Tujuan Koreografer dan Penjelasannya

Diposting pada

Tujuan Koreografer

Ragam gerak dalam arti olahraga pada dasarnya sangatlah beragam. Dimana setiap orang yang menciptakan gerak dalam kegiatan olahraga, khususnya tari disebut dengan koreografer. Sedangkan untuk gerakan yang diciptakan disebut dengan koreografi.

Atas dasar semikianlah tujuan yang ada dalam koreografi dan koreografer tidak dapat disipisahkan satu sama lainnya. Meski ada sejumlah perbedaan yang harus diapahami.

Koreografer

Koreografer adalah salah satu sisistem perancang yang mampu membembuat komposisi gerak pada suatu tarian dan olahraga berupa senam. Dimana hasil rancangan gerak yang diciptakan tersebut kerapkali disebut dengan koreografi.

Sehingga seorang nama koreografer dituntut untuk memiliki kretaifitas tinggi. Alasannya karena seorang koreografer harus mampu menciptakan gerak yang memiliki makna, khususnya pada gerak tari. Dalam olahraga, unsur makna dalam gerak kurang diperhatikan. Selain itu, unsur estetika selalu menjadi unsur utama dalam proses penciptaan gerak.

Tujuan Koreografer

Koreografer memiliki tujuan dalam meciptakan komposisi gerak. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut;

  1. Menciptakan Gerak Baru

Salah satu tujuan dari koreagrafer dalam menciptakan gerak adalah untuyk menciptakan gerak yang estetik serta memiliki filosofi dalam setiap gerakannya. Inovasi baru selalu dibutuhkan dalam dunia seni maupaun olahraga yang memanfaatkan komposisi gerk, seperti unsur senam ritmik.

Penciptaan gerak tari yang baru diharapkan mampu memenuhi kebutuhan seni penikmatnya. Koreografi baru diciptakan dengan tetap memperhatikan dan mempertimbangakan perkembanagn zaman. Meskipun begitu, unsur-unsur tradisional tetap melekat sebagai ciri khas gerakan tari. Dalam dunia olahraga, penggunaan kompoisisi gerak pada senam ritmik dilakukan dengan tujuan untuk kebugaran jasmani yang dilakukan secara rutin.

Oleh karenanya, pembaruan komposisi gerak perlu dilakukan untuk mengurangi rasa bosan terhadap gerakan yang itu-itu saja. Pembaruan gerak baik pada seni tari maupun olahraga secara umum perlu dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan gerak semua orang.

  1. Sebagai Media Edukasi

Gerak tari juga memiliki nilai edukasi. Penciptaan gerakan tari biasanya digunakan sebagai media untuk mengedukasi orang banyak. Banyak nilai edukasi yang dapat diambil dari gerak tari, seperti nilai religius, nilai estetik, nilai pendidikan, nilai karakter, dan lain sebagainya.

Tujuan koreografer menciptakan gerakan tari salah satunya untuk mengedukasi penikmat seni dan menyebarkan nilai-nilai kebaikan yang ditampilkan melalui gerakann. Hal tersbeut karena seni dapat dinikmati oleh semua umur dan golongan.

Mengajarkan nilai kebaikan melalui gerak menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk mengedukasi anak. Melalui visualisasi, anak tidak akan mudah bosan. Gerak seni juga beguna untuk menambah pengetahuan anak tenatng cerita-cerita sejarah.

  1. Menarik minat Geerasi Muda terhadap Seni

Ketertarikan generasi muda terhadap seni khususnya seni tradisional semakin berkurang. Hal tersebut terjadi karena pengaruh globalisasi yang semakin meluas. Generasi muda atau sering disebut dengan generasi milenial lebih tertarik untuk mempelajari budaya asing.

Tujuan koreografer menciptakan komposisi erak adalah untuk menarik miant generasi muda agar lebih tertarik terhadap seni nasional khususnya modern. Penciptaan gerak tradisional dapat dipadupadankan dengan unsur modern.

Hal tersebut akan menarik minat generasi muda untuk sekedar menyukai dan mau mempelajari gerak tari khususnya gerak tari tradisional.

  1. Mengembangkan Ide

Menjadi seorang koreografer menjadi salah satu pekerjaan yang dilakukan karena hobi yang sesuai dengan bakat yang dimiliki. Seorang koreografer menciptakan koreografi baru dengan tujuan untuk mengembangkan ide.

Koreografi tari maupun koreografi senam ritmik seringkali diciptakan untuk mengisi waktu luang. Seorang seniman menyukai kebebasan. Kebebasan dalam hal adalah kebebasaan positif dan menghasilkan suatu karya seni apik berupa koreografi.

Adapun untuk sebuah ide dapat muncul kapan saja dan kapan saja. Untuk mewujudkan ide tersebut maka seorang koreografer haruslah memvisualisasikan dalam bentuk gerakan yang indah sehingga dalam hal ini dapat dinikmati banyak orang.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan adanya proses koreografer secara umum yang ada di masyarakat. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.