Tujuan Mempelajari Biomekanika Olahraga

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Biomekanika Olahraga

Biomekanika olahraga menjadi salah satu materi penting bagi siapapun yang mengambil dan mempelajari ilmu pendidikan jasmani. Hal ini disebabkan dengan memahami disiplin ilmu ini dapat bermanfaat untuk memandu para terapis dalam melakukan proses rehabilitasi serta menunjukkan kepada pelatih terkait hal-hal atau latihan apa saja yang mungkin berbahaya bagi individu.

Sehingga tujuan mempelajari disipin ilmu ini akan mampu memberikan informasi secara lebih lengkap terkait dengan jenis olahraga tertentu.

Biomekanika

Biomekanika olahraga pada dasarnya terdiri dari dua kata yaitu biomekanika dan olahraga. Sebelum membahas makna dari rangkaian kata tersebut, alangkah baiknya anda pahami terlebih dahulu arti biomekanika. Jadi, biomekanika adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari berbagai macam dan bentuk gerakan atas dasar prinsip dan aturan-aturan tertentu mekanika untuk menganalisis suatu gerakan.

Oleh karena itulahlah dalam mempelajari iilmu biomekanika ini ada banyak disiplin ilmu lain yang mendukung mulai dari anatomi, fisologi, dan fisika, yang kemudian dijadikan satu dasar-dasar atau prinsip hingga menjadi dasar suatu disiplin ilmu yang disebut biomekanika.

Tujuan Biomekanika Olahraga

Pada umumnya tujuan yang menjadi manfaat dalam mempelajari biomekanika olahraga. Antara lain;

  1. Mengetahui konsep ilmiah dasar yang diaplikasikan dalam bentuk gerak manusia

Biomekanika olahraga sejatinya akan memberikan berbagai ilmu atau informasi terkait konsep dasar dari setiap bentuk gerak yang dilakukan manusia dalam menjalankan aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Sehingga hal inilah dapat menghindari cidera saat melakukan arti olahraga tertentu.

  1. Memahami bentuk/model gerak dasar dalam olahraga

Mempelajari ilmu biomekanika olahraga membuat anda mampu memahami atau bahkan mengklasifikasikan dari setiap gerakan olahraga yang baik maupun tidak baik dan bisa dikembangkan lagi agar memiliki gerakan olahraga yang semakin bagus.

  1. Mampu memahami perkembangan gerak dasar

Pemahaman gerak dasar dalam mempelajari ilmu olahraga bisa anda pelajari melalui ilmu biomekanika. Hal ini lantaran dapat dengan mudah mengetahuai serta memahami dasar olahraga tertentu yang nantinya anda dapat lebih jauh gerakan-gerakan yang semakin kompleks.

  1. Mampu menerapkan suatu bentuk yang sesuai dengan karakteristik fisik

Ilmu biomekanika mampu membuat anda bisa menerapkan bentuk atau gerakan olahraga yang sesuai dengan karakteristik fisik seseorang dalam melakukan olahraga tersebut. Melalui pemahaman penerapan tersebut maka anda bisa menilai gerakan mana yang memang baik dan kurang baik untuk dilakukan individu.

  1. Memberikan dasar ilmu pengetahuan

Biomekanika olahraga sejatinya juga bertujuan pula untuk memberikan ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan ketrampilan atau dasar gerakan yang memang baik untuk dilakukan dalam setiap bentuk kegiatan berolahraga.

  1. Sebagai dasar untuk memperoleh jawaban tentang masalah dalam unjuk kerja (Praktek) olahraga

Tujuan biomekanika olahraga yang tidak kalah penting yaitu dapat digunakan untuk memperoleh jawab dari setiap masalah praktek olahraga.

Tidak bisa dipungkiri kemungkinan dalam melakukan kegiatan olahraga peserta didik atau individu bisa saja melakukan kesalahan atau hambatan. Maka dari itu dengan mempelajari ilmu biomekanika olahraga inilah anda dapat melihat dan mengambil langkah terbaik pada saat masalah dalam praktek olahraga itu muncul secara tiba-tiba.

  1. Pirinsip untuk memberikan assasment dan koreksi yang dilakukan oleh peserta didik/atlet

Prinsip dalam ilmu biomekanika olahraga digunakan untuk memberikan arahan atau koreksi yang paling baik agar peserta didik maupun seorang atlet bisa bekerja atau betindak sesuai dengan prosedur yang benar.

Artinya seseorang yang mempelajari biomekanika olahraga ini harus bersikap dengan baik dan objektif agar bisa melihat dengan jeli dari setiap kekurangan atau kesalahan yang dilakukan para murid atau seseorang yang dilatihnya.

  1. Mampu dalam mengembangkan gerak dasar olahraga yang lebih efisien dan manfaat guna

Ilmu biomekanika bertujuan pula untuk mengembangkan setiap gerakan olahraga secara lebih baik. Tujuannya agar setiap gerakan tersebut bisa memberikan manfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain dengan lebih efisien.

  1. Pemahaman biomekanika akan menghasilkan peningkatan pengetahuan

Tujuan umum dari biomekanika olahraga yaitu untuk mengetahui kerumitan fungsi anatomis, fisiologi, dan mekanika dari tubuh manusia.

Sehingga dalam ilmu ini anda akan memperoleh pengetahuan yang lebih banyak dan bisa digunakan untuk mengevaluasi dari setiap kesalahan gerakan berolahraga. Bahkan bisa pula digunakan untuk meningkatkan perkembangan unjuk kerja keterampilan khusus.

  1. Pengetahuan biomekanika juga penting bagi atlet

Ilmu biomekanika termasuk salah satu jenis ilmu yang penting bagi atlet, karena dengan ilmu yang mereka miliki maka akan membuat para atlet sadar akan kesalahan dari setiap gerakan yang merka lakukan. Bahkan dengan ilmu ini akan memberikan pengetahuan baru bagi para atlet untuk bisa mengembangkan dirinya agar dapat bergaya atau bergerak sesuai dengan apa saja yang telah dipelajarinya dengan baik

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa dalam mempelajari biomekanika olahraga memang sangat penting untuk dilakukan, sesuai dengan ulasan yang telah dibahas diatas. Kepentingan tersebut juga tidak terlepas dari yang namanya tujuan biomekanika olahraga yang berhubungan dengan segala hal terkait pengaruh daya hukum alam terhadap tubuh manusia selama aktivitas fisik berlangsung.

Nah, itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi manfaat dalam mempelajari ilmu biomekanika keolahragaan. Semoga memberikan referensi bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.