Tujuan Kegiatan Penjelajahan dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Penjelajahan

Menjalankan kehidupan di masa sekarang ini tentunya ada banyak hambatan maupun persaingan. Bahkan tak jarang banyak orang yang sering mengeluh dan merasa kurang puas atas apa yang selalu didapatkannya. Maka dari itu mereka seolah-olah selalu memiliki pemikiran yang berat dan kurang rileks. Sebetulnya kondisi semacam ini harus dikurangi agar setiap individu bisa lebih mensyukuri nikmat dalam hidup.

Salah satu cara agar orang-orang bisa hidup dengan lebih santai namun tetap dapat belajar banyak hal dari yang ada disekitarnya yaitu dengan melakukan kegiatan penjelajahan. Aktivitas penjelajahan ini umumnya bisa membuat seseorang mendapatkan fikiran yang lebih segar, rileks, daya tahan tubuh lebih menguat, dan sekaligus mengenal lingkungan alam bebas yang ada disekitar serta sebagai wujud rasa syukur atas keberadaan alam yang telah diciptakan Tuhan Yang Maha Esa.

Penjelajahan

Penjelajahan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara berjalan kaki disertai dengan adanya permainan atau petualangan. Umumnya kegiatan penjelajahan ini sendiri bisa dilakukan di lingkungan bebas yang bersifat terbuka.

Adapun mengenai kegiatan penjelajahan sebenarnya bentuk kegiatan penjelajahan. Misalnya saja;

  1. Mendaki gunung
  2. Cycling
  3. Surfing
  4. Rock climbing
  5. Dan lain sebagainya

Tujuan Kegiatan Penjelajahan

Sedangkan yang termasuk tujuan kegiatan penjelajahan. Antara lain sebagai berikut;

  1. Mengetahui segala sesuatu tentang penjelajahan di alam bebas

Tujuan pertama yang hendak dicapai dengan melakukan kegiatan penjelajahan ini yaitu untuk mengetahui berbagai hal mengenai kegiatan penjelajahan di alam bebas. Ada banyak orang yang sebetulnya belum mengetahui secara pasti kondisi alam terbuka yang sesungguhnya.

Maka dari itu tidak heran jika ada individu yang merasa ketagihan untuk melakukan kegiatan penjelajahan karena mengganggap bahwa kegiatan ini memberikan banyak pembelajaran untuk mensyukuri nikmat dan belajar hal lain dari alam itu sendiri.

  1. Mengetahui ketrampilan yang diperlukan untuk menjelajah alam

Melalui kegiatan penjelajahan setiap orang akan mengetahui seberapa besar kemampuan yang mereka miliki untuk melakukan kegiatan tersebut. Maka dari itu setelah melakukan kegiatan penjelajahan beberapa kali, setiap individu bisa mengukur kemampuannya dan melihat ketrampilan yang ada dalam dirinya.

Maka hal tersebut membuatnya merasakan harus berlatih metode atau teknik yang mereka rasa belum optimal. Sehingga dengan demikian individu bisa memperoleh atau mendapatkan banyak ketrampilan yang semula belum mereka peroleh menjadi lebih baik lagi.

  1. Mendekatkan diri pada Tuhan, pencipta alam semesta

Tujuan yang satu ini sudah pasti akan melekat dalam diri seseorang yang melakukan kegiatan penjelajahan. Karena dalam kegiatan ini setiap individu akan melihat betapa besar dan agungnya kemampuan Tuhan dalam menciptakan alam semesta ini.

Sehingga secara tidak langsung hal tersebut membawa individu untuk memiliki rasa syukur yang tinggi dan bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan mereka.

  1. Mengagumi dan mencintai keindahan tanah air sendiri

Kegiatan penjelajahan yang dilakukan di alam terbukan atau bebas akan memberikan kesan yang begitu indah bagi siapapun yang melakukan kegiatan ini. Terlebih lagi jika penjelajahan baru dilakukan pertama kali, maka hal tersebut bisa berdampak baik pada diri individu yaitu memiliki rasa kecintaan yang begitu tinggi terhadap keindahan yang ada di tanah airnya sendiri.

Sehingga hal tersebut akan membuatnya merasakan ketagihan dan ingin kembali melakukan kegiatan penjelajahan agar bisa melihat keindahan yang ada di daerah lainnya.

  1. Membina kesehatan dan kebugaran fisik, mental, emosional,dan sosial

Kesehatan, kebugaran fisik, mental, emosional, dan sosial umumnya bisa lebih terjaga dengan baik setelah anda mampu melakukan kegiatan penjelajahan ini.

Karena dalam kegiatan ini seseorang akan melatih kemampuan pada dirinya mulai dari kekuatan fisik hingga sifat atau karakter yang ada pada dirinya sendiri, untuk selalu bekerja sama, saling tolong menolong, dan rasa menghargai satu sama lain.

  1. Mendapatkan kegembiraan dan kepuasan

Sudah pasti rasa kegembiraan dan kepuasan bisa dirasakan setelah anda melakukan kegiatan penjelajahan. Apalagi dalam kegiatan ini anda bisa menemukan partner yang memang cocok dengan lingkungan anda sendiri, mulai dari teman, keluarga dan lain sebagainya.

Dengan kondisi demikian, maka penjelajahan bisa memberikan anda kenyamanan dan ingin mengulangnya lagi di waktu lain.

  1. Mengendorkan ketegangan jiwa dan jasmani

Seperti yang sudah dijelaskan di awal-awal, bahwa manusia dalam hidup ini harus memiliki rasa untuk mengontrol rasa stresnya.

Sehingga diperlukanlah yang namanya refresing dan salah satu cara untuk melakukan atau menetralkan fikiran ini yaitu dengan kegiatan penjelajahan. Melalui kegiatan ini anda bisa merasakan kenyamanan dan memperkecil ketegangan dalam jiwa maupun jasmani.

  1. Meningkatkan kemampuan, keamanan dan keterampilan

Kegiatan penjelajahan juga mampu meningkatkan berbagai kemampuan, keamanan, dan ketrampilan seseorang khususnya dalam dunia olahraga yang berkaitan dengan kegiatan penjelajahan. Hal ini lantaran selain melakukan latihan kekuatan juga seorang penjelajah melakukan latihan kecepatan.

  1. Meningkatkan disiplin dan rasa tanggung jawab

Arti disiplin yaitu sikap tepat waktu, umumnya sikap ini berkaitan erat dengan yang namanya tanggung jawab. Karena tanggung jawab adalah hal yang mengikat diri seseorang agar bisa mengendalikan banyak hal dalam hidupnya.

Dalam kegiatan penjelajahan ini tentunya setiap orang akan mendapatkan pelajaran rasa disiplin dan tanggung jawab itu sendiri. Alasannya dalam kegiatan ini anda akan berlatih untuk membawa tubuh anda terlebih dahulu menghadapi berbagai hambatan atau tantangan yang ada di alam bebas, dari hal ini maka anda harus disiplin untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Bukan hanya itu, namun kegiatan penjelajahan ini juga mengarahkan anda untuk, bisa menjaga satu sama lain dengan teman-teman yang ada dalam kegiatan penjelajahan. Sehingga rasa tanggung jawab harus anda pegang dengan betul-betul dan bisa membawa kemudahan untuk diri anda sendiri maupun orang lain.

Manfaat Kegiatan Penjelajahan

Berikut dibawah ini yang termasuk manfaat kegiatan penjelajahan adalah:

  1. Dapat lebih mengenal lingkungan sekitar

Pengenalan lingkungan sekitar ini memiliki arti bahwa setiap orang bisa mempelajari banyak hal yang ada disekitarnya khususnya mengenai alam. Maka dari itu individu bisa menggali ilmu-ilmu baru yang sebelumnya belum mereka ketahui hingga menjadi tahu dan lebih paham lagi.

  1. Meningkatkan kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani yaitu kondisi sehat dan kuat yang bisa dirasakan setelah melakukan berbagai bentuk kegiatan penjelajahan.

Umumnya kondisi ini bisa dirasakan apabila sebelumnya anda melakukan persiapan dengan baik. Karena dengan persiapan itulah maka anda bisa menjaga kesehatan maupun kebugaran dengan lebih baik, serta memiliki kiat-kiat khusus untuk menghadapi hambatan yang mungkin dapat terjadi di tengah jalan.

  1. Menambah pengalaman baru

Bagi anda yang belum pernah sama sekali melakukan kegiatan penjelajahan, maka anda akan memperoleh pengalaman baru yang pastinya tidak akan dilupakan. Justru dengan pengalaman tersebut anda bisa lebih banyak belajar lagi tentang apa saja yang perlu dipersiapakan untuk melakukan penjelajahan, kekuatan seperti apa yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukaka dapatlah dikatakan bahwa kegiatan penjelajahan ini tentunya ada banyak tujuan yang hendak dicapai. Alasannya karena kegiatan ini bukan semata-semata hanya untuk menenagkan pikiran namun ada banyak hal yang bisa diambil sisi positifnya.

Sedangkan untuk kegiatan penjelajahan bukan hanya persoalan olahraga atau kegiatan fisik semata. Akan tetapi ada banyak manfaat kegiatan penjelajahan yang bisa dirasakan oleh setiap individu yang melakukan aktivitas ini.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan melakukan kegiatan penjelajahan dan manfaat yang bisa di dapatkan. Semoga memberikan edukasi bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *