Tujuan dan Manfaat Bermain Olahraga Golf

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Golf

Permainan golf pada hakekatnya sangatlah identik dengan arti lapangan yang luas dan memperlukan biaya mahal, alasannya karena bermain dalam jenis permainan bola kecil ini hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya.

Disisi lain, dengan bermain golf tenyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kebugaran tubuh. Beberapa tujuan dan manfaat kenapa harus bermain golf salah satunya ialah mampu meningkatan daya tahan tubuh dengan lebih rileks.

Golf

Permainan golf adalah jenis olahraga modern yang tujuannya ialah melempar bola menggunakan stik golf dari daerah tee (teeing ground) ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberapa pukulan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan.

Dalam sejarahnya sendiri, permainan bola kecil golf ini berasal dari skotlandia (Belanda) dan telah dimaninkan selama lebih drai 500 tahun. Yang mana, golf termasuk salah satu jenis permainan luar rungan (outdor). Sehingga permainan ini tidak hanya bisa dilakukan secara perorangan tetapi juga dapat dilakukan berkelompok. Permainan golf menggunakan bola kecil dan satu set togkat pemukul yang biasa disebut dnegan klab (stik golf).

Secara umum, tidak ada ukuran pasti lapanan golf. Permainan ini hanya membutuhkan lapangan yang luas atau biasa disebut dengan padang golf. Padang golf biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang). Pemain golf disebut dengan pegolf.

Tujuan Permainan Golf

Tujuan olahraga dalam permaianan golf antara lain:

  1. Memasukan bola kedalam lubang

Tujuan utama dari adanya permainan golf adalah memasukan bola ke dalam hole/lubang. Bola dipukul dengan menggunakan stik golf. Semakin banyak keberhasilan bola yang dimaksukan maka akan semakin berpeluang mendapatkan kemenangan.

  1. Memasukan bola dengan lemparan sedikit mungkin

Tujuan lainnya dalam arti olahraga ini ialah memasukan bola dengan jumlah pukulan yang paling sedikit merupakan tujuan lainnya dari ermain golf. Jumlah pukulan paling sedikit yang langsung bisa masuk ke dalam lubang dianggap sebagai pemenang.

Manfaat Bermain Golf

Permainana golf memiliki berbagai kegunaan. Antara lain;

  1. Memperkuat kandung kemih

Kandungkemih merupakan bagian dari sitem saluran kencing manusia yang berada di dalam tubuh manusia. kesalahan pola hidup baik dari segi makanan maupun aktivitas sehari-hari dapat menimbulkan permasalah pada kandung kemih, seperti infeksi pada kandung kemih dan lain sebagainya.

Permaianan golf ternyata dapat memperkuat kandung kemih. Hal tersebut karena melakukan permainan golf melatih otot-otot dalam kandung kemih sehingga mengurangi resiko berbagai maslaah pada kandungkemih.

  1. Membakar kalori

Sama seperti jenis olahraga lainnya, melakukan permainan golf dapat membantu pembakaran kalori pada tubuh, khusunya pada bagian tangan. Selain pembakaaran kalori yang terjadi ketika kita bermain, berjalan kaki kedalam lapangan golf juga dapatmenjadi pilihan untuk membakar kalori lebih banyak.

Untuk menuju titik tenga npada lapangan golf , pemain golf biasnaya menggunakan mobil. Padahal apabila kita berjalan kaki akan membantu lebih banyak kalori tubuh yang terbakar. Hal tersebut kembali lagi kepada kemampuan fisik seseorang.

  1. Menyegarkan tubuh dan pikiran

Lapanagn golf yang luas dan hijau membantu menyegarkan tubuh dan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Suasana outdoor yang luas dan dikelilingi banyak pohon dan rerumputan yang hijau membantu tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Suasana luar ruangan hijau yang jarang ditemui khusunya bagi masyarakt kota menjadi daya tarik bagi para pemain golf untuk menghilangkan stress dan rasa lelah pada tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Melakukan olahraga golf mampu meningkatkan denyut nadi menjadi lebih teratur. Peningkatan denyut nadi pada tubuh akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Kondisi seperti ini dapat menstimulusi sel saraf di otak. Hal tersebut akan membantu kerja otak menjadi lebih baik.

Selain itu, aliran darah yang lancar pada saraf otak mampu mengurangi resiko ganggauan atau kelainan pada otak seperti kelainan mental atau demensia.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantungsangat penting. Hampir semua kegaitan olahraga dapat membanu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, termausk juga permainan golf. Melakukan olaraga golf membantu meningkatkan denyut jantung. Meningkatkatnya denyut pad jantung dpaat mengurangi berbagai penyakit jantung seperti lemah jantaung.

Jantung akan bekerja lebih baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Konsidi tersebt tidak hanya membuat jantung sehat, tetapi juga membantu menjaga kesehatan seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Permaiann golf dapat membanu meningkatakn kulaitas tidur. Pembakaran pada tubuh yang diakibatkan oleh peningktan kerja otot membuat tubuh merasa lelah. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas tidur di malam hari menjadi lebih nyenyak.

Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan produktivitas tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. kualitas tidur yang baik meningkatkan produktivitas dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Melatih fisik dan cardio

Bermain golf akan melatih fisik dan cardio tubuh. Berjalan menyusuri lapangan golf digolongkan sebagai salah satu bentuk latihan fisik. Menyusuri lapangan yang luas dengan berjalan santai mebantu melatih fisik untuk tetap bugar dan mempu melatih jantung (cardio).

  1. Meningkatkan konsentrasi

Untuk melemparkan golf ke dalam lubang yang jaraknya jauh dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kondisi tersebut akan membiasakan tubuh memiliki daya konsentrasi tinggi. apabila rutin dilakukan, melakukan permainan golf membantu meningkatkan konsentrasi tubuh.

  1. Mengurangi strees

Stress sering dialami seseorang akibat rutinitas sehari-hari dan rutinitas pekerjaan yang padat. Melakuakn permainan golf dapat membantu mengurangi strees. Permainan yang ringan dan tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga membuat tubuh menjadi frees..

Kondisi lapanagan yang lapang dan hijau membantu menenangkan pikiran. Kegiatan olahraga seperti bermain golf mampu melepaskan hormone endorphine dalam tubuh yang bersifat merangsang sehingga tubuh dapat sejenak melupakan hal-hal yang mengganggup pikiran.

  1. Membuka pelang bisnis

Bertemu dengan banyak orang di lapangan membuat kita lebih banyak berpeluang mengenal lebih banyak orang dari berbagai kalangan. Hal tersebut berpeluang meningkatkan kerja sama antara satu orang degnan orang lainnya. hal tersebt akan menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Memenuhi vitamin D bagi tubuh

Vitamin D pada tubuh untuk membantu proses penyerapan kalsiun untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Lapangan terbuka memungkinkan seseorang memperoleh cahaya matahari yang cukup. Paparan sinar matahari di pagi hari membantu memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh. Oleh karenanya, sangat baik apabila melakukan permainan golf di pagi hari.

  1. Menguatkan fisik

Bermain golf dalam kehidupan sehari-hari, tentusaja dapat membantu membuat fisik menjadi lebih kuat. Berlatih secara terus menerus membantu fisik terbiasa melakukan aktivitas lebih dari biasanya. Hal ini lantaran dalam latihan fisik golf senantisa memerlukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

  1. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Melakukan olahraga golf membutuhkan penglihatan yang jernih untuk dapat melihat posisi lubang agar bola yang dilempar dapat masuk tepat sasaran. Penglihatan juga harus fokus melihat posisi bola yang kecil. Oleh karenanya, membiaskan diri bermain golf akan membantu meningkatkan penglihatan. Hal tersebut juga didukung oleh suasana hijau yang dapat membanu menyehatkan mata.

  1. Menghindari dari penyakit

Melakukan olahraga golf dapat mengurangi resiko tubuh dari berabagi penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit kandung kemih, obesitas, dan lain sebagainnya. Berbagai manfaat kesehan yang dirasakan tubuh akan meningkatkan kebahagian. Tubuh yang sehat membuat aktivitas sehari-hari berjalan dengan baik.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Melakukan permainan golf akan meningkatkan kebugaran jasmani yang ada di dalam tubuh. Tubuh tidak mudah lemas ketika melakukan aktivits yang berat. Hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas hasil pekerjaan yang dilakukan.

  1. Meningkatkan harapan hidup

Menurut penelitian dari studi swedia di skandinavia Journal of Medicine dan Science menyimpulkan bahwa bermain golf secara teratur dapat menurunkan angka kematian sebesar 40% dan meningkatkan harapan hidup 5 tahun.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkaitan dengan tujuan dan manfaat yang bisa diperoleh dari bermain olahraga golf.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.