Fungsi Koreografer dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Manfaat Koreografer

Diakui ataupun tidak seorang koreografi dan koreografer bisa berperan sebagai pengajar dan pendidik. Dimana komposisi gerak yang telah diciptakan oleh seorang koreografer ini seringkali dijadikan pertunjukan. Misalnya saja seperti pagelaran seni yang memang menjadi salah satu ajang bagi koreografer untuk memperkenalkan komposisi  gerak yang diciptakannya.

Oleh karena itulah sudah banyak apresiasi seni yang diberikan kepada pada nama koreografer sebagai bentuk terima kasih dan bentuk penghargaa atas hasil karya yang dapat dinikmati oleh orang banyak.

Koreografer

Koreografer pada hakekatnya sangatlah membutuhkan keahlian dan pengalaman untuk mamapu memadupadankan antara gerak, makna, dan irama.  Tujuan seorang koreografer biasanya memiliki tempat khusus yang disebut dengan arti sanggar yang berguna untuk melatih siapa saja yang ingin berlatih menari maupun berlatih menciptakan gerak dalam seni tari.

Fungsi Koreografer

Adapun berbagai fungsi yang ada di dalam koreografer antara lain:

  1. Menciptakan Komposisi Gerakan Tari

Fungsi koreografer adalah untuk menciptakan gerakan baru yang dapat dinikmati banyak orang. Koreografer dituntut mampu menciptakan komposi gerak dengan tetap memperhatikan unsur keindahan yang memiliki makna dan nilai sosial.

Hal tersebut bertujuan agar koreografi yang diciptakan tidak hanya berupa gerakan yang indah tetapi didalamnya terdapat nilai edukasi yang dapat diambil baik secara tersirat maupun secara langsung.

Dalam arti olahraga, koreografer memiliki fungsi untuk menciptakan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Dalam hal ini koreografer memiliki tuhas untuk menyesuaikan komposisi gerak agar bisa dilakukan oleh semua usia.

  1. Sebagai Pelatih

Koreografer dapat berfungsi sebagai pelatih bagi siapaun yang ingin belajar koreografi. Sebagai pelatih, seorang koreografer dituntut untuk memiliki kesabaran. Koreografer tidak hanya melatih melakukan susunan koreografi, tetapi mampu melatih bagaimana cara dan proses menciptakan koreografi.

Sebagai seoranng pelatih, koreografer harus mampu menggali bakat-bakat anak didiknya. Hal tersebut bertujuan untuk mennetukan pola pengembangan yang akan dilakukan dalam proses pelatihan. Hasil akhir dalam suatu pelatihan biasanya berupa pertunjukan seni untuk menunjukan bakat-anak didiknya pada dunia luar. Hal ini juga akan melatih mental anak didik.

  1. Sebagai Pendidik

Selain sebagai pelatih, seorag koreografer juga dapat berperan sebagai pendidik di sekolah. Banyak sekolah yang saat ini memasukan pembelajaran seni tari (koreografer) dalam proses pembelajaran. Sebagai pendidik, koreografer tidak hanya dituntut untuk mampu mengajarkan gerak tari, tetapi juga mampu menjelaskan makna edukasi dari setiap gerak yang dilakukan.

Hal tersebut agar peserta didik tidak hanya belajar tentang tari tatapi juga cerita sejarah, baik sejarah tentang tari itu sendiri maupuan pengetahuan sejarah yang bersifat umum. Sebagai seorang koreografer, selain menciptakan gerak ia juga harus mapu mengajarkan kepada orang lain.

  1. Memperkenalkan karya Seni

Seorang koreografer juga memiliki tugas untuk memperkenalkan karya seninya kepada orang banyak. Selain menciptakan koreografi, seorang koreografer harus mampu membuat baagaiamana agar hasil karya tersebut dapat dinikmati dan dikenal orang banyak.

Koreografer dituntut untuk mempu menciptakan strategi agar  suatu karya seni tidak hanya sebatas karya yang dibuat tanap diapresiasi. Memperkenalkan karya sastra juga salah satu upaya untuk menarik minat orang lain terhadap karya seni.

  1. Sebagai penikmat Seni

Selain sebagai pencipta, seornag koreografer juga berfungsi sebagai penikmat seni. Ia tidak hannya memperkenalkan dan mempertunjukan seni yang dibuatnya, tetapi juga harus mengapresiasi karya seni orang lain.

Sebagia penikmat seni, karya seni orang lain dapat dijadikan sebagai motivasi untuk menciptakan koreografi baru. Menjadikan karya seni lain sebagai motivasi dalam menciptakan koreografi baru berbedas dengan menjiplak karya seni.

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang ada di dalam koreografer dalam berbagai bidang kehidupan. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.