Tujuan Berlatih Bela Diri Judo

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Bermain Judo

Pernahkah anda mendengar istilah judo? Judo pada dasarnya merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang paling terkenal di Negara Jepang. Umumnya tujuan seseorang melakukan olahraga judo  agar bisa menimgkatkan kebugaran jasmani secara fisik maupun mental.

Maka tak khayal dalam melakukan bela diri diperlukan latihan kecepatan serta kecakapan fisik, dan sikap disiplin mental yang hebat bagi setiap pemainnya.

Judo

Judo adalah salah satu seni bela diri yang tersusun dari dua kata yaitu “ju dan do”. Arti ju ialah lembut, sedangkan kata do artinya jalan. Apabila digabung menjadi satu, maka judo dimaknai sebagai jalan kelemah yang menjadi lembutan bagi setiap pemainnya.

Adapun untuk praktek teknik judo ini pada umumnya juga dapat membantu orang dalam pengembangan kebugaran fisik mulai dari meningkatkan latihan kekuatan, fleksibilitas, kelincahan, kecepatan, keseimbangan dinamis, dan statis, dan daya tahan.

Tujuan Judo

Adapun untuk tujuan melakukan olahraga judo dalam berbagai hal. Antara lain;

  1. Menjaga diri

Seni bela diri judo merupakan sala satu jenis olahraga tradisional di Jepang yang memiliki tujuan utama untuk menjaga diri setiap individu. Apalagi dalam olahraga ini yang ditonjolkan ialah pembelajaran bela dirinya, maka pastinya ada banyak teknik-teknik yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan untuk kebaikan diri sendiri maupun membantu orang lain yang memerlukan perlindungan.

Namun perlu dicatat baik-baik bahwa dengan kemampuan yang telah diperoleh dari judo ini, bukan berarti setiap orang bisa memanfaatkan teknik-teknik judo untuk menyerang atau melakukan tindakan kejahatan kepada orang lain.

  1. Menyehatkan otot

Seni bela diri judo bermaksud pula untuk memberikan kesehatan otot yang lebih baik dalam tubuh seseorang. Karena setiap gerakan pada judo memiliki fungsi sendiri-sendiri yang pastinya juga sangat baik untuk menjaga kekuatan otot tubuh.

Bahkan bagian otot yang bisa dilatih agar terbentuk semakin bagus dan kuat bukan hanya terletak di satu bagian saja, melainkan ada dibagian otot bahu, dada, perut, leher, paha, dan betis.

  1. Menguatkan dan menyehatkan mental

Kegiatan judo membuat seseorang bisa menguatkan dan mengontrol mental agar lebih stabil. Karena pada bela diri ini seseorang diajarkan untuk mengendalikan emosinya dengan sebaik mungkin. Sehingga setiap ilmu baru yang didaptkan bukan semata-mata untuk menyombongkan diri dan sejenisnya, melainkan sebagai sarana perlindungan dari berbagai serangan atau kejahatan yang perlu untuk dilawan.

Selain itu judo mengajarkan untuk bisa menjaga keamanan untuk diri sendiri. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap mental seseorang menjadi lebih baik, terkontrol, dan terhindar dari segala bentuk ketegangan atau kecemasan. Itulah alasannya olahraga judo ini disukai banyak orang.

  1. Menurunkan berat badan

Judo bukanlah bela diri yang memberikan solusi untuk mengatasi berbagai keahatan saja. Akan tetapi pada bela diri judo ini seseorang akan diajarkan gerakan-gerakan yang menyita atau menguras tenaganya dengan teknik judo yang benar.

Secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh baik pada diri individu tersebut yaitu bisa menurunkan berat badan. Karena badan tidak hanya berdiam diri melainkan digerakan dan bisa membakar lemak yang ada dala,m tubuh.

  1. Melatih perilaku baik

Bela diri judo adalah bela diri yang mengajarkan kebaikan, keberanian, dan karakteristik yang lebih unggul. Karena pada bela diri ini seseorang tidak didoktrin untuk menyiksa semua orang yang mengganggu dirinya. Akan tetapi ilmu bela diri tersebut hanya baik digunakan untuk kondisi yang tepat dan bisa membantu orang lain. Maka secara tidak langsung judo bertujuan untuk melatih perilaku baik dalam diri seseorang.

Dari rangkaian penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa bela diri judo merupakan olahraga yang memiliki banyak kelebihan, sehingga tidak heran jika seni bela diri ini termasuk olahraga yang banyak diminati bahkan masuk dalam ajang kejuaraan.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan tujuan dan keberfungsian bela diri judo dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *