Pengertian Gulat, Sejarah, Tujuan, Teknik, Aturan Permainannya

Diposting pada

Pengertian Gulat

Gulat adalah olahraga pertempuran yang melibatkan teknik seperti bertarung melawan, melempar dan melepas, mengunci, pin, dan teknik-tekni lainnya. Definisi olahraga yang satu ini dapat dilakukan untuk tujuan hiburan atau benar-benar kompetitif. Terlepas apapun tujuannya, melakukan gulat bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu membangun sikap percaya diri dan disiplin.

Secara historis, gulat merupakan salah satu bentuk pertempuran tertua, yang asal-usul sekitar  15.000 tahun lalu. Pertarungan gulat adalah kompetisi fisik, antara dua (kadang-kadang lebih) pesaing atau sparring partner, yang berusaha untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi superior. Untuk bisa memenangkan pertandingan, pegulat harus menerapkan teknik yang tepat serta mematuhi peraturan yang berlaku.

Gulat

Gulat merupakan kontak kebugaran jasmani antara dua orang, salah seorang diantaranya harus menjatuhkan atau mengontrol musuh mereka. Olahraga yang satu ini indentik dengan dua orang yang saling berhadapan dan berjuang untuk mengalahkan satu sama lain dengan menggunakan teknik joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. 

Pengertian Gulat

Gulat  adalah  salah  satu  cabang  olahraga  beladiri, yang  dalam pertandingan ini pemain (pegulat) saling melawan satu sama lain  dengan  menggunakan  angota  tubuh  terutama  lengan  dan  kaki  untuk menyerang ataupun  bertahan.

Pengertian Gulat Menurut Para Ahli

Adapun definisi gulat menurut para ahli, antara lain:

  1. Cambridge Dictionary, Pengertia gulat adalah olahraga di mana dua orang bertarung dan mencoba untuk saling melemparkan ke tanah.
  2. Merriam-Webster, Definisi gulat adalah sebuah olahraga atau kontes di mana dua individu yang tidak bersenjata berjuang untuk saling membantu dalam upaya untuk menaklukkan atau menyeimbangkan yang lain.

Sejarah Gulat

Gulat mewakili salah satu bentuk pertempuran tertua. Asal usul gulat kembali 15.000 tahun melalui relief yang terdapat di gua. Relief Babilonia dan Mesir menunjukkan pegulat menggunakan sebagian besar palka yang dikenal dalam olahraga masa kini. Referensi sastra untuk itu terjadi sedini Perjanjian Lama dan Veda India kuno.

Dalam Kitab Kejadian, Patriark Yakub dikatakan telah bergulat dengan Tuhan atau malaikat. The Iliad, di mana Homer menceritakan Perang Troya abad 13 atau 12 SM, juga menyebutkan gulat. Epik India Ramayana dan Mahabharata berisi referensi seni bela diri termasuk gulat.

Di Yunani kuno, gulat menduduki tempat yang menonjol dalam legenda dan sastra; kompetisi gulat, brutal atau kasar dalam banyak aspek, berfungsi sebagai olahraga utama Olimpiade kuno. Bangsa Romawi kuno mengemabil banyak hal dari gulat Yunani, tapi menghilangkan kebrutalannya.

Selama Abad Pertengahan, yaitu sekitar abad ke-5 hingga abad ke-16, gulat tetap populer dan dimainkan oleh para keluarga kerajaan, termasuk dari Perancis, Jepang dan Inggris. Pemukim Inggris awal di Amerika membawa tradisi gulat, yang kemudian menjadi populer di kalangan penduduk asli Amerika.

Gulat Amatir berkembang sepanjang tahun-tahun awal koloni Amerika Utara dan berfungsi sebagai kegiatan populer di pameran pedesaan, perayaan liburan, dan dalam latihan militer. Pelaksanaan turnamen gulat nasional pertama berlangsung di kota New York, tepatnya pada tahun 1888.

Gulat juga telah menjadi acara di setiap Olimpiade modern sejak pertandingan 1904 di St. Louis, Missouri (demonstrasi telah dilakukan pada Olimpiade modern pertama). Badan pengurus internasional untuk olahraga ini, United World Wrestling (UWW), didirikan pada tahun 1912 di Antwerp, Belgia sebagai Federasi Internasional Gaya-gaya Gulat Terkait (FILA).

Kejuaraan Gulat NCAA ke-1 juga diadakan pada tahun 1912, di Ames, Iowa. USA Wrestling, yang terletak di Colorado Springs, Colorado, menjadi badan pemerintahan gulat amatir A.S. nasional pada tahun 1983.

Tujuan Gulat

Tujuan dalam gulat tentunya untuk memenangkan pertandingan dengan cara menempatkan lawan di punggung, kemudian menjepit lawan. Berikut ini manfaat kesehatan melakukan gulat, antara lain:

  1. Ketangguhan Mental dan Percaya Diri

Dalam bergulat kita tentunya memiliki pelatih, tapi mereka tidak dapat memasuki ring atau mat dan berjuang untuk kita. Ini adalah situasi yang sulit tetapi kabar baiknya adalah itu akan melatih pikiran kita dan membuat kita tangguh secara mental, karena jika pikiran kita lemah, kita tidak akan bertahan lama.

Ada banyak kemauan yang dibutuhkan untuk bersaing dengan individu-individu terampil lainnya, untuk melatih dan makan dengan benar, dan terutama untuk penurunan berat badan. Namun, ini akan menghasilkan peningkatan besar dalam kepercayaan diri yang sangat penting tidak hanya untuk ketika bertanding tetapi juga di semua bidang kehidupan.

Oleh sebab itu, kita harus memiliki kepercayaan diri dalam segala hal untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, apakah itu pekerjaan, peluang bisnis atau apa pun yang mengharuskan kita mengambil tindakan.

  1. Disiplin

Disiplin juga menjadi salah satu sikap yang dapat terbentuk dalam pergulatan. Faktanya, disiplin itu sendiri sangat penting untuk kesuksesan di segala bidang kehidupan, misalnya mengorbankan kehidupan sosial untuk latihan kekuatan, makan dengan benar, bangun pagi untuk berlari adalah hal-hal yang akan melatih dan menguji kedisiplinan kita setiap hari.

Tetapi jika kita terus mengikuti rencana kita, kita akan menjadi semakin disiplin dengan setiap rintangan yang kita lewati. Dan ini sangat membantu dalam hidup.

  1. Pertahanan diri

Tentu saja, gulat juga akan mengajari kita tentang pertahanan diri. Mampu membela diri mungkin menyelamatkan jiwa dalam situasi yang tidak menyenangkan. Tidak ada yang ingin menemukan dirinya dalam situasi seperti itu tetapi kita lebih siap ketika itu terjadi.

Gulat mengajarkan kita keterampilan seperti memposisikan tubuh kita, meraih lawan, mengendalikan, dan mempertahankan serangan. Hal-hal ini saja akan memberi kita keunggulan besar atas penyerang yang tidak terlatih gulat.

  1. Kebugaran

Kebugaran fisik yang kita butuhkan untuk berhasil dalam gulat luar biasa. Pegulat cenderung mengembangkan tubuh yang sangat kuat dalam kombinasi dengan peningkatan keseimbangan, kelincahan, dan daya tahan.

Latihan gulat sulit dan pertandingan gulat adalah enam menit aksi tanpa henti. Itu berarti itu akan menguntungkan sistem kardiovaskuler kita. Terus-menerus mendorong dan menarik tubuh bagian atas kita serta mencoba untuk mengamankan pencopotan dan mempertahankannya membuat gulat menjadi latihan seluruh tubuh yang hebat.

Juga, pengetahuan dan kebiasaan untuk berlatih secara teratur akan membuat kita bugar lama setelah kita selesai berlatih gulat.

Teknik Gulat

Berikut ini beberapa teknik yang harus dikuasai oleh pegulat dalam pertandingan, antara lain:

  1. Clinch Fighting

Clinch fighting artinya bertempur dengan memiting. Teknik ini sangat umum digunakan dalam gulat meskipun tergolong sulit, sebab melalui teknik ini lawan tidak akan bisa menggunakan tendangan dan tinjuan sebagai senjata karena tubuhnya sudah tidak mampu bergerak dengan leluasa.

Teknik ini biasanya juga digunakan sebagai peralihan dari model stand-up fighting ke ground fighting. Akan lebih menguntungkan jika kita mempunyai berat dan tinggi yang lebih dari lawan.

  1. Leverage

Leverage artinya mengambil keuntungan. Hal ini biasanya dilakukan oleh pegulat yang lebih tinggi dari lawannya, sehingga dia akan lebih mudah memenangkan pertarungan dengan memanfaatkan jangkauannya yang panjang untuk meraih pergelangan kaki lawan.

Dengan menggunakan teknik ini, pegulat bisa mengangkat satu kakinya dari matras dan kemudian menyapu kaki lain lawan agar lawan terjatuh.

  1. Joint Lock

Dalam menggunakan teknik ini, seorang pegulat hanya perlu mengisolasi sendi lawan agar lawan tidak mampu bergerak. Teknik yang satu ini akan menyebabkan rasa sakit pada bagian sendi dan bisa memicu cedera pada lawan. Risiko yang terjadi seperti kerusakan otot, ligamen dan tendon. Bahkan lawan berpotensi mengalami patah tulang karena gerakan ini.

  1. Grappling Hold

Teknik yang satu ini sangat tepat digunakan untuk mengendalikan gerakan dan posisi lawan. Fokus dalam gerakan grappling yaitu pada clinching, submission dan juga pinning.

Aturan Permainan Gulat

Berikut ini beberapa peraturan dalam pertandingan gulat, antara lain:

  1. Kriteria usia pemain, yaitu sebagai berikut:
  2. Gulat Anak-anak–13 -16 tahun
  3. Gulat Mini–6 – 12 tahun
  4. Gulat Senior–> 20 tahun
  5. Gulat Junior– 17 – 20 tahun

Pejelasan Lainnya;

  1. Pertandingan gulat dilakukan di atas matras, yang berukuran 12 x 12 meter sesuai dengan peraturan gulat internasional.
  2. Selama bertanding, pegulat memakai baju internasional (wrestlingsuit) sesuai dengan warna dari sudut mana dia berada, biru atau merah.
  3. Wasit berada di lingkaran tengah, tepatnya diantara kedua pegulat. Wasit meluruskan satu tangan ke depan, kemudian meniupnpeliut dan lengannya ditarik kembali.
  4. Ketika pertandingan berlangsung, jika kedua pegulat hanya diam untuk beberapa saat, maka wasit berteriak open agar area serangan dibuka untuk memberikan kesempatan kepada lawan melakukan serangan.

Setelah itu, diharapkan kedua pegulat saling mengadakan kontak satu sama lain. Setelah kedua pegulat mengadakan kontak, maka harus ada serangan dari salah satu pihak, jika tidak maka wasit harus berteriak action.

  1. Setiap kali wasit berteriak open, action, ataupun contact, maka pegulat harus mengerjakan hal tersebut. Apabila pegulat tidak bereaksi, maka wasit berkewajiban untuk menghentikan pertandingan dan memberi peringatan kepada kedua pegulat tersebut. Jika hal itu terulang, juri atau pres met wajib memberikan suatu angka hukuman.

Pemberian angka hukuman harus dilakukan secara jelas oleh wasit, sehingga juri dan ketua pertandingan serta penonton umum melihatnya dengan jelas. Dalam hal ini, wasit memanggil kedua pegulat ke lingkaran tengah untuk menghadap ketua pertandingan. Salah satu tangan wasit memegang pergelangan tangan pegulat yang memperoleh hukuman lurus ke bawah di sisi badan.

Sedangkan tangan terbuka, semua jari lurus ke atas dan rapat satu sama lain. Juri dan ketua pertandingan mengangkat papan angka satu yang berwarna sesuai dengan tangan wasit yang diangkat. Hal itu menunjukkan bahwa satu angka diberikan kepada pegulat yang berwarna merah, maka juri mengangkat papan merah yang berangka 1.

Kategori Pertandingan Gulat

Ada dua kategori  yang dipertandingkan dalam olahraga  gulat,  yaitu:

  1. Gaya bebas (Free Style)

Apabila menggunakan gaya ini, pegulat diperbolehkan menggunakan seluruh anggota  badannya  secara  aktif, baik ketika menyerang, counter ataupun ketika bertahan.  Dia bebas  menggunakan seluruh anggota badannya dan diperbolehkan melakukan serangan pada semua anggota tubuh lawannya kecuali area vital.

  1. Gaya Greco (Greco Roman)

Apabila menggunakan gaya ini, pegulat tidak boleh menyerang anggota tubuh  bagian  bawah dari pinggang sampai ujung tungkai kaki, mengkait dan menangkap kaki lawan, ataupun menggunakan kaki secara aktif ketika melakukan gerakan, baik dalam menyerang   atau bertahan (pada posisi parterre). Jika pegulat  melanggar peraturan tersebut, maka akan  mendapatkan sanksi dari wasit.

Maka, itulah tadi ulasan dan penjelasan secara lengkap yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian gulat menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan yang ada dalam serangkaian bentuk permainannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *