Pengertian Olahraga Selancar (Surfering), Jenis, Teknik, dan Manfaatnya

Diposting pada

Olahraga Surfing

Berselancar adalah olahraga air permukaan di mana peselancar (surfer) naik di depan atau muka dari gelombang yang bergerak, yang biasanya membawa surfer menuju pantai. Gelombang yang cocok untuk berselancar umumnya ditemukan di laut, tetapi juga dapat ditemukan di danau atau sungai dalam bentuk gelombang berdiri atau lubang pasang surut.

Namun, peselancar juga dapat memanfaatkan gelombang artifisial seperti yang berasal dari perahu dan gelombang yang dibuat di kolam gelombang buatan. Definisi modern dari berselancar, paling sering merujuk pada seorang surfer yang mengendarai ombak yang berdiri di atas papan selancar; ini juga disebut sebagai stand-up surfing. Berselancar bisa memberikan manfaat yang beragam bagi tubuh kita, misalnya memperkuat jantung, meningkatkan tonus otot, dan lain-lain.

Olahraga Selancar (Surfering)

Berselancar adalah olahraga mengendarai ombak dalam posisi tegak. Peselancar menangkap gelombang laut, sungai, atau buatan manusia, dan meluncur melintasi permukaan air sampai ombak pecah dan kehilangan energinya.

Di laut, peselancar (surfer) berdiri di papan selancar dan menavigasi air, hampir sejajar dengan pantai, menuju pantai. Tujuan utama dari selancar adalah untuk naik dan maju pada bagian gelombang yang tidak terputus menggunakan papan selancar. Namun demikian, pemula dapat belajar berselancar di bagian arung gelombang.

Banyak sejarawan dan penggemar selancar percaya bahwa esensi selancar adalah dalam bodysurfing, seni meluncur di atas ombak hanya menggunakan tubuh sebagai permukaan yang merencanakan.

Menurut Universitas Hawaii, penanggalan bodysurfing sudah ada sejak 2.000 SM, tetapi bukti pertama aktivitas pengaktifan bodysurfing di dunia Barat baru muncul pada tahun 1899, ketika orang Australia Fred Williams mendapat beberapa pelajaran dari pulau kepulauan Tommy Tana di Polinesia.

Olahraga selancar dimulai antara abad ke-19 dan ke-20, tetapi menunggang ombak adalah praktik lama yang berasal dari budaya Polinesia kuno dan Peru kuno.

Pengertian Olahraga selancar

Berselancar adalah olahraga air yang melibatkan mengendarai ombak yang memecah ke pantai di atas peralatan yang disebut papan selancar. Berselancar biasanya dilakukan di lautan, tetapi perkembangan teknologi telah memungkinkan untuk menciptakan gelombang di kolam dan sungai sebagai alternatif.

Berselancar dianggap sebagai arti olahraga yang dinamis dan mudah diakses, artinya orang dewasa, anak-anak, dan bahkan anjing dapat belajar berselancar.

Pengertian Olahraga selancar Menurut Para Ahli

Adapun definisi olahraga selancar menurut para ahli, antara lain:

  1. Simple English Wikipedia, Selancar adalah olahraga air yang dilakukan di laut atau laut. Surfer menggunakan papan selancar mereka untuk menangkap ombak dan naik menuju pantai.

Jenis Olahraga selancar

Berikut ini bentuk-bentuk variasi dari olahraga selancar atau surfing, antara lain:

  1. Bodysurfing

Jika kita bisa berenang, kita memiliki semua yang kita butuhkan untuk bodysurf. Ini elemen berselancar paling murni.

Tanpa papan, yang kita butuhkan adalah keterampilan berenang cukup cepat untuk menangkap kekuatan gelombang yang lewat dan kemudian menggunakan permukaan perencanaan alami tubuh kita untuk meluncur ke pantai.

  1. Bodyboarding

Banyak peselancar mempelajari dasar-dasar menunggang ombak di papan berbuih, tetapi yang lain membangun kekuatan binaraga mereka hingga tingkat yang luar biasa. Menyaksikan bodyboarder berputar, membalik, dan memasang barel raksasa di ombak besar adalah pengalaman yang menyenangkan. Penggunaan sirip, pusat gravitasi rendah, dan papan fleksibel memberi keuntungan bagi bodyboarder dalam gelombang besar yang berlubang.

  1. Windsurfing (Selancar angin)

Perpaduan antara selancar dan berlayar, selancar angin telah ada selama beberapa dekade. Sementara papan besar dan peralatan mahal membuat bagasi sedikit lebih banyak daripada olahraga berbasis selancar lainnya, olahraga intens dan kemungkinan gila untuk kecepatan di air datar dan di ombak layak dilakukan.

Teknik Melukan Olahraga selancar

Berikut ini teknik dasar dalam melakukan olahraga selancar, antara lain:

  1. Paddling

Cara melakukan teknik paddling, yaitu berbaring telungkup di atas papan surfing sambil mengayuh menggunakan kedua tangan. Hal tersebut bertujuan untuk membawa tubuh kita ke tengah pantai tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga. Yang harus kita perhatikan  di sini ialah posisi tubuh di atas papan surfing.

Kita harus memastikan bahwa kita sudah berbaring dengan posisi yang tepat hingga hidung berada tepat di atas permukaan air, jangan terlalu jauh atau kurang jauh ke depan. Selain itu, lengkungkan tubuh ke atas sedikit agar posisi tangan lebih bebas saat mengayuh.

Sementara itu, kaki harus dirapatkan sehingga tidak memperlambat kayuhan kita. Kedua kaki diletakkan di atas papan surfing. Jari-jari dirapatkan kita agar tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak untuk mendapatkan kayuhan maksimal.

Bagi kebanyakan surfer pemula, teknik yang satu ini mungkin sangat melelahkan sebab banyak otot yang bekerja saat melakukan teknik ini, tapi seiring dengan waktu dan jam terbang di atas papan surfing, maka lama-kelamaan akan terbiasa dengan gerakan tersebut. Hingga akhirnya, kita hanya akan menyadari betapa pentingnya teknik ini untuk membawa kita ke tengah pantai.

  1. Popping Up

Teknik popping up dilakukan setelah kita mencapai jarak yang cukup di tengah pantai untuk mendapatkan ombak yang cukup besar. Hentikan kayuhan dan gunakan teknik popping up untuk naik ke atas papan surfing.

Pada dasarnya teknik popping up ini merupakan sebuah gerakan push-up yang sangat cepat untuk bangkit dari posisi telungkup saat paddling. Ketika kita merasakan ombak yang besar akan datang, segera letakkan kedua telapak tangan ke atas papan surfing sejajar dengan dada.

Dorong tubuh ke atas menggunakan kedua tangan hingga terangkat sebagian. Gunakan salah satu kaki untuk memberikan tolakan dengan menginjak papan surfing. Biarkan kaki lainnya mengikuti gerakan ke atas sehingga kita akan berada dalam posisi berdiri setelah melakukan teknik ini.

Kita harus ingat bahwa popping up harus dilakukan secara cepat, idealnya di bawah 3 detik sebab kita tidak ingin kehilangan momentum untuk menangkap ombak besar yang akan lewat, sebab itu sangat dianjurkan untuk melakukan latihan teknik ini di darat sebelum mempraketkkannya di atas papan surfing.

Dengan kondisi dan pijakan yang stabil akan lebih mudah bagi kita untuk menguasai gerakan ini. Ketika nanti kita melakukannya di atas papan surfing di pantai dengan gelombang yang bergoyang-goyang, semuanya akan menjadi sedikit lebih mudah. Untuk menguasai teknik ini, lakukan latihan selama beberapa puluh kali setiap harinya sekuat yang kita bisa.

Manfaat Olahraga Selancar (Surfering)

Berselancar bukan hanya hiburan yang sangat menyenangkan. Ini juga kegiatan kesehatan yang secara dramatis meningkatkan kesehatan. Berikut ini manfaat olahraga selancara bagi kesehatan, antara lain:

Memperkuat jantung

Berselancar adalah latihan kardiovaskular yang kuat yang membuat jantung kita memompa kuat sepanjang waktu. Ini jelas hebat karena dapat mencegah penyakit jantung dan bahkan serangan jantung dan juga dapat membantu kita terhindar dari sesak napas.

Meningkatkan tonus otot

Berselancar melatih otot-otot di bahu, punggung, inti, dan kaki kita secara bersamaan. Kita akan merasakan bahwa berselancar selama beberapa minggu akan menghilangkan lapisan lemak itu dalam waktu singkat. Dan bagian terbaiknya adalah, kita bahkan tidak akan merasa seperti berolahraga karena berselancar jauh lebih menyenangkan daripada memukul gym.

 Meningkatkan keseimbangan

Salah satu hal terbesar yang diajarkan surfing adalah cara menyeimbangkan dengan sangat baik. Ini penting untuk kesehatan, postur dan gaya hidup kita secara umum. Keseimbangan yang baik dapat membantu mencegah kecelakaan, patah tulang, dan mudah jatuh.

Menjernihkan kulit

Ketika berselancar di air laut yang mengandung garam, ternyata kandungan garam tersebut sebenarnya memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Ini dapat membersihkan luka dan luka dan bahkan membantu membersihkan jerawat. Kita juga mungkin tidak menyadarinya bahwa mencelup ke dalam air garam akan membersihkan saluran hidung kita jika kita merasa sesak sebelumnya. 

Berada di lautan memberi manfaat secara psikologis 

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa bahkan berada dekat lautan saja memiliki manfaat mental dan emosional. Menurut PsychCentral: Mineral di udara laut mengurangi stres; ion bermuatan negatif di udara laut memerangi radikal bebas, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Garam di dalam air menjaga kadar tryptamine, serotonin, dan melatonin di otak, yang membantu mengurangi depresi atau meningkatkan rasa untuk melestarikan budaya hidup sehat secara keseluruhan; dan penelitian telah menunjukkan bahwa suara gelombang mengubah pola gelombang otak, menghasilkan keadaan relaksasi”.

Memperbaiki kualitas tidur 

Bagi mereka yang sulit tidur, melakukan aktivitas yang menuntut fisik seperti berselancar akan membantu lebih mudah tertidur, karena tubuh perlu pulih dari upaya yang berat. Cobalah berselancar selama beberapa hari dan kita akan memiliki pola tidur yang mudah dan teratur dalam waktu singkat.

Menyerap Vitamin D 

Vitamin D sangat penting dan baik untuk tubuh kita dalam banyak hal. Vitamin D dapat mencegah banyak penyakit dari alzheimer, diabetes, osteoporosis, dan serangan jantung. Ini juga mengurangi peluang untuk depresi dan membuat suasana hati kita positif dan bahagia.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh  

Menurut LiveStrong: “Air laut mengandung unsur-unsur vital, vitamin, garam mineral, unsur jejak, asam amino dan mikroorganisme hidup yang dapat menghasilkan efek antibiotik dan antibakteri untuk membantu mempromosikan sistem kekebalan tubuh yang sehat”.

Hanya berenang di air laut dapat membuat kita tidak mudah jatuh sakit dan bahkan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

Membangun stamina 

Siapa pun yang mendayung ke ombak berulang kali tahu bahwa berselancar membutuhkan banyak daya tahan. Ini mungkin salah satu kendala terbesar bagi orang-orang yang baru mulai berselancar untuk pertama kalinya dan mungkin perlu waktu untuk membangun stamina di papan selancar.

Akan tetapi, begitu kita terbiasa, stamina kita akan menembus atap dan membantu kita melakukan aktivitas fisik lain dalam hidup kita.

Mengajarkan kita kesabaran dan mencintai diri sendiri 

Mungkin ada kurva belajar yang curam bagi pemula untuk berselancar. Mengalami jatuh berkali-kali dan berjuang sebelum orang benar-benar dapat berdiri dan naik gelombang dengan mudah. Berselancar membutuhkan kesabaran, bahkan peselancar berpengalaman pun harus menunggu ombak bagus atau kondisi cuaca yang sempurna.

Kita juga akan belajar untuk untuk bangkit kembali dan terus bergerak dan menangkap gelombang berikutnya karena gelombang berikutnya selalu datang. Biarkan mantra ini mengalir ke hidup kita dan kita akan menemukan diri kita lebih bahagia dan damai dengan siapa dan di mana kita berada!

Itulah tadi uraian lengkap yang bisa kami berikan pada segenap pembaca yang membahas tentang pengertian olahraga selancar (surfering) menurut para ahli, jenis, teknik melakukan, dan manfaatnya dalam keseharian. Semoga memberi edukasi.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *