Tujuan dan Manfaat Olahraga Billiard

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Billiard

Pernahkah anda mendengar kata billiard? Kata billiard pada pada dasarnya memiliki arti olahraga dengan tongkat kayu atau bille yang berarti bola. Sebagai informasi awalnya permainan billiard ini dimainkan dengan dua bola pada meja yang memiliki lubang enam dan gawang seperti pada permainan kriket. Pada permainan billiard ada alat yang digunakan yaitu tongkat lurus sebagai sasaran pantul.

Sejarah permainan billiard pada awalnya sudah mulai dikenal di kalangan luas mulai tahun 1600-an. Sedangkan pada tahun 1675, permainan billiard menjadi populer di Inggris yang diiringi dengan penerbitan buku peraturan billiard itu sendiri, agar dalam permainan ini ada aturan yang jelas dan wajib untuk diikuti. Semakin berkembangnya zaman tepatnya pada awal tahun 1800an, permainan billiard ini banyak dimainkan oleh kaum bangsawa sehingga disebut pula dengan nama Noble Game of Biliards. Akan tetapi di masa sekarang ini billiard sudah bisa dimainkan oleh orang-orang dari berbagai tingkat sosial.

Billiard

Billiar adalah salah satu jenis olahraga menyodok bola dan tergolong sebagai olahraga yang popular untuk dimainkan. Pada permainan ini juga terkenal bahwa seseorang yang sedang bermaian biliard harus memerlukan konsentrasi yang baik.

Alasannya karena sedikit saja sudut pukulan melenceng, maka bola akan bergerak kearah yang tidak sesuai dengan tujuan.

Tujuan Billiard

Tujuan seseorang untuk memutuskan bermain olahraga billiard, antara lain;

  1. Membakar Kalori

Olahraga billiard pada dasarnya termasuk olahraga yang ringan dan tidak telalu membutuhkan tenaga yang begitu banyak.

Akan tetapi olahraga ini termasuk salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori, karena dalam permainan ini para pemain akan melakukan gerakan jalan untuk menentukan posisi yang tepat pada saat menyetil bola menggunakan tongkat yang mereka pegang. Maka dari itu secara tidak langsung kalori dalam tubuh bisa terbakar.

  1. Membangun Fokus

Kefokusan disini artinya ialah kosentrasi. Jadi dalam olahraga billiard, kosentrasi memang hal yang paling utama diperlukan.

Karena dengan rasa kosentrasi yang tinggi para pemain dapat melakukan permainan dengan baik yaitu bisa memasukan bola ke dalam lubang yang mereka tuju. Dengan demikian maka pemain akan memperoleh skor yang banyak jika selalu berhasil memasukan bola ke lubang permainan.

  1. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Bukan hanya persoalan kosentrasi, akan tetapi ketrampilan berpikir kritis juga dapat diasah melalui olahraga billiard. Pada umumnya para pemain akan menentukan strategi yang tepat dan harus berpikir dengan baik, bola bagian mana yang sebaiknya di sentil menggunakan tongkat agar berhasil masuk ke dalam lubang permainan.

  1. Pertajam pikiran

Olahraga billiard pada dasarnya juga dipergunakan untuk mempertajam pemikiran, hal ini disebabkan karena permainan bola kecil ini memerlukan perhitungan matematika mental dan perkiraan yang harus dilakukan dengan tepat.

  1. Mengencangkan otot

Pada saat anda melakukan permainan billiard, maka anda akan diuntungkan oleh pengencangan otot kaki, punggung, dan pinggul. Karena bagian-bagian tubuh tersebut yang biasanya lebih sering digerakan pada permainan billiard untuk menekuk dan menjangkau bola secara terus menerus saat bermain.

Manfaat Billiard

Sedangkan fungsi yang menadi manfaat olahraga billiard yaitu sebagai berikut ini:

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Permainan bola membuat para pemain mampu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Hal ini dikarenakan olahraga billiard bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Sehingga para ahli percaya bahwa permainan billiard dapat meningkat kemampuan otak manusia.

  1. Mengurangi stress

Rasa stress yang terjadi dalam diri manusia akan membuat kegelisahan maupun kegundahan dalam hati setiap individu. Kondisi stress ini biasanya juga disebabkan rasa penat dalam menghadapi masalah kerja maupun masalah lainnya. Untuk mengurangi rasa stress dalam hidup ada banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain yaitu dengan cara berolahraga untuk melupakan berbagai permasalahan.

Salah satu jenis olahraga modern yang bisa membantu mengurangi rasa stress dalam hidup yaitu permainan billiard. Selain dapat mengurangi stress, billiard juga dapat mengurangi kegelisahan. Karena dalam olahraga ini antar individu bisa melakukan interaksi secara langsung dan membuat beban pikiran dalam diri seseorang sedikit terlupakan.

  1. Memberikan rasa percaya diri

Rasa percaya diri juga akan senantiasa tumbuh melalui permainan billiard. Hal ini dikarenakan setiap individu diberikan akan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam bermainan olahraga billiard ini secara langsung.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya bahwa olahraga billiard  bukan hanya bergerak atau bermanfaat untuk bidang ksehatan saja.

Akan tetapi permainan ini juga berpengaruh terhadap sifat atau kemampuan seseorang, salah satunya yaitu meningkatkan kecerdasan otak. Karena billiard mengharuskan setiap pemain harus memiliki kosentrasi dan strategi yang baik agar dapat mencapai tujuan memasukan bola ke lubang permainan.

  1. Membuka relasi lebih luas

Seseorang yang memilih untuk bermain billiard akan memiliki relasi yang lebih luas. Hal ini karena dalam olahraga ini setiap individu akan bertemu dengan individu lain yang bisa membentuk hubungan baru, bahkan khusus untuk penghobi permainan ini biasanya berasal dari kelas ekonomi menang ke atas.

  1. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh

Bermain billiard memberikan manfaat yang baik untuk daya tahan pada tubuh yaitu meningkatkan kebugaran jasmani serta menjaga kesehatan agar lebih baik. Alasannya karena dalam olahraga ini seseorang akan melakukan aktivitas yang tidak hanya berdiam diri saja, sehingga setiap gerakan yang dilakukan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh itu sendiri.

  1. Membantu mengelola emosi

Pengelolaan emosi melalui olahraga billiard  juga dapat dikontrol dengan lebih baik. Karena dalam permainan ini setiap individu harus bersabar dan melatih dirinya agar mampu berkosentrasi dengan baik. Sehingga mereka harus mengelola sifat emosinya dengan pintar agar permainan bisa diselesaikan dengan baik.

  1. Mengurangi kegelisahan

Rasa kegelisahan juga dapat berkurang melalui permainan billiard. Hal ini dikarenakan dalam permainan billiard, setiap individu dapat melakuk,an permainan secara lebih rileks dan bertemu dengan kawan – kawan yang bisa diajak untuk berkomunikasi dan melupakan beban pikirnya.

  1. Melatih rasa tanggung jawab

Setiap pemain dalam olahraga billiard diberi kesempatan penuh untuk melakukan permainan tersebut. Sehingga setiap individu tersebut mampu berlatih rasa tanggung jawab dari permainan ini yaitu harus menyelesaikan permainan dengan sebaik-baiknya.

  1. Melatih pernafasan

Dalam permainan billiard rasa kosentrasi harus ditingkatkan, oleh karena itu untuk meningkatkan kosentrasi maka para pemain memerlukan kondisi yang prima. Sehingga mereka perlu meningkatkan dan melatih pernafasan agar rasa fokus untuk billiard bisa lebih dirasakan.

  1. Melatih penglihatan

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat yang sangat baik, yaitu melatih penglihatan. Rasa fokus yang diperlukan dalam permainan ternyata berhubungan pula dengan kemampuan mata untuk melihat arah bola yang paling tepat agar masuk ke lubang permainan.

  1. Melatih rasa sosialisasi

Rasa sosialisasi tentunya bisa dilatih melalui olahraga billiard, karena dalam permainan ini dilakukan oleh beberapa orang. Sehingga interaksi sosial yang terjadi antara satu denga lainnya juga semakin luas. Oleh karena itulah banyak orag yang berpendapat bahwa dengan olahraga ini memiliki keberfungsian yang sangat tinggi.

  1. Refreshing

Kegiatan billiard ini bisa digunakan untuk refreshing dalam tubuh. Hal ini dikarenakan olahraga ini termasuk salah satu permainan yang membuat setiap individu merasa lebih rileks dan dijadikan pula sebagai salah satu sarana hiburan.

  1. Meningkatkan skill bermain billiard

Semakin sering anda melakukan permainan billiard, maka manfaat yang bisa dirasakan yaitu kemampuan atau skill bermain billiard akan semakin terlatih. Hal ini bisa di jadi disebabkan karena skill dibutuhkan seiring sejalan dengan latihan.

  1. Melatih mental

Melatih mental disini yaitu mulai dari rasa percaya diri, keyakinan, dan tanggung jawab untuk menyelesaikan permainan billiard  itu sendiri. Oleh karena demikianlah mental setiap orang akan terbentuk denga olahraga biliard ini.

  1. Membuat bahagia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, olahraga billiard tidak hanya baik untuk kesehatan. Akan tetapi olahraga ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental yang salah satunya ialah rasa kebahagian seseorang. Maka, jangan salah bagi penghobi billiard akan berusaha untuk ajeg melakukan latihan dalam permainan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa permainan billiard ini bisa dipergunakan untuk mencapai kesehatan jasmani dan dapat membangun sebuah karakter kepribadian yang baik. Oleh karena itulah biliard menjadi olahraga yang memerlukan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang dengan kemampuan fisik yang kuat agar mampu memainkan billiard dengan baik.

Selain itu olahraga billiard juga memerlukan kosentrasi yang baik dan biasanya permainan ini dimainkan di atas meja dengan peralatan bantu khusus dan peraturan tersendiri yang harus dipatuhi. Perlu anda ketahui bahwa permainan billiard ini dapat dimainkan secara perseorangan maupun tim baik gender laki-laki maupun perempuan.

Sedangkan permainan ini memiliki visi utama agar bisa memperoleh skor yang banyak dan menang dalam permainan, visi tersebut yaitu memasukkan bola secara berturut-turut dari nomor 1 hingga nomor 9.

Demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan yang menjadi manfaat melakukan olahraga billiard dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *