Tujuan dan Manfaat Renang

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Renang

Olahraga merupakan kegiatan untuk menciptakan badan agar terasa lebih sehat dan bugar. Selain itu macam olahraga juga begitu beragam dan tentunya memiliki fungsi masing-masing untuk memberikan kesehatan tubuh. salah satu bentuk olahraga yang cukup terkenal dikalangan masyarakat ialah renang.

Olahraga renang pasti tidak asing anda dengar dan menjadi olahraga favorit bagi kebanyakan orang. Karena renang adalah kegiatan yang asyik dan bisa dilakukan dengan cara bersenang-senang pula. Olahraga renang identik dengan penggunaan air yang banyak yaitu di dalam kolam renang itu sendiri.

Renang

Renang adalah olahraga yang bisa dilakukan dengan berbagai macam gerakan. Adapun untuk sejarah renang ini mulai dikenal sejak abad 19 tepatnya di London, yaitu sekitar tahun 1837 di London tersebut hanya ada sekitar 6 kolam renang yang selanjutnya olahraga renang semakin berkembang dan lebih populer lagi di kalangan masyarakat.

Tujuan Renang

Adapun untuk beberaa tujuan dalam olahraga renang ini. Antara lain sebagai berikut;

  1. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

Olahraga renang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah. Karena pada olahraga ini akan dilakukan banyak gerakan yang pastinya memberikan kebaikan pada organ dalam tubuh agar berfungsi menjadi lebih baik lagi.

Bukan hanya itu saja, bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan bisa memiliki harapan hidup jauh lebih tinggi yaitu sekitar 50% dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

  1. Membakar kalori dalam tubuh

Tujuan berikutnya yaitu renang mampu membakar kalori dalam tubuh, karena olahraga ini melakukan beberapa gerakan yang pastinya berfungsi untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada tubuh.

Berbicara mengenai kalori dalam tubuh, anda bisa membakar kalori itu sendiri secara lebih mudah apabila anda bisa gerakan olahraga secara rutin salah satunya yaitu dengan berenang. Dengan terbakarnya kalori maka berat badan akan lebih terjaga.

  1. Baik untuk orang yang cedera

Olahraga renang bertujuan untuk menjaga kebaikan dan kesehatan tubuh individu. Bahkan berenang itu sendiri sangat baik untuk membantu orang yang sedang mengalami cedera. Pada saat berenang, air bisa membantu dalam menopang beban tubuh.

Hal ini karena saat melakukan renang sendi dan tulang pun tidak bekerja terlalu berat. Contohnya saja yaitu orang yang menderita radang sendi atau keseleo untuk mengobatinya bisa melakukan renang karena olahraga ini tidak membebani sendi yang sakit atau otot dan ligamen yang cedera.

  1. Membantu mengatasi masalah gangguan tidur

Orang yang sedang mengalami ganggu tidur sehingga tidak bisa tidur dengan nyenyak atau tidur terlalu larut malam biasanya sering disebut insomnia.

Gangguan semacam ini sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan individu. Perlu anda ketahui agar gangguan ini bisa diatasi dengan lebih baik maka anda bisa mengatasinya dengan olahraga renang dengan dampak yang bisa diterima yaitu kualitas tidur menjadi lebih baik.

  1. Meredakan Radang Sendi

Melakukan olahraga renang bisa membantu seseorang meredakan radang sendi. Sehingga anda bisa mengatur kekuatan tulang menjadi semakin baik pula. Bahkan dengan berenang seseorang bisa mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang sehingga mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Ada kebaikan lain yang dimiliki dari olahraga renang ini yaitu bisa menurunkan risiko diabetes. Alasannya hal ini dikarenakan dalam olahraga renang ini mampu membakar kalori dan lemak sehingga tubuh dapat terbebas dari diabetes.

  1. Membentuk Tubuh Ideal

Tubuh ideal merupakan idaman setiap orang. Sehingga banyak orang ingin mendapatkan postur tubuh yang bagus dan berusaha dengan semaksimal mungkin dengan berbagai cara yang bisa dilakukan. Untuk membentuk tubuh ideal selain menjaga menu makanan, setiap orang juga perlu melakukan olahraga. Beberapa olahraga yang sangat baik untuk membentuk tubuh ideal yaitu renang.

Berenang merupakan kegiatan yang paling efektif dan mampu mengoptimalkan bentuk tubuh yang ideal terutama bagian otot bisep. Selain itu berenang juga bisa memungkinkan seluruh anggota tubuh bergerak dengan lebih sempurna.

Maka dari itu, berenang bisa membuat bisep terbentuk lebih sempurna dan pastinya otot di area tangan dan kaki dapat terbentuk menjadi lebih baik secara alami.

  1. Alternatif Rekreasi dan Menambah Mood

Berenang juga dapat menjadi kegiatan yang bisa menambah mood baik. Maka dai itu berenang dijadikan sebagai salah satu rekreasi yang paling menyenangkan. Sehingga olahraga ini bukan sekedar kegiatan fisik saja melainkan juga dapat menghilangkan rasa stress.

Manfaat Renang

Berenang juga mempunyai banyak manfaat yang dapat dirasakan bagi tubuh apabila kita melakukannya secara benar dan rutin. Antara lain;

  1. Membentuk otot

Pada saat melakukan olahraga renang, hampir seluruh otot-otot pada tubuh dapat melakukan gerakan secara baik. Bahkan pada saat bergerak di dalam air tubuh bisa mengeluarkan energi lebih besar dan mampu melenturkan otot-otot tubuh.

  1. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru

Gerakan mendorong dan menendang air pada saat berenang biasanya yang paling banyak melakukan gerakan ialah tangan dan kaki. Sehingga hal tersebut bisa memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang itu sendiri bisa dimasukan dalam kategori latihan senam aerobik dalam air.

  1. Menambah tinggi badan

Olahraga renang ini termasuk salah satu bentuk olahraga yang dapat menambah tinggi badan secara lebih mudah. Hal ini bisa dikarenakan adanya otot-otot pada tubuh bisa tertarik secara lebih cepat dan semakin lentur. Oleh karena itulah pertanyaan ini menjadi solusi bagi yang kurang memiliki tinggi badan.

  1. Melatih pernafasan

Berenang dapat menjadi rekomendasi olahraga yang baik untuk membantu seseorang menangani penyakit asma. Karena dengan berenang sistem cardiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat sekaligus membuat pernapasan lebih panjang.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat berenang, anda akan memiliki kebugaran tubuh yang lebih kuat lagi. Sehingga hal ini membantu diri anda untuk terhindar dari serangan berbagai penyakit. Melalui daya tahan tubuh yang kuatpun bisa membuat anda lebih kuat dan bisa beraktivitas dengan lebih mudah.

  1. Self safety

Olahraga renang ini merupakan olahraga yang aman untuk dilakukan, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air seperti jatuh ke laut dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan semua bisa dipelajari dan bisa menggunakan teknik-teknik khusus agar berenang bisa dilakukan dengan baik.

  1. Menghilangkan stres

Rasa stress biasanya memicu timbulnya rasa gelisah, panik, unmood dan lain sebagainya. Untuk menangani rasa stress anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga renang. Karena secara psikologis, berenang bisa membuat hati dan pikiran lebih relaks, sejuk, serta badan pun bebas gerak.

  1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Berenang merupakan olahraga yang selain terkenal mampu meninggikan badan, ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Maka dari itu bagi anda yang sedang melakukan program diet atau mungkin berkeinginan untuk memiliki tubuh yang lebih ideal bisa melakukan kegiatan renang ini.

  1. Mengontrol Kolestrol

Olahraga renang dipercaya bisa mengurangi kolestrol LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan kolestrol baik berkat kekuatan aerobiknya. Sehingga renang ini juga bisa menjadi rekomendasi yang baik bagi usia-usia yang sudah lanjut agar melakukan renang.

  1. Melatih seluruh tubuh

Ketika seseorang ingin renang tentunya bisa melatih seluruh tubuh agar dapat bergerak sesuai dengan teknik renang yang telah dipelajari dan membentuk tubuh menjadi lebih kuat dan bugar. Oleh karena demikianlah sampai saat ini renang dianggap mampu menjadi peunjang dalam melakukan latihan fisik yang baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa olahraga renang termasuk salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak tujuan dan pastinya semua tujuan tersebut memberikan banyak kebaikan bagi orang yang melakukan olahraga ini. Oleh karena demikianlah berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan termasuk olahraga tanpa gaya gravitasi bumi.

Selain itu berenang termasuk olahraga yang minim risiko cedera fisik karena kegiatan renang ini menggunakan seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Olahraga renang bisa dianjurkan bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis.

Akhirnya, istilah renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atau keindahan atlet dalam melakukan kegiatan renang dengan berbagai gaya yang bisa dipelajari. Perlu anda ketahui bahwa gaya renang itu sendiri ada banyak macamnya antara lain ialah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Kemudian untuk perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang mampu menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan akan maju ke babak semifinal dan berikutnya pemenang semifinal maju ke babak akahir yaitu babak final.

Demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat melakukan olahraga renang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *