Pengertian Lompat Jangkit, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permainannya

Diposting pada

Lompat Jangkit Adalah

Lompat jangkit adalah even dalam arti olahraga lintasan dan lapangan (track and field) yang mirip dengan lompat jauh, tapi dalam lompat jangkit, lompatan dilakukan dalam tiga fase. Tiga lompatan ini terinspirasi oleh Olimpiade kuno dan telah menjadi ajang Olimpiade modern sejak permulaan Olimpiade tahun 1896.

Pemegang rekor dunia pria dan wanita saat ini adalah Jonathan Edwards, dengan lompatan 18,29 m (60 kaki 0,08 in), dan Inessa Kravets dari Ukraina, dengan lompatan 15,50 m (50 kaki 10,24 in). Kedua catatan ditetapkan selama Kejuaraan Dunia 1995 di Gothenburg. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk menutupi jarak sejauh mungkin dalam tiga lompatan. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan teknik yang tepat dalam melakukan lompat jangkit, mulai dari teknik awalan hingga teknik mendarat.

Lompat Jangkit

Lompat jangkit atau Triple jump termasuk even atletik lompat, yang dalam hal ini seorang atlet melakukan lompatan horizontal untuk jarak yang menggabungkan tiga gerakan lompat yang berbeda.

Peralatan yang diperlukan untuk lompat jangkit termasuk landasan pacu dan papan lepas landas yang identik dengan yang digunakan dalam lompat jauh, kecuali bahwa papan setidaknya 13 meter (42,7 kaki) dari area pendaratan untuk pria dan 11 meter (36 kaki) untuk wanita .

Pengertian Lompat Jangkit

Lompat jangkit dapat didefinisikan sebagai bentuk gerakan lompat yang terdiri atas tiga rangkaian urutan gerak, yaitu berjingkat (hop), melangkah (step), dan melompat (jump) untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Pada dasarnya, lompat jangkit mirip dengan lompat jauh, tapi ketiga gerakan tersebut (hop, step, dan jump) yang membedakan lompat jangkit dengan lompat jauh. Lompat jangkit dilakukan oleh seorang atlet dengan cara berjalan menyusuri jalur dan melakukan satu jingkatan (hop), satu langkah (step) dan kemudian melompat (jump) ke dalam kotak pasir.

Pengertian Lompat Jangkit Menurut Para Ahli

Adapun definisi lompat jangkit menurut para ahli, antara lain:

  • Collins Dictionary, Lompat jangkit adalah even atletik di mana atlet harus melompat sejauh yang mereka bisa, dan diizinkan menyentuh tanah satu kali dengan masing-masing kaki dalam perjalanan lompat.

Sejarah Lompat Jangkit

Sumber-sumber sejarah terkait olahraga ini pada Olimpiade kuno kadang-kadang menyebutkan lompatan 15 meter atau lebih. Ini membuat para sejarawan olahraga menyimpulkan bahwa ini pasti serangkaian lompatan, sehingga memberikan dasar untuk lompat jangkit.

Namun, tidak ada bukti untuk lompat jangkit yang dimasukkan dalam Olimpiade kuno, dan ada kemungkinan bahwa jarak yang luar biasa yang tercatat adalah karena lisensi artistik dari penulis puisi daripada upaya untuk melaporkan hasil yang akurat.

Lompat jangkit adalah bagian dari Olimpiade modern perdana di Athena, meskipun pada saat itu terdiri dari dua hop pada kaki yang sama dan kemudian jump. Faktanya, juara Olimpiade modern pertama, James Connolly, adalah  triple jumper.

Olimpiade awal juga termasuk standing triple jump, yaitu even atletik yang didasarkan pada triple jump konvensional dengan tiga fase lompat, tetapi tanpa pendekatan run-up. Meskipun sejak itu telah dihapus dari program Olimpiade dan jarang dilakukan dalam kompetisi hari ini, lompat jangkit perempuan diperkenalkan ke Olimpiade Atlanta pada tahun 1996.

Dalam mitologi Irlandia geal-ruith (triple jump), adalah sebuah peristiwa yang diperebutkan dalam Permainan Tailteann Irlandia kuno pada awal 1829 SM.

Tujuan Lompat Jangkit

Tujuan dari lompat jangkat adalah untuk melompat jarak terpanjang dengan menggabungkan ketiga fase lompatan. Oleh karena itu, hal terpenting adalah bagi atlet lompat jangkat adalah mempertahankan kecepatan horizontal setinggi mungkin, di sepanjang Hop, Step dan Jump.

Seperti halnya dalam melakukan olahraga lompat, seperti lompat jauh, lompat tinggi, lompat kangkah, lompat jongkok, dan beragam olahraga lompat lainnya, lompat jangkit juga memberikan manfaat yang beragam untuk kesehatan, antara lain:

  1. Memperkuat otot kaki, sehingga kaki akan sehat. Hal ini bisa terjadi karena setiap kali kita melompat, kaki akan menahan dan mengangkat tubuh kita.
  2. Menghilangkan racun-racun dalam tubuh kita karena racun tersebut akan keluar bersama keringat yang telah dihasilkan oleh tubuh. Keluarnya racun tersebut dinamakan detoksifikasi.
  3. Menyeimbangkan tubuh karena ketika olahraga lompat jangkit otak akan terlatih untuk mensinkronisasikan kerja tubuh khususnya antara kaki dan tangan.
  4. Tubuh akan tumbuh tinggi sebab pada dasarnya dengan olahraga lompat dapat membuat tubuh seseorang tinggi.
  5. Memperkuat sendi dan mencegah penyakit tulang rapuh, karena tubuh menyesuaikan keadaan saat melakukan olahraga sehingga hari demi hari tulang dan sendi akan menjadi kuat khususnya pada bagian kaki.
  6. Meningkatkan kesehatan mental, karena saat melompat, asupan oksigen yang masuk akan banyak sehingga sel-sel otak akan menjadi energik. Kondisi tersebut akan membuat konsentrasi juga meningkat.
  7. Membantu dalam menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori dan juga dapat meningkatkan metabolisme.
  8. Meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh sehingga bisa membuat jantung bekerja lebih efisien.
  9. Mengurangi selulit dengan cara meningkatkan sirkulasi limfosot ke daerah yang selulit. Cairan tersebut bersirkulasi ke daerah selulit melalui gerakan melompat tersebut.
  10. Meningkatkan kontrol diri pada irama gerakan, kecepatan, serta postur tubuh yang tepat.

Teknik Lompat Jangkit

Teknik-teknik yang harus dikuasai oleh seorang atlet lompat jangkit, antara lain:

  1. Gerakan Awalan (Approach)

Teknik awalan bertujuan agar memperoleh kecepatakan ketika melompat. Teknik awalan bisa dilakukani dengan cara:

  • Mengambil ancang-ancang sekitar 10-20 langkah yang disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Sebelum melakukan ancang-ancang, atlet harus bersiap terlebih dahulu dengan cara start berdiri.

Upayakan untuk selalu rileks, dan belajar mengatur nafas dengan baik, serta fokus pada papan tolakan. Kita juga harus ingat bahwa pengaturan kecepatan lari sangat menentukan keberhasilan untuk mencapai lompat yang sejauh-jauhnya.

  • Langkah dalam ancang-ancang ini setara dengan jarak 45 meter menuju papan tolakan pertama yaitu Hop.

Setelah siap, maka kita bisa berlari dengan kecepatan sedang terlebih dahulu. Setelah itu, upayakan kecepatan lari semakin cepat agar memperoleh momentum lompatan yang bagus saat akan melakukan tolakan.

Perlu kita ketahui pula bahwa sebenarnya ketentuan umum dalam melakukan awalan bisa dimulai dengan berlari menggunakan langkah kaki yang jauh. Hal itu bertujuan untuk mempersiapkan kaki melakukan tiga kali lompatan dengan jarak sejauh mungkin pada masing-masing lompatan.

  1. Gerakan Jingkat (Hop)

Beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam melakukan gerakan jingkat atau hop, yaitu:

  • Dilakukan dengan menggunakan kaki terkuat kita untuk melakukan tolakan.
  • Apabila kita menggunakan kaki terkuat sebelah kanan, maka ketika melakukan pendaratan juga harus menggunakan kaki kanan lagi. Bentuk gerakan speerti inilah yang disebut berjingkat (hop), yang bertujuan agar menghasilkan jarak lompat yang jauh.
  1. Gerakan Langkah (Step)

Beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam melakukan gerakan langkah atau step, yaitu:

  • Dilakukan dengan menggunakan kaki yang sama pada tolakan pertama yaitu kaki terkuat. Sederhananya, saat melayang segera kaki satunya (kiri misalnya) diayunkan dari belakang kedepan atas.
  • Lakukan hal itu bersamaan dengan kaki kanan ditolakkan keatas ke depan.
  1. Gerakan Lompat (Jump)

Beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam melakukan gerakan lompat atau jumpp, yaitu:

  • Kaki terkuat tetap digunakan untuk melakukan tolakan. Secara singkat bisa dikatakan bahwa saat kaki kita mendarap, upayakan agar kaki langsung melakukan tolakan ke arah depan
  • Dalam melakukan tolakan kea rah depan tersebut, posisi badan sedikit dibungkukkan gkukkan agar condong ke depan, agar tubuh tidak terlalu banyak bergesekan dengan udara yang akan mengurangi jarak lompatan, dan tubuh siap untuk mendarat tanpa resiko jatuh kebelakang.
  1. Mendarat

Cara untuk melakukan pendaratan dalam lompat jangkit, yaitu:

  1. Ketika akan mendarat kedua kaki diangkat atau dibawa ke depan lurus.
  2. Upayakan agar badan dibungkukkan ke depan dan kedua tangan dari atas dibawa kedepan.
  3. Mendarat dengan kedua kaki seperti mengeper, gerakan ini bisa dilakukan dengan cara membengkokkan kedua lutut.
  4. Selanjutnya, berat badan dibawa kedepan agar tidak terjatuh kebelakang, kepala ditundukkan dan kedua tangan kedepan.

Aturan Permainan Lompat Jangkit

Berikut ini peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh seorang atlet dalam pertandingan lompat jangkit sebagaiman yang telah ditetapkan oleh IAAF (International Amateur Athletic Federation), antara lain:

  1. Atlet tidak diperbolehkan melakukan tolakan pertama melebihi batas papan tolakan, tapi masih diperbolehkan melakukan tolakan sebelum menginjak papan tolakan.
  2. Dalam melakukan tolakan kedua, atlet harus menggunakan kaki yang sama dengan tolakan pertama.
  3. Dalam melakukan tolakan ketiga, atlet harus menggunakan kaki yang berbeda dari tolakan pertama dan kedua.
  4. Sesudah melakukan tolakan ketiga, ketika melayang, atlet lompat jangkit tidak diperbolehkan melakukan gerakan salto.
  5. Atlet lompat jangkit tidak diperbolehkan mendarat di luar area pendaratan

Itulah bahasan lengkap yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkaitan dengan materi pendidikan jasmani. Khususnya pengertian lompat jangkit menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan dalam permainannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *