Manfaat Olahraga Gulat

Diposting pada

manfaat olahraga gulat

Dalam sejarahnya, arti olahraga gulat sudah ada sejak zaman yunani kuno. Dimana proses perkembangan berolahraga gulat sampai saat ini tidak pernah punah. Sedangkan khusus di Indonesia sendiri, terdapat beberapa organisasi olahraga gulat yang tersebar di berabagi daerah seperti Sumatra utara, Sumatra barat, jawa barat, jawa timur, Kalimantan tengah, Sulawesi, Riau, Irian Jaya dan lain sebagainya.

Akan tetapi yang pasti dalam melakukan olahraga gulat untuk memperoleh manfaat yang benar tentusaja diperlukan teknik yang baik. Alasannya, karena gulat merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim.

Gulat

Gulat adalah jenis olahraga yang memiliki klasfikasi kategori berdasarkan umur. Dimana olahraga gulat yang dilakukan oleh anak usia 6 sampai dengan 12 tahun disebut dengan gulat mini, gulat yang dilakukan oleh anak usia 13 hingga 16 tahun disebt gulat anak-anak, gulat yang dilakukan oleh anak usia 17 sampai dengan 29 tahun disebut dengan gulat junior, gulat yang dilakukan oleh ooleh orang berumur >20 tahun disebut gulat senior.

Meskipun gulat diperbolehkan dilakukan oleh anak-anak mereka harus tetap berada dalam dampingan dan pengawasan orang dewasa mengingat bahwa fisik mereka masih lemah. selain itu, gulat yang dilakukan oleh anak dibawah 20 tahun teknik yang diajarkan tidak seperti teknik gulat senior.

Manfaat Gulat

Melakukan olahraga gulat memiliki berbagai macam manfaat, antara lain:

  1. Ketangguhan Mental

Melakukan olahraga gulat ternyata juga dapat meningkatkan kondisi mental menjadi lebih tangguh dan kuat. Dalam melakukan latihan gulat, pegulat akan dilatih untuk siap menag atau siap terjatuh. Kebiasaan seperti itu akan mmbuat mental menjadi terbiasa untuk menerima kekalahan serta terus belajar dan berlatih.

Mental yang kuat mampu meghilangkan sikap suka mengelu. Mereka yang memiliki mental kuatdan tangguh tidak akan membuang energi untuk hal-hal yangtidak berguna. Oleh karenananya, melakukan latihan gulat secara tidak langsung dapat menghilangkan kebiasaan malas. Pegulat akan terpancing untuk terus berlatih agar dapat mengalahkan lawan.

  1. Melatih sikap tanggungjawab

Sikap tanggungjawab juga menjadi salah satu manfaat yang akan diperoleh apabila seseornga melakukan olahraga gulat. Sikap tanggungjawab dimilliki pegulat baik tanggungjawab kepada keampuan dirinya, tanggungjawab kepada pelatihnya untuk menunjukan hasil yang terbai, serta tanggungjawab terhadap lawannya.

Tanggungjawab terhadap lawan memiliki pengertian bahwa pegulat dan lawan gulatnya hanya musuh kektika di lapangan. Sikap kompetitif tidak belaku di luar lapangan. Mereka harus bisa bertanggungjawab kepada dirinya untukselalu bersikap bijak. Tidak membawa permusuhan ketika di lapanag ke dalam dunia di luar pertandingan.

  1. Meningkatkan perkembangan fisik

Melakukan olahrag agulatdapatmeningkatkan perkembangan fisik khususnya perkembangan pada anak-anak yang masih mengalami masa pertumbuhan. Melakukan oalhraga gulatdibutuhkan kekuatan fisik yang kuat. Pegulat akan terus berlatih latihan berta untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot tubuh.

Perkembangan fisik pada pegulat dapat terlihat jelas pada otot tubuh. Seoang pegulat mayoritas memiliki badan dan otot yang kekar. Hal tersebut karena pegulat berlatih keras untuk melakukan olahraga gulat.

  1. Mengembangkan kematangan emosi

Olahraga gulat manfaat untuk mengontrol dan mengatur emosi. Dalam olahraga gulat, pegulat diajarkan untuk tidak memakaia emosi ketika berhadapan dengan lawan. Dibutuhkan mental yang tenang untuk dapat menerapkan teknik dan taktik mengalahkan lawan.

Berlatih gulat berlatih pula untuk mengembangkan kematangan emosi. Pemain gulat tidak dibenarkan untuk melakukan serangan dengan emosi. Hal tesebut dapat mengakibatkan cedera fisik pada lawan karena serangan yang dilakukan bukan dengan dengan teknik yangbaik melainkan dengan emosi.

  1. Mengontrol berat badan

Melakukan latihan gulat dapat mengontrol berat badan. Seringkali pegulat memiliki badan besar. Badan besar yang dimiliki pegulat bukan akibat dari obesitas, melainkan massa otot yang mengalami pertamabahan.

Melakukan olahraga gulat akan mengurangi resiko obesitas, tubuh tidak berlebihan lemak. Masaa otot yang meningkat akan memudahkan ketika melakukan kativitas berat seperti mengangkat beban yang berat, yangpasti bukan beban hidup.  

  1. Mengembangkan ketrampilan dasar atletik

Olahraga gulat menjadi salah satu olahraga yang membutuhkan banyak kontrol tubuh. Kontrol tubuh ini akan diperoleh dengan melakukan kegiatan seperti lari, lompat, hingga melempar. Hal tersebut akan meningkatkan pula kemampuan dasar atletik.

Pemanasan dalam gulat dibutuhkan mengingat bahwa dalam berhadapan dengan lawan memiliki banyak kemungkinan tubuh mengalami berbagai reaksi, misalnya terjatuh, jungkir balik, dan lain sebagainya.  

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Melakukan olahraga gulat akan meningkatkan latihan kekuatan otot agar menjadi lebih keras dan kuat. Otot yang kuat berdampak pada kekuatan daya tahan tubuh. Sehingga dengan melakukan olahraga gulat tubuh tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas dan kegiatan yang berat.

Itulah saja artikel yang bisa diuraikan pada semua. Berkenaan dengan manfaat melakukan olahraga gulat yang bisa didapatkan oleh para pemainnya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.