Macam Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Permainan Bola Kecil

Permainan bola atau biasa dikenal dengan arti olahraga bola merupakan jenis olahraga modern dan tradisional yang menggunakan bola sebagai bagian dalam permainan. Bola tersebut bisa berukuran besar, yang biasanya dikenal dengan istilah permainan bola besar atau bola berukuran kecil, yang biasanya dikenal dengan istilah permainan bola kecil.

Dalam tujuan permainan bola kecil setidaknya terdapat beberapa jenis yaitu tenis meja, tenis lapangan, baseball, softball, sepak takraw, hockey, dan lain-lain. Akan tetapi yang pasti permainan bola kecil bukan hanya menggunakan bola, tapi biasanya menggunakan raket, bat, tongkat pemukul, dan peralatan khusus lainnya sebagai pendukung dalan permainannya. Misalnya tenis meja menggunkan bat sebagi pemukul. Bola dipukul dengan bat agar melewati net yang membagi meja menjadi dua bagian sama besar.

Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil hakekatnya merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil sebagai bahan permainannya. Meskipun olahraga memang tidak sepopiler atlet dari cabang olahraga yang lainnya seperti sepak bola, tapi olahraga ini juga telah populer dan orang kebanyakan memaikannya hanya  untuk memaksimalkan daya tahan tubuh saja.

Atas dasar inilah permainan bola kecil dapat didefinisikan sebagai permainan yang dilakukan dengan menggunakan bola berukuran kecil, serta biasanya menggunakan alat pendukung seperti raket, tongkat dan bet. Adapun untuk jenis permainan bola yang dimainkan dengan bola kecil ini sendiri seperti tenis, bisbol, dan sepak bola.

Macam Permainan Bola Kecil

Jenis permainan bola kecil dan penjelasannya, antara lain:

  1. Tenis Meja

Permainan Bola Kecil Tenis Meja
Tenis Meja

Tenis Meja adalah olahraga yang menggunakan bola ping-pong dengan berat yang ringan dan memiliki ukuran diameter 40 mm. Tenis meja termasuk dalam kategori olahraga indoor. Permainan dilakukan oleh dua orang dengan mengggunakan prinsip yang sama dengan voli yaitu bola harus melewati net dan tidak keluar garis, tapi perbedaannya adalah dalam permainan ini bola harus memantul sekali.

  1. Tenis Lapangan

Permainan Bola Kecil Tenis lapangan
Tenis Lapangan

Tenis lapangan pada dasarnya menggunakan bola kecil yang dimainkan dengan menggunakan raket. Permainan ini bisa dimainkan secara tunggal ataupun ganda. Area tenis dalam arti lapangan dibatasi dengan net. Ada turnamen internasional untuk permainan ini.

  1. Golf

Permainan Bola Kecil Golf
Golf

Golf adalah permainan bola kecil yang biasanya dilakukan oleh masyarakat kelas atas, karena bukan hanya membutuhkan peralatan yang sangat mahal, tapi lokasi yang dibutuhkan juga sangat luas dan harga sewa lokasi untuk olahraga ini tidaklah murah. Properti yang digunakan dalam permainan golf terdiri atas bola putih khusus golf dan tongkat pemukul.

  1. Mini Golf

Permainan Bola Kecil Mini Golf
Mini Golf

Miniatur golf, juga dikenal sebagai minigolf, mini-putt, midget golf, crazy golf, atau putt-putt, merupakan cabang dari olahraga golf yang hanya berfokus pada aspek puting dari permainan induknya.

Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak jumlah poin terendah. Ini dimainkan di lapangan yang terdiri dari serangkaian lubang (biasanya kelipatan 9) mirip dengan induknya, tetapi ditandai dengan panjangnya yang pendek (biasanya dalam jarak 10 yard dari tee ke cangkir).

  1. Baseball

Permainan Bola Kecil Baseball
Baseball

Baseball adalah permainan bola kecil yang merambah ke tingkat internasional. Bola yang digunakan dalam permainan ini memiliki diameter 7,3 cm. Lokasi bermainnya di area terbuka maka, sehingga harus menggunakan sarung tangan dan topi untuk menghalau sinar matahari.

  1. Bola Kasti

Permainan Bola Kecil Kasti
Kasti

Permainan bola kasti mirip dengan baseball. Ada dua kelompok yang bertanding, tiap-tiap kelompok dalam arti kasti ini mempunyai pemukul dan pelempar bola. Selain mempunyai penjaga di setiap titik, dalam permainan ini setidaknya mempunyai jumlah kelompok yang sama untuk kedua tim.

  1. Kricket

Permainan Bola Kecil Kricket
Kricket

Krikket adalah permainan bola kecil yang ada di negara-negara Eropa. Pada dasarnya, kriket mirip dengan kasti atau baseball, perbedaannya adalah bola yang digunakan. Bola kriket harus dibungkus dengan menggunakan kemasan laon sehingga memiliki bentuk yang tidak lagi bulat.

  1. Softball

Permainan Bola Kecil Softball
Softball

Softball adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh 2 regu, dengan masing-masing regu terdiri atas 9 orang pemain yang memiliki tugas berbeda-beda. Wasit untuk permainan ini minimal 1 dan 7 hakim pembantu untuk bertugas mengawasi jalannya pertandingan. 

  1. Bilyar

Permainan Bola Kecil Bilyar
Bilyar

Billiar adalah jenis permainan boa kecil yang membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Permainan yang satu ini dilakukan di atas meja dengan menggunakan stick yang mempunyai fungsi untuk menyodok bola putih dan memasukkan bola lainnya ke 6 lubang yang ada di meja. 

  1. Sepak Takraw

Permainan Bola Kecil Sepak Takraw
Sepak Takraw

Sepak takraw adalah jenis permainan boa kecil yang merupakan gabungan dari permainan bola besar sepak bola dan bola voli. Pelaksanaan permainan sepak takraw biasanya dilakukan di lapangan bulu tangkis ganda dan menggunakan bola yang terbuat dari rotan. 

  1. Bulu Tangkis

Permainan Bola Kecil Bulu Tangkis
Bulu Tangkis

Badminton atau bulu tangkis adalah permainan bola kceil yang dilakukan oleh dua tim dengan menggunakan raket dan kok.  Dalam permainan ini ada kategori ganda putra, putri dan campuran serta kategori tunggal putra dan putri.

Indonesia termasuk salah satu negara yang kuat dalam hal tim bulu tangkisnya. Hal itu dibuktikan dari hampir setiap kejuaraan olimpiade Indonesia selalu memperoleh emas di cabang bulu tangkis.

  1. Hockey (Hoki)

Permainan Bola Kecil Hockey
Hockey

Hockey merupakan jenis permainan bola kecil beregu, baik regu putra maupun putri. Hockey bisa dibedakan menjadi dua 2 kategori yaitu Hockey Es dan Hockey Lapangan, tapi pada dasarnya keduanya memiliki prinsip yang sama.

  1. Tolak Peluru

Permainan Bola Kecil Tolak Peluru
Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan permainan bola kecil yang juga termasuk dalam kategori olahraga atletik. Penilaian dalam permainan tolak peluru ditentukan berdasarkan titik paling jauh dari hasil lemparan bola besi. Pemain yang memiliki kekuatan tangan dan teknik yang betul akan menghasilkan lemparan yang maksimal. 

  1. Kippers

Permainan Bola Kecil Kippers
Kippers

Kippers merupakan permainan bola kecil yang sepintas mirip dengan kasti. Dalam permainan yang satu ini, kippers pemukul memiliki tugas sekaligus sebagai pelambung atau pelempar bola. Permainan ini terdiri atas 12 orang pemain. Sesuai peraturan yang berlaku, pemain harus berhenti berlari saat bola yang dilempar tim penjaga melewati garis pukulan.

  1. Squash (Tenis Dinding)

Permainan Bola Kecil Squash
Squash

Squash merupakan permainan bola kecil yang dilakukan dengan cara ada dua orang yang saling memukul bola menggunakan raket ke arah dinding di depannya. Pukulan tersebut akan terus berlanjut sampai salah satu orang pemain tidak mampu mengembalikan bola lagi. Permainan yang satu ini berasal dari Inggris, dan sangat jarang dimainkan di Indonesia.

  1. Rounders

Permainan Bola Kecil Rounders
Rounders

Pada permainan bola kecil yang satu ini ada gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola. Ini juga hampir mirip dengan kasti yang dimainkan beregu. Dalam satu pertandingan ada dua regu yang masing-masing terdiri atas 9 sampai dengan 12 pemain.

Pemain harus lincah dan lihai dalam bermain agar bisa menghindari bola yang akan menyentuhnya. Pemain yang telah berhasil memukul bola harus berlari mengelilingi lapangan. Tim yang berhasil mengelilingi lapangan lebih banyak akan menjadi pemenang.

  1. Lacrosse

Permainan Bola Kecil Lacrosse
Lacrosse

Lacrose merupakan permainan bola kecil yang menggunakan tongkat berjaring yang dinamakan crosse untuk memukul bola. Tongkat ini panjangnya 3 sampai dengan 4 kaki. Bola yang digunakan biasanya dibuat dari kulit rusa yang diisi dengan bulu.

Aturan umum permainan ini adalah dalam pertandingan terdiri atas 2 tim yang masing-masing memiliki 10 orang anggota. Tiap-tiap anggota mempunyai tugas yang berbeda beda, satu pemain memiliki tugas menjaga gawang, tiga pemain memiliki tugas untuk bertahan, tiga pemain di tengah dan tiga pemain penyerang.

Satu kali pertandingan ada tiga babak, yang setiap babaknya berlangsung selama 20 menit. Tim bisa dikatakan menang dalam pertandingan ini jika tim tersebut berhasil memasukkan bola ke gawang lawannya lebih banyak.

  1. Karambol

Permainan Bola Kecil Karambol
Karambol

Karambol bisa dianggap sebagai permainan meja yang merupakan modifikasi dari permainan biliar. Konon, permainan yang satu ini berasal dari India, kemudian menyebar pada tahun 70-an. Karambol memiliki beragam sebutan atau nama lain misalnya karam, karum, karom, carum, carrum, couronne, dan finger biliiards  atau biliar jari.

  1. Kelereng

Permainan Bola Kecil Kelereng
Bola Kelereng

Kelereng merupakan mainan kecil yang bentuknya bulat, terbuat dari kaca, tanah liat, marmer. Kelerengan juga dikenal dengan nama lain misalnya gundu, keneker, kaleci dan guli. Ukuran kelereng sangat bervariasi, pada umunya ½ inci atau 1,25 cm diameternya. Dari segi histroris, kelereng ditemukan semenjak 3000 SM di Mesir yang terbuat dari batu atau tanah liat.

  1. Permainan Bola Bekel
Permainan Bola Kecil Bekel
Bola Bekel

Permainan bola bekel merupakan olahraga tangan dengan menggunakan bola karet serta beberapa biji karet. Nama lain untuk permainan ini misalnya di Jawa barat dinamakan kuwuk dengan jumlah biji bekelnya biasanya 10-12 biji. Permainan bola kecil yang satu ini menjadi sangat populer pada tahun 90-an oleh anak-anak terutama kalangan anak perampuan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkaitan dengan jenis permainan bola kecil dan penjelasan lengkapnya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.