Tujuan dan Manfaat Olahraga Futsal Bagi Tumbuh

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Futsal

Olahraga futsal merupakan salah satu ciri permianan bola besar yang sudah dikenal banyak orang. Sejarah futsal sendiri pada dasarnya diciptakan di Montevideo, Uruguay yang tepatnya tahun 1930 oleh seseorang yang bernama Juan Carlos Ceriani. Olahraga futsal mempunyai keunikan tersendiri dan menjadi olahraga yang mampu memikat banyak orang.

Definisi olahraga ini sangat digemari anak remaja hingga usia dewasa, baik wanita hingga pria. Bahkan futsal menjadi olahraga yang dipertandingkan pula dalam suatu kejuaraan. Perlu anda ketahui olahraga futsal memiliki beberapa kesamaan dengan olahraga sepak bola. Namun ada beberapa hal yang membedakan yaitu bentuk, gawang lebih kecil, lapangan lebih sempit dan beberapa hal lainnya.

Futsal

Istilah nama olahraga futsal sebetulnya berasal dari bahasa Spanyol, yaitu futball atau sepak bola dan sala yang artinya ialah ruangan. Dari arti kata tersebut apabila digabung menjadi satu maka arti futsal yaitu sebuah olahraga sepak bola yang dilakukan dalam suatu ruangan.

Sebagai informasi olahraga futsal ini pada tahun 1965 dilakukan pertandingan internasional untuk pertama kalinya. Tepatnya yaitu ada di Paraguay, hingga saat ini olahraga futsal bisa berkembang lebih luas lagi ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia yang juga dikenal banyak melahirkan talenta-talenta berbakat.

Tujuan Futsal

Adapun untuk berbagai tujuan melakukan olahraga futsal sendiri pada dasarnya ada beberapa macam yang diuraikan sebagai berikut ini;

  1. Mencetak gol

Futsal memiliki tujuan yang paling utama yaitu mencapai kemenangan. Karena dalam sebuah pertandingan kemenangan merupakan salah satu hal yang bisa memicu semangat untuk bisa bermain dengan baik. Untuk memperoleh kemenangan, maka setiap tim harus mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Oleh karena itu tidak heran jika permainan futsal ini memiliki beberapa teknik yang harus dikuasai agar setiap permainan berhasil mencetak gol dan memperoleh skor yang banyak.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Tahukah anda bahwa metabolisme tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap individu. Metabolisme yang cukup dalam tubuh, dapat membuat setiap orang mempunyai kebugaran yang baik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Metabolisme tubuh ini bisa anda peroleh dengan lebih mudah pada saat anda melakukan olahraga, dan salah satu olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh.

  1. Meningkatkan kelincahan

Futsal dianggap mampu meningkatkan latihan kelincahan pada diri seseorang. Karena dalam olahraga ini setiap orang harus begerak secara aktif mulai melakukan gerakan lari, berjalan, menendang, dan lain sebagainya. sehingga secara tidak langsung futsal bisa membuat individu menjadi lebih lincah.

Apalagi jika olahraga ini sudah sering dilakukan, maka kelincahan akan semakin terlihat dan memudahkan setiap orang melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Menambah kesehatan

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dan mahal harganya. Maka dari itu banyak orang yang berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kesehatannya. Tujuannya yaitu agar setiap individu mampu melakukan aktivitas dengan baik karena kesehatan memberikan kemudahan untuk bergerak maupun berpikir.

Menjaga kesehatan ada banyak hal harus dilakukan, mulai dari menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

Salah satu bentuk, olahraga yang cukup asyik dilakukan sekaligus memberikan kesehatan ialah futsal. Maka dari khususnya bagi kaum laki-laki, olahraga futsal menjadi salah satu rekomendasi yang baik untuk dicoba sebagai bentuk olaharga yang dapat meningkatkan atau menjaga kesehatan.

  1. Mengencangkan otot

Futsal termasuk olahraga yang berperan penting dan sangat baik untuk membantu mengencangkan otot tubuh. Bagian yang paling menunjukkan hasil yaitu otot kaki. Karena dalam olahraga futsal kaki menjadi bagian tubuh yang sering bergerak, otomatis ini menjadi penyebab otot kaki lebih kencang dan bisa terbentuk dengan lebih baik.

  1. Melancarkan peredaran darah

Lancarnya peredaran darah bisa membuat seseorang mempunyai tubuh yang bugar melalui olahraga futsal ini maka tubuh bisa mendapatkan peredaran darah yang lancar. Bahkan organ tubuh jantung dapat terpacu untuk lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh selama beraktivitas. Dampak yang dirasakan yaitu peredaran darah semakin lancar dan imun tubuh menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Kepercayaan diri adalah sifat dimana seseorang memiliki kemampuan untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya tanpa rasa minder. Kegiatan futsal dianggap dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, karena dalam olahraga ini setiap orang diberi kesempatan untuk memperlihatkan kemampuannya bermain futsal dikalangan banyak orang.

  1. Memperluas dan memperat jaringan pertemanan

Sebagai makhluk sosial, setiap orang tentunya memerlukan hubungan yang dilakukan dengan orang lain. Melalui olahraga futsal setiap individu dapat memperluas dan mempererat jaringan perteman bahkan dengan lingkungan yang baru sekalipun. Akibatnya mereka akan belajar untuk melakukan adaptasi dengan lebih mudah lagi.

  1. Menambah pengetahuan teknik futsal

Sudah pasti dengan melakukan latihan futsal secara terus menerus dan rutin, setiap pemain akan memperoleh pengetahuan teknik futsal semakin banyak. Oleh karena itu kegiatan futsal yang tergolong sebagai permainan bola besar ini selain melatih fisik juga mampu meningkatkan kemampuan berfikir.

Manfaat Futsal

Futsal ternyata juga memiliki manfaat yang beragam dan diantara;

  1. Melatih Kreativitas

Kreatifitas adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan hal-hal yang baru dan lain dari pada yang lain. Melalui olahraga futsal ini para pemain bisa melatih kreativitasya, karena dari futsal akan diperoleh pengetahuan baru mengenai teknik-teknik atau cara bermain futsal dengan baik.

Selain itu futsal juga membuat para pemain untuk selalu mengelola jiwa kreativitas agar bisa menciptakan kemenangan. Kreativitas ini dibuktikan dengan keberhasilan para pemain melewati musuh dengan ruangan yang sempit agar bisa menghasilkan gol. Sehingga tak heran jiwa futsal dianggap sebagai olahraga yang baik untuk mengasah otak kanan.

  1. Meningkat Kecepatan Berpikir (Quick Thinking)

Perlu anda ketahui bahwa olahraga futsal ini tidak hanya membutuhkan kebugaran tubuh saja, akan tetapi memerlukan pula pikiran yang prima dalam bermain futsal.

Sehingga secara tidak langsung futsal membuat seseorang mampu meningkatkan kecepatan berpikir atau quick thinking. Kecepatan berpikir ini dibuktikan dengan kecepatan dan improvisasi dalam membuat taktik permainan futsal itu sendiri.

  1. Melatih Kekompakan

Kekompakan dinamakan pula sebagai bentuk kerjasama tim. Dalam olahraga futsal ini kekompakan bisa semakin dilatih karena futsal dimainkan oleh 5 pemain yang membutuhkan kerjasama dan rasa tanggung jawab yang harus ditanggung secara bersama-sama pula.

Sehingga dalam olahraga futsal tidak bisa hanya satu individu saja yang berperan penting, sedangkan yang lainnya tidak.

  1. Menjaga dan Menambah Kebugaran Tubuh

Kebugaran jasmani dalam tubuh tentunya bisa kita peroleh dengan cara melakukan olahraga, dan macam olahraga itu sendiri begitu banyak. Sehingga sebenarnya tidak ada alasan untuk mencoba berbagai olahraga yang sesuai dengan kesukaan anda.

Termasuk olahraga futsal ini merupakan salah satu jenis olahraga modern yang dapat membantu menambah kebugaran tubuh. Apalagi jika futsal dilakukan dengan terjadwal, maka manfaat yang dirasakan oleh tubuh akan lebih terasa.

  1. Menghilangkan stress

Permainan futsal membuat individu bisa melakukan olahraga sekaligus bertemu dengan kawan-kawan yang lain. sehingga sebuah interaksi bisa dijalin sekaligus dan membuat rasa stress dalam diri semakin berkurang. Olahraga futsal ini juga sangat asyik, sehingga anda bisa melakukannya dengan kondisi yang tetap santai atau rileks.

Jumlah Pemain dalam Olahraga Futsal

Permainan futsal ini selain memiliki 5 orang pemain utama juga mempunyai pemain cadangan. Fungsi dari adanya pemain cadangan yaitu untuk berjaga-jaga pada saat pemain utama mengalami cidera atau dalam pergantian waktu harus ada yang diganti dan lain sebagainya.

Olahraga ini sebenarnya termasuk permainan yang sangat digemari, karena selain mendukung kesehatan tubuh. Ternyata futsal juga sangat baik untuk melatih hubungan kerjasama tim, maka dari itu anak muda rela meluangkan waktu demi melakukan permainan futsal ini sekaligus untuk bertemu dengan kawan-kawannya

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa olahraga futsal sering menjadi salah satu olahraga yang masuk dalam perlombaan pada saat sekolah melakukan class meeting. Biasanya para siswa akan melakukan pertandingan dimana setiap kelompok dibentuk berdasarkan perwakilan kelas masing-masing.

Sehingga dalam permainan bola yang di lakukan atau di mainkan oleh dua kelompok, dimana setiap kelompok memiliki anggota sebanyak lima orang. Olahraga futsal memiliki visi utama yaitu memasukkan bola ke gawang lawan, dengan teknik-teknik permainan yang sudah dimengerti sebelumnya..

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi manfaat melaukan olahraga futsal bagi kesehatan tumbuh. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *