Manfaat Lompat Tinggi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Lompat Tinggi

Salah satu jenis olahraga tradisional yang kerapkali dikenal oleh masyarakat ialah arti olahraga lompat tinggi. Dimana lompat tinggi ini memiliki tujuan agar bisa melompat setinggi-tingginya dalam memenangkan perelombaan. Meski demikian selain dalam perelombaan lompat tinggi juga memiliki beberapa manfaat.

Adapun manfaat lompat tinggi dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ialah mampu memberikan latihan kekuatan pada kaki.

Lompat Tinggi

Perlu setidaknya dipahami, bahwa alat yang digunkaan dalam olahraga lompat tinggi adalah papan mistar serta matras yang berguna untuk menadah atlet agar tidak jatuh ke lantai dan mengalami cedera. Setiap peserta biasanya juga akan diberikan kesempatan tiga kali untung mengulangi lompatan apabila gagal.

Adanya gaya dalam lompatannya setidaknya terdiri atas gaya fosbury flop, gaya guling yang dikenal pula dengan gtraddle, gaya guling sisi atau western roll, serta gaya gunting yang dikenal dengan scissors.

Manfaat Lompat Tinggi

Beberapa manfaat yang diperoleh setelah melakukan olahraga lompat tinggi antara lain:

  1. Melatih otot kaki

Otot kaki menjadi tumpuan utama ketika melakukan olahraga lompat tinggi. Drip roses awalan hingga proses pendaratan, kekuatan kaki selalu menjadi tumpuan utama khususnya pada tahap tolakan.

Pijakan kaki saat melakukan tolakan harus kuat. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh lonpatan yang tinggi. Oleh karenanya, melakukan olahraga lompat tinggi mampu memperkuat otot kaki karena terbiasa melakukan pijakan dengan kuat.

  1. Meningkatkan koordinasi tubuh

Koordinasi tubuh merupakan sistem yang akan mengatur kerja organ-organ tubuh. Ketika kan melakukan sesuatu, otak kecil akan menerima informasi dari sistem saraf tubuh, saraf tulang belakang, dan bagian otak lainnya.

Dengan melakukan olahraga lompat tinggi, peredaran darah semakin lancar. Hal tersebut akan membantu memenuhi kebutuhan oksigen pada otak. Terpenuhinya kebutuhan oksigen yang baik akan berpengaruh terhadap keraj otak dan saraf pada otak.

  1. Membakar kalori

Bukan rahasia lagi jika melakukan olahraga dapat membakar kalori. Hal tersebut juga berlaku pada olahraga lompat tinggi. melakukan olahraga lompat tinggi dapat membantu mempercepatproses pembakaran kalori.

Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin sedikit resiko terkena penyakit obesitas. Semakin banyak kalori yang terbakar juga akan membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih ideal.

  1. Menambah tinggi badan

Melakukan olahraga lompat tinggi ternyata juga dapat menambah tinggi badan. Proses tolakan dan lompatan membantu meregangkan otot-otot kaki yang manan nantinya akan membantu tinggi badan semakin meningkat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, perlu dilakukan secara rutin dan teratur.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Stamina tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas baik fisik maupun mental dalam kuun waktu tertentu. seseorang yang memiliki stamina yang baik akan merasakan efek yang  baik pada tubuh, seperti tidak mudah lelah, mampu melakukan aktifitas fisik yang berat, dan lain sebagainya.

Latihan lompat tinggi secara rutin bermanfaat juga untuk meningkatkan stamina tubuh. Tubuh terbiasa melakukan aktivitas lompat tinggi yang merupakan aktivitas berat. Stamina tubuh akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan kebiasaan melakukan lompat tinggi.

  1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Fleksibilititas tubuh diperlukan untuk memudahkan tubuh menyesuaikan gerakan-gerakan dalam aktivitas sehari-hari. Ketika melakukan lompatan pada lompat tinggi, tubuh dituntut untuk memiliki fleksibilitas tinggi untuk menghindari tubuh menyentuh mistar.

  1. Memperlancar menstruasi pada wanita

Melakukan olahraga lompat tinggi mampu memperlancar mentstruasi pada wanita. Dengan melakukan olahraga lompat tinggi, kondisi hormon menstruasi menjadi lebih stabil.

  1. Melatih kontrol emosi

Olahraga lompat tinggi bermanfaat pula untuk mengatur emosi seseorang. ketika melakukan lompatan tidak serta merta berhasil melakukanya dalam waktu singkat. Ada kalanya, lompatan tidak sempurna sehinggga jarak ketinggian yang dihasilkan tidak maksimal.

Diperlukan kesabaran dan keuletan serta harus mampu menahan emosi dan amarah ketika tidak berhasil melakukan lompatan yang tinggi. Hal tersebut secara tidak langsung menahan dan mengatur emosi seseorang.

  1. Melatih konsentrasi

Konsentrasi sangat diperlukan dalam olahraga lompat tinggi. Misalnya konsentrasi ketika melakukan tekni awalan dan tolakan. Ketika melakukan awalan,atlet harus berkonsentrasi menyusun jarak tumpuan agar dapat melakukan tolakan dengan sempurna. Konsentrasi tersebut biasanya akan terbawa juga dalam kehidupan sehari-harinya.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem imun dalam daya tahan tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berabagai penyakit. Melakukan olahraga lompat tinggi bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

  1. Meningkatkan keseimbangan

Lompat tinggi bermanfaat pula untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Setelah melakukan tolakan, tubuh harus seimbang saat posisi melayang. Hal tersebut untuk menghindari tubuh mengenai mistar dan terjatuh sebelum melewati mistar. Hal tersebut, secara otomatis akan membantu meningkatkan keseimbanga tubuh bila dilakukan secara rutin.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Mengurangi resiko penyakit jantung dapat dilakukan dengan melakukan olahraga, salah satunya dengan olahraga lompat tinggi. Gerakan dalam lompat tinggi membuat jantung berdetak sedikit lebih cepat yang berdampak pada proses pemompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini mempu mengurangi resiko penyakit lemah jantung.

  1. Membantu detoksifikasi tubuh

Dalam tubuh memiliki racun yang harus dikeluarkan untuk menghindari munculnya berbagai penyakit. Dengan melakukan olahraga lompat tinggi, racun dalam tubuh akan dikeluarkan bersama dengan keringat. Tubuh yang sehat dipercaya dapat memaksimalkan detoksifikasi dari dalam tubuh.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkaitan dengan manfaat olahraga lompat tinggi yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.