Tujuan Melakukan Olahraga Lompat Tinggi

Diposting pada

Tujuan Lompat Tinggi

Pada dasarnya arti olahraga lompat tinggi selalu menjadi salah satu permainan yang diajarkan di sekolah, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah, terumatama masuk dalam ruang lingkung pendidikan jasmani. Selain menjadi pembelajaran lompat tinggi di sekolah memiliki tujuan dan manfaat yang banyak bagi tubuh.

Hal ini utamanya berkaitan dengan gaya yang dimiliki dalam olehraga ini. Antara lain gaya fosbury, flopgaya guling, gaya guling sisi, dan gaya gunting.

Lompat Tinggi

Lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik dengan nomor lompat. Sesuai namanya, olahraga lompat tinggi ini mengutamakan adalah gerakan yang mampu melewati papan yang sudah diatur ketinggiannya secara maksimal.

Dengan demikian tujuan utama olahraga ini ialah melakukan lompatan setinggi mungkin, bahkan karena di ukur dari ketinggiannya padat ini olahraga ini sering dijadikan sebagai ajang perlombaan standar nasional bahkan Internasional.

Tujuan Lompat Tinggi

Tujuan olahraga lompat tinggi antara lain:

  1. Melakukan awalan dengan benar

Gerakan awalan sebelum melakukan lompatan pada olahraga alompat tinggi harus dilakukan dnegan benar. Gerakan awalan yangbenar berpengaruh terhadap hasil lompatan. Awalan menjadi kunci pertama bagi pelompat dalammelakukan lompatan.

Gerakan pada lompat tinggi diawali dengan lari dari jarak sekitardelapan langkah. Jarak lari awalan tergantung dari setiap atlet. Dalam melakukan lari awalan, kecepatan perlu diperhatikan untuk memberikan momentum kepada badan saat melewati  mistar.

Lari awalan dilakukan dnegan kecepatan yang cukup tinggi. saat melakukan awlaan, usahakan menambah kecepatan dan lebar langkah pada empat langkah kaki terkahir.

  1. Melakukan lompatan setinggi-tingginya

Tujuan utama dalam melakukan lompat tinggi adalah melompat dengan setingi-tingginya saat melewati mistar untuk memperoleh nilai maksimal. Peroleh nilai ini bisanya dilakukan dalam pemenangan perlaombaan atau olimpiade.

  1. Pendaratan sempurna

Selain melakukan lompatan setinggi-tingginya, melakukan lompat tinggi juga harus memperhatikan gerakan pendaratan setelah melakukan lompatan. Pada bagian bawah mistar, biasnaya terdapat matras. Matras tersebut berguna untuk melindungi atlet dari cedera. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin pendaratan yang dilakukan melenceng dari tempat seharusnya.

  1. Memenangkan pertandingan

Dalam suatu pertandingan, tujuan melakukan lompat tinggi adalah untuk mendpaatkan kemenangan. Kemenangan akan diperoleh apabila atlet mampu melakukan setiap gerakan dengna sempurna dan jarak lompatan yang tinggi. Selain itu, kemenangan dalam suatu pertandingan juga bisa dijadikan tolak ukur kemampuan lompatan untuk mendpaat pengakuan dari orang banyak.

Sejarah Olahraga Lompat Tinggi

Dalam sejarahnya, olahraga ini pertama kali dilombakan pada abad ke-19 di Skotlandia. Kemudian lompat tinggi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dimana salah satu tokoh yang berperan dalam perkembangan lompat tinggi adalah Dick Fosbury.

Bahkan sebelum olimpiade Mexico City pada tahun 1968, semuaa tlet lompat tinggi melakukan lompatan dengan gaya berguling ke depan maupun kesamping. Selanjutnya setelah Dick Fosbury memenangkan pertandingan olimpiade, ia mulai mengubah gerakan lompatan dengan cara melompat terbalik dengan posisi punggung terlebih dahulu.

Teknik seperti ini ternyata banyak dipelajari oleh atlet lompat tinggi dunia. Rekor terbaik dalam cabang olahraga lompat tinggi dipecahkan oleh Javier Sotomayor, seorangatlet lompat tinggi berkebangsaan Cuba yang berhasil melakukan lompatan setinggi 2,45 meter.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan melakukan olahraga lompat tinggi.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.