Tujuan Melakukan Gulat dalam Olahraga

Diposting pada

Tujuan Gulat

Gulat termasuk salah satu jenis olahraga ekstrim yang memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Arti olahraga ini seringkali dijadikan sebagai ajang perlombaan di berbagai negara.

Akan tetapi yang pasti, saat melakukan olahraga gulat ternyata memiliki banyak tujuan yang kesemua itu tidak terlepas daripada teknik yang perlu diperhatikan dalam melakukan olahraga gulat ini. Antara lain seperti teknik tarikan, teknik dorongan, teknik, bantingan, teknik gulungan, teknik kuncian, teknik blocking, dan teknik angkatan. Semua umur diperbolehkan untuk melakukan olahraga gulat.

Gulat

Gulat adalah olahraga fisik yang dipertarungkan oleh dua orang, dimana masing-masing saling berusaha menjatuhkan dan mengontrol pergerakan lawan. Terdapat dua kategori dalam pertandingan gulat, yaitu gulat gaya bebas (free style) dan gulat gaya greco (Greco roman).

Disisi lain, olahraga gulat memiliki kelas-kelas berat yang serig dipertandingkan, yaitu kelas 48 kg, kelas 52 kg, kelas 57 kg, kelas 62 kg, kelas 68 kg, kelas 74 kg, kelas 82 kg, kelas 90 kg, kelas 100 kg, dan kelas yang berada dalam 100 kg, +(over 100 kg).

Tujuan Gulat

Melakukan olahraga gulat memiliki tujuan antara lain:

  1. Menjatuhkan lawan

Tujuan utama olahraga gulat adalah menjatuhkan lawan. Hal tersebut untuk memperoleh poin tinggi. Menjatuhkan lawan dalam permainan gulat tidaklah mudah. Dibuthkan taktik dan teknik yang matang mengingat bahwa lawan dalam permainan gulat juga mempelajari teknik dan taktik yang sama.

Dibutuhkan konsentrasi yang baik untuk merobohkan lawan. Untuk menjatuhkan lawan, seroang atlet tidak hanya mencari taktik untuk menjatuhkan tetapi juga mencari taktik untuk pertahanan diri. Keseimbangan tubuh harus terjaga dengan baik. Sulit untuk menjatuhkan lawan yang memiliki kekuatan yang sama atau seimbang.

  1. Mengunci gerakan lawan

Untuk dapat mengalahkan lawannya, seorang atlet harus mampu  mengunci gerakan lawan. Pegulat yang akan melakukan kuncian dapat menyerang dengan menggunakan teknik serangan sehingga lawan memiliki kemungkinan besar untuk terjatuh dengan posisi terlentang. Dengan begitu, pegulat dapat mengunci dan menekan lawan sehingga dinyatakan menang.

Mengunci gerkaan lawan tidak serta merta selalu dilakukan dengan dengan keadaan lawna yangterlentang. Dalaam keadaan berdiri pun, pegulat memiliki kemungkinan untuk mengunci pergerakan lawan. Namun hal tersebut sulit dilakukan mengingat bahwa ketika berdiri, lawan dapat leluasa melakukan serangan balik melalui kaki maupun tangan.

  1. Mengalahkan lawan

Mengalahkan lawan menjadi hal yang wajib bagi pegulat untuk dapat memenangkan pertandingan. Untuk mengalahkan lawan, seorang pegulat harus dapat melakukan berbagai serangan. Sama seperti pertandingan tinju, pegulat juga beresiko mengalami cedera fisik.

  1. Menggulingkan lawan

Tujuan gulat selanjutnya adalah menggulingkan lawan. Setelah menggulingkan lawan, pegulat juga harus bersiap-siap untuk melakukan teknik gulungan untuk mengantisipasi lawan masih bisa bergerak bebas.

Teknik gulungan ini merupakan teknik yang haus dikuasai pegulat untuk melumpuhkan gerakan lawan ketika sama-sama berada pada posisi bawah. Teknik gulungan ini terdiri dari beberapa bagia, yaitu teknik gulungan pinggang, teknik gulungan kepala, dan teknik gulungna kaki. Menggulingkan lawan dapat dilakukan dengan membanting lawan. Dibutuhkan kekuatan besar untuk dapat menggulingkan lawan.

  1. Menyerang lawan

Tujuan olahrag gulat selanjutnya adlaah melakukan serangan kepada lawan. Menyerang lawan dapat dilakukan dengan melakukan tarikan maupun dorongan kepada lawan. Menyerang dengan tarikan biasanya dilakukan ketika posisi berhadapan.

Penyerang melakukan tarikan kepada lawan pada bagian tangan maupun kepala dengan tujuan untuk menghilangkan keseimbangan lawan dan konsentrasi lawan. Selain dengan tarikan, menyerang dilakukan pula dengan teknik dorongan.

Melakukan penyerangan dilakukan dengan menguasai lawan untuk mendorongnya agar terjatuh. Setelah lawan terjatuh, pegulat akan menekan lawan untuk mengunci agar tidak melakukan perlawanan balik.

  1. Memperoleh point sebanyak banyaknya

Pegulat yang dilakukan dalam perlombaan senantiasa bertujuan untuk mendapatkan point terbanyak akan menjadi pemenang dalam pertandingan. Dimana proses pengumpulan point diperoleh dari serangan-serangan yang dilakukan. Bereda jenis serangan berbeda pula jumlah point yang didapat.

Itulah saja artikel tentang tujuan dalam melakukan olahraga gulat. Semoga bisa memberikan wawasan untuk semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.