Pengertian Golf, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Pengertian Golf

Golf adalah permainan yang dinikmati di seluruh dunia oleh pemain dan penggemarnya. Golf juga menjadi arti olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan ketepatan, dan itu dinikmati oleh atlet profesional dan amatir, yang keduanya bersaing sepanjang tahun untuk memperebutkan gelar dan hadiah. Secara historis, permaianan ini berasal dari permainan yang dimainkan di pantai timur Skotlandia, di daerah yang dekat dengan ibukota kerajaan Edinburgh.

Banyak orang menganggap golf permainan yang mudah dipelajari, tetapi tidak semua orang benar-benar pandai golf. Teknik-teknik dasar dalam permaianan golf salah satunya yaitu memukul bola. Pegolf berusaha untuk memukul bola agar masuk ke dalam lubang yang ada di lapangan golf. Memasukkan bola ke dalam lubang tersebut dengan sedikit pukulan sekaligus menjadi tujuan utama dari permaianan ini.

Golf

Golf adalah olahraga yang menggunakan stik dan bola, di mana pemain menggunakan berbagai stik untuk memukul bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan.

Golf adalah salah satu dari sedikit permainan bola kecil yang tidak memerlukan area bermain standar. Sebagai gantinya, permainan dimainkan di ‘lapangan golf’, yang masing-masing memiliki desain unik, meskipun lapangan biasanya terdiri dari sembilan atau 18 lubang.

Pengertian Golf

Golf adalah bentuk permainan luar ruang yang dapat dimainkan secara individu/perorangan atau tim yang berlomba-lomba untuk memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin.

Pengertian Golf Menurut Para Ahli

Adapun definisi golf menurut para ahli, antara lain:

Collins English Dictionary

Golf adalah permaianan di mana kita menggunakan tongkat panjang yang disebut tongkat untuk memukul bola kecil dan keras ke dalam lubang yang tersebar di area luas tanah berumput.

Merriam Webster

Golf adalah permainan di mana seorang pemain menggunakan klub khusus mencoba untuk menenggelamkan bola dengan sesedikit mungkin pukulan ke masing-masing dari 9 atau 18 lubang berturut-turut di lapangan

Sejarah Golf

Permainan golf seperti yang kita kenal sekarang berasal dari Skotlandia, meskipun ada catatan tentang beberapa permainan tongkat dan bola sepanjang sejarah. Sejauh abad ke-13, Belanda memainkan permainan di mana bola kulit dipukul dengan maksud mencapai target beberapa ratus meter jauhnya. Pemenangnya adalah pemain yang mencapai target dengan tembakan paling sedikit.

Namun, olahraga Skotlandia, yang dikenal sebagai Golf, memiliki satu perbedaan yang memisahkannya dari olahraga serupa dalam sejarah, yaitu lubang. Ketika kita berbicara tentang permainan modern dengan 18 lubang, sejarah golf melacak asal-usulnya kembali ke Skotlandia abad ke-15.

Golf di Skotlandia

Permainan ini pertama kali disebutkan dalam Undang-Undang Parlemen Skotlandia pada tahun 1457, yang menyerukan agar permaianan ini dilarang. Raja James II dari Skotlandia melarang permainan karena itu merupakan gangguan dalam pelatihan militernya,  dan dia merasa menyempurnakan ketrampilan memanah akan menjadi pengejaran olahraga yang lebih bermanfaat.

Setelah beberapa waktu sepanjang abad ke-15, golf dicerca sebagai olahraga yang tidak menguntungkan, pembatasan permainan ini dihapus dengan Perjanjian Glasgow mulai berlaku pada 1502.

Kini, orang Skotlandia sangat bangga dengan warisan golf mereka dan lapangan “kuno” mereka yang terus menarik ribuan pengunjung ke negara kecil ini setiap tahun karena mereka terus memainkan peran mereka dalam sejarah golf.

Mengembangkan Aturan untuk Permaianan

Aturan tertua yang dicatat untuk permainan dimulai pada tahun 1744, di mana The Honorable Company of Edinburgh Golfers menerbitkan ” Articles and Laws in Playing at Golf”.  Sepotong sejarah golf kuno ini, yang sekarang tersisa di Perpustakaan Nasional Skotlandia, memberi ketenaran bagi klub Muirfield sebagai klub yang bertahan paling lama dalam sejarah golf.

Persebaran Golf di Seluruh Dunia

Tentara, imigran, dan ekspatriat Skotlandia memainkan peran penting dalam sejarah golf. Mereka bertanggung jawab untuk menyebarkan permainan di sekitar Kepulauan Inggris selama abad ke-18. Namun, itu tidak sampai abad ke-19 bahwa permainan mulai mendapatkan kehadiran internasional.

Lapangan golf tertua di luar Inggris dapat ditemukan di Prancis terdekat, dengan pembentukan Klub Golf Royal Calcutta pada tahun 1829 dan klub di Pau pada tahun 1856. Pada 1880, golf telah menyebar ke Irlandia, banyak bagian lain di Eropa, Australia, Selandia Baru, Kanada, Singapura, dan Afrika Selatan.

Sementara itu, di Inggris, permainan menikmati peningkatan popularitas. Pada 1880, Inggris memiliki 10 lapangan golf, yang dengan cepat meningkat menjadi 1.000 pada tahun 1914.

Tujuan Golf

Tujuan permainan golf ialah untuk memukul bola kecil ke dalam lubang dengan pukulan sesedikit mungkin dari alat pemukul yang tumpul.

Tidak seperti olahraga lainnya, musuh nyata pegolf tidak pernah menjadi lawan mereka melainkan diri mereka sendiri dan yang lebih penting, lingkungan mereka. Itulah salah satu alasan mengapa permainan ini berhasil mempertahankan rasa sportifitas di hati para pegolf, karena bahkan pada level tertinggi pegolf bersatu dalam pertempuran.

Golf memiliki beberapa manfaat bagi yang memainkannya, antara lain:

  1. Baik untuk tubuh

Golf bisa menjadi latihan fisik yang hebat, dan bisa membakar hingga 2.000 kalori tergantung pada seberapa datar atau berbukitnya lapangan tempat dilakukannya golf.

  1. Baik untuk pikiran

90% dari permainan ini adalah melatih mental. Putaran 18 lubang pada dasarnya adalah latihan mental yang panjang, terus-menerus membuat kita berpikir dan memaksa kita untuk tetap fokus pada tugas yang ada. Golf juga dapat membantu menghilangkan stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

  1. Merasakan alam bebas dan membantu melindungu alam

Mungkin bagian golf yang paling indah dan menakjubkan adalah di mana ia terjadi. Tidak seperti olahraga lainnya, golf membutuhkan luas lahan yang lebih besar untuk bermain, dan sebagian besar lapangan menawarkan banyak pohon, binatang, dan satwa liar lainnya untuk dinikmati. Lapangan golf menyediakan habitat bagi hewan dan spesies tumbuhan untuk berkembang

Teknik Golf

Golf merupakan olahraga yang membutuhkan keseimbangan, kekuatan, serta keakuratan dalam memukul. Berikut ini beberapa teknik dasar  yang harus dikuasai oleh pegolf:

Teknik Memegang

Sebelum kita memahami cara mengayun dan memukul, sebaiknya terlebih dahulu kita memahami teknik memegang stick golf terlebih dahulu. Teknik tersebut diantaranya yaitu:

  1. Baseball grip, teknik ini dilakukan dengan cara memegang stick seperti dalam baseball, yaitu tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
  2. Overlapping golf grip, teknik ini dilakukan dengan cara yang hampir sama seperti teknik Baseball grip, hanya saja tangan kanan agak sedikit ke atas, sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.
  3. Interlocking golf grip, teknik ini bukan untuk pemula melainkan dilakukan oleh para pemain golf profesional. Cara untuk melakukan teknik ini seperti memegang stick baseball, tapi mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk dari tangan kiri.

 Teknik Mengayun

Terdapat beberapa cara mengayunkan stick yang baik dan benar, agar pukulan kita semakin bertenaga dan seimbang, diantaranya yaitu:

  1. Melakukan backswing, yaitu dilakukan dengan cara mengayunkan stick ke belakang tubuh anda sampai melewati kepala.
  2. Melakukan downsing, yaitu dilakukan dengan cara melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola (teknik ini dilakukan setelah melakukan backswing).

Teknik Memukul

Pukulan yang akurat sangat dibutuhkan dalam olahraga golf. Untuk bisa melakukan pukulan tersebut, kita harus memahami teknik- teknik dasar memukul dalam permainan golf, diantaranya yaitu:

  1. Tee shot, teknik ini merupakan pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dilakukan dari teeing ground (letak awal bola golf) menuju lubang.
  2. Fairway shot, teknik ini dilakukan setelah melakukan tee shot.
  3. Bunker shot, teknik ini dilakukan apabila bola yang dipukul keluar area.
  4. Putting, teknik ini dilakukan apabila bola golf sudah dekat dengan lubang agar bola dapat dengan mudah dimasukkan.
  5. Punch, teknik ini biasanya dilakukan apabila angin yang berhembus dilapangan golf sangat kencang.

Aturan Permainan Golf

Berikut ini beberapa peraturan dalam permainan golf, antara lain:

  1. Pukulan pertama untuk memulai pertandingan harus dilakukan dari teeing ground.
  2. Dalam olahraga golf, yang menjadi pemenangnya adalah pemain yang memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  3. Setiap melakukan pukulan, para pemain golf harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya.
  4. Pemain bisa menganggap bolanya tidak dapat dimainkan dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  5. Jika mendapatkan pinalty, kita diperbolehkan mengangkat, membersihkan,  bahkan mengganti bola.

Itulah kesimpulan yang bisa kami ulaskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian golf menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan dalam permaiannya. Semoga memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *