Manfaat Latihan Beladiri Kendo

Diposting pada

Manfaat Latihan Kendo

Pendidikan olahraga merupakan salah satu hal yang menjadi bagian penting dalam hidup. Alasannya karena melalui pembelajaran olahraga yang diketahui banyak orang akan membuat mereka sadar bahwa kebugaran jasmani memang perlu dijaga dan salah satu caranya yaitu dengan melakukan olahraga itu sendiri.

Berbicara mengenai olahraga anda pasti sudah tidak asing dan telah mengenal banyak jenis olahraga modern itu sendiri. Contohnya yaitu mulai dari lari, bulu tangkis, sepak bola, dan lain sebagainya. Namun mendengar kata “kendo” apakah anda sudah mengetahui jenis olahraga yang satu ini? Latihan kendo merupakan salah satu bentuk olahraga yang berhubungan dengan bela diri.

Kendo

Beladiri kendo pada dasarnya berasal dari Negara Jepang dan dianggap sebagai seni bela diri modern yang menggunakan alat pedang. Kendo berasal dari kata “ken” dan “do”. Arti kata ken yaitu pedang , sedangkan kata do berarti jalan. Apabila digabung menjadi satu kesatuan maka kendo memiliki arti suatu jalan/proses disiplin diri yang membentuk kepribadian lebih pemberani dan loyal. Kendo ini juga menggabungkan tiga unsur dalam kegiatannya yaitu unsur bela diri, seni dan arti olahraga.

Manfaat Kendo

Latihan kendo juga memiliki manfaat dalam setiap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan pada olahraga tersebut. Berikut dibawah ini yang termasuk manfaat kendo. Antara lain;

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung pada daya tahan tubuh anda bisa lebih terjaga dengan melakukan seni bela diri kendo. Alasannya karena pada bela diri kendo akan ada kegiatan yang menguras fisik, dan bisa membuat jantung semakin terpacu serta bekerja lebih keras. Manfaat ini akan menunjukkan ketahanan dan kesehatan jantung yang semakin meningkat.

  1. Membantu pernapasan menjadi lebih sehat

Bukan hanya persoalan jantung, namun dengan olahraga kendo anda dapat merasakan pernapasan yang lebih nyaman dan sehat. Melalui kegiatan olahraga kendo maka tubuh anda akan merasakan adanya gerakan yang sangat baik untuk memicu pernapasan lebih rileks dan berdampak pada kesehatan paru-paru yang lebih baik lagi.

Bahkan ada sejarah yang bercerita bahwa banyak orang-orang yang mempunyai penyakit asma menjadi sembuh setelah berlatih seni bela diri kendo ini.

  1. Meningkatkan massa dan kinerja otot

Kekuatan otot merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki seseorang. Karena dengan kinerja otot yang baik maka akan membuat anda bisa melakukan kegiatan atau aktivitas menjadi lebih ringan dan mudah. Oleh karena itu tidak jarang banyak orang yang berusaha untuk menjaga kekuatan ototnya dengan melakukan berbagai olahraga.

Sebagai informasi salah satu olahraga yang dapat meningkatkan masa dan kinerja otot dalam tubuh seseorang yaitu seni bela diri kendo. Sehingga olahraga ini termasuk jenis olahraga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh baik secara mental maupun fisik.

  1. Memperbaiki postur badan

Bagi semua orang postur tubuh ideal dan tinggi adalah impian yang diidam-idamkan. Namun tak perlu khawatir karena dengan melakukan latihan bela diri kendo anda bisa memperoleh postur badan atau tubuh yang menjadi lebih ideal atau bagus.

Hal ini bisa dilakukan dengan memulai dari badan lebih tegap, tinggi badan meningkat, dan berat badan menjadi lebih terkontrol dengan baik.

  1. Meningkatkan fleksibilitas

Manfaat terakhir dari olahraga kendo yaitu mampu meningkatkan fleksibilitas. Artinya dalam latihan bela diri kendo ini anda dapat membuat tubuh menjadi semakin rileks dan lentur. Bahkan olahraga ini membantu anda untuk mengurangi resiko cedera ketika beraktifitas fisik.

Tentusaja untuk memperoleh banyak keberfungsian dalam olahraga kendo ini sangat penting bagi siapapun untuk melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis. Hal ini lantaran akan membantu untuk proses peregangan yang dilakukan.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan latihan beladiri kendo yang bisa diperoleh untuk setiap peminatnya. Semoga memberi edukasi serta referensi untuk semua pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *