Tujuan Lari Marathon dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Lari Marathon

Semua jenis olahraga modern mempunyai manfaat dan tujuan masing-masing, termasuk lari marathon. Oleh karenanya, sering kali kita temui perlombaan lari marathon. Cabang olahraga lari, khususnya lari marathon banyak diminati masyarakat semua usia.

Oleh karena itulah artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat dan tujuan yang dimiliki dari olahraga lari marathon.

Lari Marathon

Marathon merupakan lari jarak jauh yang ditempuh hingga puluhan kilometer. Berdasarkan jaraknya, lari marathon dibagi menjadi tiga jenis, yaitu half marathon (menepuh jakarak sekitar 21 km), marathon (menempuh jarak sekitar 42 km), serta ultra marathon (yang menempuh jarak lebih dari 42 km )

Kegiatan lari marathon biasanya menjadi ajang perlombaaan baik di jalan raya maupun di luar jalan raya. Banyak pihak menyelenggarakan lari marathon mulai dari tingkat lokal sampai tingkat internasional. Antusias masyarakat begitu besar terhadap lari marathon. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta dari setiap perlombaan lari marathon.

Lari marathon merupakan salah satu jenis olahraga kardio, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebelum melakukan lari marathon, kita perlu melakukan latihan kekuatan rutin dan menjaga pola makan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi resiko cedera setelah atau saat melakuakn lari marathon.

Kesehatan dan kondisi badan juga perlu diperhatikan ketika ingin melakukan marathon. Usahakan badan dalam kondisi sehat dan fit. Jarak tempuh yang panjang membuat tubuh mengeluarkan banyak energi dan stamina saat marathon.

Tujuan Lari Marathon

Lari marathon memiliki banyak manfaat dan tujuan. Beberapa tujuan dari lari marathon, antara lain:

  1. Menambah Pengalaman

Saat ini, banyak berbagai pihak yang menyelenggarakan perlombaan lari marathon. Banyak seklai manfaat dan pengalaman yang diperoleh ketika mengikuti suatu ajang perlombaan lari marathon. Kegiatan semacam ini sangat baik sebagai ajang menambah relasi serta  menambah wawasan berkaitan dengan dengan dunia olahraga.

  1. Memperoleh Penghargaan

Jarak tempuh yang jauh membuat siapapun yang dapat menyelesaikan marathon dalam jangka waktu yang telah ditentukan mendapatkan suatu penghargaan. Penghargaan tergantung dari pihak penyelenggara.

Beberapa orang mengikuti lomba marathon selain untuk kesehatan juga untuk memperoleh penghargaan yang disediakan pihak penyelenggara. Penghargaan dapat berupa mendali, piala, kaos, uang tunai, maupun berang-barang menarik lainnya.

  1. Melatih Kemampuan

Setiap orang memiliki kemampuan berlari. Namun hanya sebagain orang yang mau mengembangkan kemampuan lari yang dimilikinya.

Lari marathon menjadi salah satu ajang untuk melatih kemampuan berlari. Sebelum melakukan marathon, sebaiknya melakukan latian fisik lari ringan ataupun jenis olahraga lainnya dengan intensitas yang ringan secara rutin selama beberapa hari bahkan beberapa minggu. Latian rutin ini juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk melatih kemampuan berlari seseorang.

  1. Mengukur Kemampuan Berlari

Kemampuan berlari masing-masing orang berbeda-beda. Beberapa oang mampu melakukan lari dengan cepat, dan beberapa lainnya hanya mampu melakukan lari dengan kecepatan standart. Bagi orang yang gemar lari, marathon menjadi ajang untuk mengukur seberapa baik kemampuan lari yang dimiliknya dari waktu ke waktu.

Tidak jarang, seseorang mengikuti ajang perlombaan marathon secara rutin untuk mengukur seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh dalam waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut tentu memotivasi pelari untuk terus berlatih demi meningkatakan kemampuan lari yang dimiliki.

  1. Menjaga Kesehatan

Marathon ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar serta latian yang cukup sebelum melakuakn marathon. marathon dapat meningkatkan berbagai fungsi tubuh, seperti jantung, otot, dan oragan tubuh lainnya.

  1. Hobi

Banyak yang menjadikan lari hanya sebagai hobi. Perlombaan marathon menjadi ajang yang harus diikuti untuk menyalurkan hobi. Kepuasaan saat berhasil mencapai finis dalam jangka waktu yang relatif singkat menjadi kebanggaan sendiri bagi beberapa orang.

Manfaat

Selain memiliki tujuan seperti yang telah dipaparkan diatas, marathon juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Membakar Kalori

Mlari marathon merupakan salah satu jenis olahraga yang memerlukan banyak stamina dan tenaga. Melakukan marathon akan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Ternyata tidak hanya kalori, marathon juga dpata membakar lemak dalam tubuh.

Melakukan marathon membuat tubuh bergerak lebih banyak. Oleh karenanya, marathon juga dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan berat badan.

  1. Membentuk Tubuh yang Lebih Baik

Lari merupakana salah satu olahraga yang membuat seluruh tubuh bekerja dan bergerak. Oleh karenanya, marathon dapatmembentuk tubuh menjadi lebih ramping karena banyak kalori yang terbakar serta otot tubuh yang mengencang. Sehingga kamu bisa mendapatkan tubuh ideal seperti yang kamu harapkan.

  1. Meningkatkan Kerja Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang ada dalam tubuh. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Melakuakn marathon dapat membantu jantung bekerja lebih baik dan stabil sehingga peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebh stabil.

Meskipun begitu, kesehatan jantung juga perlu diperhatikan bagi orang yang mengalami gangguan pada jantung. Tidak disarankan untuk melakukan marathon terlalu keras jika keadaan jantung dalam kondisi tidak sehat. Lakukan lari marathon secukupnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Seluruh Tubuh

Seperti yang telah disebutkan bahwa marathon dapat membantu meningkatkan kerja jantung, ternyata marathon juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti otot pada kaki menjadi lebih kuat, tekanan darah dan kolestrol akan terjaga, dan lain sebagainya.

  1. Menghilangkan Stres

Melakukan marathon ternyata juga dapat membuat pikiran menjadi lebih fres. Menghilangkan beban pikiran dengan melihat-lihat keadaan sekitar.

Manfaat lain secara mental yang dapat diperoleh dari melakukan marathon adalah melatih diri untuk tidak pantang menyerah, fokus pada satu tujuan, memilki pemikiran yang terarah. Hal tersebut membuat kerja otak menjadi tertata dan mengurangi stress dalam otak akibat beban yang dihadapi.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Kekuatan otot akan meningkat ketika melakukan lari marathon, khususnya pad otot kaki karena kaki menjadi tumpuan utama saat berlari. Tidak hanya kaki,hampir semua otot bergerak secara aktif ketika melakukan lari marathon. Hal tersebut membuat kemampuan otot semakin meningkat karena sering dibiasakan untuk berlari.

  1. Melatih Pernafasan

Ketika berlari, nafas terasa berat. Hal tersebut sebenarnya berguna untuk melatih dan meningkatkan pernafasan supaya lebih teratur nantinya. Semakin sering berlari, paru-paru terbiasa untuk mengatur nafas menjadi lebih stabil sehingga membuat kerja paru-paru semakin optimal. Pernafasan menjadi semakin teratur.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagi sebagian orang melakukan lari marathon bukan sesuatu yang mudah. Butuh persiapan dan latian yang rutin dan teratur untuk menghindari cidera pada kaki maupun bagian tubuh lainnya. Oleh karenanya, ketika seseorang berhasil melakukan lari marathon hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa.

Pencapaian ini tentu akan membuat seseorang merasa percaya diri dan merasa bangga pada dirinya. Rasa percaya diri didukung dengan semangat untuk bekerja keras dan terus berusaha demi mencapai apa yang diinginkan.

Marathon diibaratkan sebagai suatu tujuan yang tidak mudah untuk dicapai karena membutuhkan usah ayang besar dan panjang. Keberhasilan melakukan marathon menjadikan kepercayaan diri naik untuk melakukan sesuatu, sekalipun sesuatu tersebut dianggap sulit.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kegiatan olahraga ternyata dapat meningkatkan imun pada tubuh, khususnya marathon. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan lewat keringat digantikan dengan zat-zat baik yang bisa melindungi tubuh dari berbagai virus, bakteri, maupun zat-zat lain yang dapat menyebabkan penyakit.

Ketika otot-otot dalam tubuh bekerja secara maksimal, membantu memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar membantu peredaran sistem metabolisme ke seluruh tubuh.

Itulah tadi penjelasan dan ulasan yang bisa kami berikan. Berkenaan dengan tujuan dan manfaat lari marathon. Semoga bisa memberi edukasi serta referensi bagi kalian yang pada saat ini sedang membutuhkan bahan bacaan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *