar gula darah agar tidak terlalu berlebihan.

  1. Meningkatkan kekuatan tubuh dan stamina

Kekuatan tubuh dan stamina juga bisa anda rasakan setelah melakukan olahraga pull secara rutin. Karena pada saat melakukan latihan ini, anda harus mengangkat keseluruhan berat tubuh yang secara tidak langsung dapat pula meningkatkan kekuatan.

Latihan kekuatan ini juga sangat berperan penting dalam perkembangan tulang yang kuat dan sistem kardiovaskular yang sehat.

  1. Baik untuk kesehatan mental

Bukan hanya kesehatan secara fisik, melainkan dalam olahraga pull up ini dapay membantu anda untuk menjaga kesehatan mental. Karena pada kegiatan pull up akan membantu anda untuk mengurangi kelelahan, gejala depresi, dan kecemasan. Sehingga kesehatan mental bisa lebih terjaga dan di stabilkan.

  1. Cepat memanaskan tubuh

Kegiatan pull up pada umumnya sering dilakukan sebagai bentuk pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga yang lain. Maka dari itu tidak heran jika olahraga ini dianggap pula sebagai salah satu jenis olahraga yang cepat untuk memanaskan tubuh.

  1. Mengurangi berat badan

Berat badan berlebih menjadi salah satu hal yang mungkin kurang disukai banyak orang. Maka dari itu banyak orang yang ingin menjaga tubuhnya agar tetap ideal dengan cara diet agar kelebihan berat badan bisa berkurang. Perlu anda tahu bahwa salah satu jenis olahraga yang mampu ,mengurangi berat ialah pull up. Karena olahraga ini mampu dengan mudah membakar lemak dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kemampuan paru-paru

Dalam olahraga pull up anda akan memerlukan energi yang banyak. Sehingga secara otomatis anda juga membutuhkan udara di paru-paru lebih banyak. Oleh karena itu olahraga ini juga dapat membuat meningkatkan kemampuan paru-paru dalam diri anda sebagai salah satu bentuk untuk terciptanya kegiatan pull up yang lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan otot bagian atas

Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya bahwa kekuatan otot menjadi salah satu hal yang paling utama dari kegiatan pull up. Maka dari itu tidak heran jika kekuatan otot menjadi semakin baik dengan melakukan olahraga ini, terutama otot bagian atas yang membuat tubuh semakin gagah dan terbentuk, lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan kekuatan cengkraman

Kekuatan yang ada di dalam cengkraman atau berpegangan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan kekuatan itu anda bisa melakukan latihan pull up agar tubuh memiliki kekuatan pegangan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan dapatlah dikatakan bawhwa pull up termasuk olahraga yang tidak memerlukan alat bantu macam-macam, latihan ini hanya memerlukan palang besi sebagai pegangan untuk mengangkat tubuh. Akan tetapi tujuan pull up sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun meningkatkan kekuatan tubuh.

Latihan pull up ternyata lebih utama menggunakan otot biceps dan forearms, maka dari itu dengan olahraga ini anda bisa melatih kekuatan pada biceps dan forearms itu agar lebih kuat. Olahraga pull up bisa anda lakukan sendiri dan tidak perlu melakukannya dalam waktu yang lama.

Anda bisa membiasakan diri untuk melakukan pull up dengan baik yaitu dengan hitungan 1 set saja pada awal latihan beban sebelum melakukan olahraga lainnya yang ingin anda lakukan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan melakukan gerakan pull up dan manfaat pada tubuh. Semoga memberikan edukasi bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *