Pengertian Billiard, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permainannya

Diposting pada

Pengertian Billiard

Biliar adalah permainan yang populer tidak hanya di Inggris tetapi di seluruh dunia berkat popularitasnya selama masa Kerajaan Inggris. Biliar adalah olahraga cue yang dimainkan oleh dua pemain dan memanfaatkan satu bola objek (merah) dan dua bola cue (kuning dan putih). Ada banyak bentuk permainan biliar di seluruh dunia, tetapi Biliar Inggris adalah salah satu yang paling umum dan paling populer.

Permainan ini dimainkan di seluruh dunia, terutama di negara-negara Persemakmuran. Tujuan permainan Biliar adalah untuk mencetak lebih banyak poin dari lawan, mencapai jumlah yang disepakati yang dibutuhkan untuk memenangkan permainan. Untuk itu, pemain harus menguasai beberapa teknik dasar serta memahami peraturan dalam permainan biliar.

Billiard

Kata billiard sendiri diketahui diambil dari kata “billart” yang memiliki makna tongkat kayu atau “bille” yang memiliki makna bola, sehingga biliar bisa diartikan sebagai salah satu dari berbagai permainan yang dimainkan di atas meja persegi panjang dengan sejumlah permainan bola kecil dan tongkat panjang yang disebut cue.

Seperti catur, ini adalah permainan yang sangat taktis yang mengharuskan pemain untuk berpikir baik menyerang dan bertahan pada saat yang sama. Meskipun bukan permainan fisik dalam arti kata apa pun, itu adalah permainan yang membutuhkan tingkat ketangkasan dan konsentrasi mental yang luar biasa.

Pengertian Billiard

Biliar atau dalam Bahasa Indonesia biasanya dikenal dengan istilah bola sodok ialah cabang dalam arti olahraga yang termasuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi. Oleh sebab itu, olahraga yang satu ini sangat membutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar.

Selain itu, kemampuan fisik yang prima juga sangat diperlukan untuk menunjang agar bisa berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Pengertian Billiard Menurut Para Ahli

Adapun definisi biliar menurut para ahli, antara lain:

Collins Dictionary

Biliar adalah permainan yang dimainkan di atas meja besar, di mana kita menggunakan tongkat panjang yang disebut cue untuk memukul bola satu sama lain atau ke dalam saku di sekitar sisi meja.

Merriam-Webster

Biliar adalah salah satu dari beberapa permainan yang dimainkan di atas meja lonjong dengan menggerakkan bola kecil satu sama lain atau ke dalam saku dengan isyarat.

Sejarah Billiard

Meskipun tidak diketahui secara tepat sejarah awal biliar, tapi permainan ini diyakini telah dimainkan dalam berbagai samaran selama berabad-abad lalu. Awalnya dimainkan sebagai permainan rumput.

Varian biliar atau biliar yang lebih modern diakui secara luas sebagai versi Prancis dari permainan biliar tradisional. Pocket billiards atau dikenal sebagai biliar, adalah permainan yang secara tradisional dimainkan di Kanada dan Amerika Serikat.

Asal Mula Biliar

Meskipun asal mula olahraga ini tidak diketahui secara pasti, diterima secara luas bahwa salah satu bentuk biliar paling awal dan paling dikenal berasal dari Prancis pada abad ke-15.

Pada hari-hari awal, biliar mengalami kesuksesan luar biasa yang disebutkan dalam drama Shakespeare dan dinikmati oleh para politisi, ilmuwan, dan selebriti. Louis XIV dari Perancis, Napoleon, Mozart, dan George Washington adalah di antara beberapa yang paling terkenal dan penggemar permainan ini.

Baru pada akhir abad ke-17 cue tersebut diperkenalkan, dan diyakini bahwa sebelum tanggal ini, para pemain menggunakan tongkat untuk memukul bola. Menyusul pergantian abad ke-19, permainan benar-benar lepas landas di Inggris dan peralatan serta peraturan dengan cepat berkembang ke tingkat yang sekarang kita anggap lebih akrab.

Evolusi Kolam Modern

15 ball pool secara luas dianggap sebagai cikal bakal sembilan ball pool modern yang didominasi dimainkan di AS. Lima belas bola diberi nomor berurutan dari satu hingga lima belas dan pemain mengumpulkan skor yang sama dengan jumlah bola yang mereka pot. Pemain pertama yang mencapai 61, atau lebih dari setengah dari total 120 bola, dinyatakan sebagai pemenang.

Tujuan Billiard

Tujuan permainan biliar ialah untuk memasukkan bola secara berturut-turut dari nomor 1-9. Untuk memasukkan bola bisa  dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja atau mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja.

Adapun manfaat bermain biliar, antara lain:

  1. Membakar Kalori

Kebanyakan orang tidak menganggap bermain biliar sebagai latihan yang berat, dan sebagian besar dari kita mungkin tidak akan kehabisan nafas selama pertandingan. Itu tidak berarti gerakan kita tidak membakar kalori. Bahkan, rata-rata pemain akan dengan mudah berjalan sekitar satu mil hanya dalam satu permainan biliar.

Oleh karena itulah mungkin tidak tampak banyak, tetapi bertentangan dengan duduk di sofa menonton TV, itu jauh lebih banyak. 

  1. Membangun Fokus

Mencoba untuk menemukan sudut sempurna untuk menepis dalam tembakan kita tanpa mengetuk bola 8-in membutuhkan banyak fokus. Hampir semua yang kita lakukan di meja biliar membutuhkan perhatian serius.

Kemampuan untuk memperhatikan detail-detail kecil dan fokus pada tugas yang ada saat menghalangi stimulus eksternal adalah penting bagi semua orang. Bermain biliar secara teratur dapat membantu kita membangun keterampilan semacam itu, yang bisa sangat berguna ketika kita sedang tidak bermain.

  1. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Sama seperti biliar membantu membangun fokus kita, bermain biliar juga dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis kita di meja dan dalam kehidupan. Sebagai contoh, menghitung pukulan bank yang sulit atau belajar mengiris bola cue kita dengan benar membutuhkan pemikiran logis, langkah-demi-langkah.

  1. Pertajam pikiran

Para pemain biliar seringkali memiliki pikiran yang lebih tajam, karena permainan memerlukan perhitungan matematika mental dan perkiraan yang harus dilakukan, seperti fisika dasar dan geometri saat bermain.

  1. Mengencangkan otot

Ketika bermain biliar, kita akan diuntungkan oleh pengencangan otot kaki, punggung, dan pinggul yang berdampak rendah karena kita harus menekuk dan menjangkau terus menerus saat bermain.

Teknik Billiard

Terdapat bermacam-macam teknik pukulan dalam permainan billiar. Masing-masing pukulan mempunyai pergerakan dan arah yang berbeda dengan kecepatan yang kemudian disesuaikan oleh pemain. Teknik pukulan tersebut, diantaranya yaitu:

  1. Stop shot/stop stroke

Ini jenis pukulan paling mudah dalam permainan billiard. Titik pukul stik dalam teknik ini dilakukan tepat di tengah-tengah bola putih. Efek yang dilakukan ialah bola berhenti di tempat apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila pukulan tidak sejajar, maka laju bola tidak akan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat.

  1. Draw shot

Dalam menggunakan teknik ini, cara memukul bola putih yaitu sedikit di bawah titik tengah. Efek dari pukulan ini ialah bola akan berjalan mundur setelah terkena pool ball. Ini terjadi apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, sedangkan apabila tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih besar.

  1. Follow shot

Dalam menggunakan teknik ini, cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi jika pool ball dipukul secara sejajar, maka bola putih akan berjalan maju, sedangkan apabila tidak sejajar,maka  bola putih akan mempunyai sudut pantul lebih sempit dan laju yang lebih cepat.

  1. Spin shot

Dalam menggunakan teknik ini, cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari pukulan ini ialah bola bergerak ke arah yang tak terduga setelah mengenai bola sasaran atau memantul ke tepi meja.

  1. Masse

Teknik pukulan yang satu ini membuat bola putih bergerak melengkung. Teknik ini biasanya dilakukan saat bola sasaran terhalangi oleh bola lain.

  1. Jump shot

Teknik pukulan yang satu ini membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran. Teknik ini dilakukan dengan stik khusus, caranya yaitu dengan menekan bola putih dari atas sehingga bola bereaksi bergerak keatas.

  1. English shot

Ini adalah istilah untuk memukul bola dengan menggunakan efek. Teknik pukulan yang satu ini memungkin bola bergerak tidak terduga.

Aturan Permainan Billiard

Terdapat beberapa peraturan dalam permainan biliar 9-ball, diantaranya yaitu:

  1. Penggunaan bola biliar ialah yang bernomor 1-9 ditambah juga bola putih sebagai cue ball.
  2. Bola dengan nomor 1-9 harus disusun dalam bentuk wajik ketika break dan bola yang bernomor 1 posisinya harus ada pada bagian atas wajik, sedangkan bola yang bernomor 9 posisinya ada di tengah-tengah sementara lainnya dapat secara acak.
  3. Pemain wajib memasukkan bola dari nomor 1 hingga 9 secara urut dan tidak boleh acak.
  4. Proses memasukkan bola bisa kita lakukan secara langsung, dengan cara menyodok bola dengan nomor terkecil di atas meja atau mengombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sudah kita ketahui dengan pasti bisa masuk pada kantung di meja biliar.

Selain peraturan di atas, terdapat beberapa hal terkait pelanggaran dan hukuman yang perlu kita ketahui dalam permainan billiar, antara lain:

  1. Bola putih/cue ball masuk ke dalam lubang.
  2. Bola putih disodok dan mengenai bola yang bukan bernomor paling kecil pertama kali.
  3. Bola putih tidak menyentuh sama sekali bola sasaran ketika dipukul.
  4. Pakaian pemain atau bagian tubuh manapun dari pemain menyentuh bola di dalam meja.
  5. Meninggalkan atau menaruh begitu saja stik biliar di atas meja.
  6. Bola sampai keluar dari meja permainan.
  7. Memukul bola sewaktu bola-bola yang lain ada yang masih bergerak, tunggu sampai bola-bola tersebut diam.
  8. Tak ada bola yang menyentuh ban atau cushion ketika memukul bola sasaran dipukul.

Sebagai hukuman dari pelanggaran tersebut, biasanya pemain lawan akan mempunyai kesempatan untuk free ball, artinya bola putih bisa dia letakkan di posisi manapun pada meja permainan.

Pemain dinyatakan kalah jika sampai melakukan pelanggaran sebanyak 3 kali. Pemain menang dalam permainan jika sukses memasukkan bola bernomor 9 yang juga disahkan oleh wasit.

Maka itulah tadi penjelasan dan ulasan yang bisa kami sebutkan serta uraikan terkait dengan materi pengertian billiard menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan dalam permainannya. Semoga memberikan wawasan serta refrensi yang mendalam. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *