Pengertian Senam Aerobik, Macam, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Senam Aerobik Adalah

Senam aerobik merupakan arti olahraga kompetitif yang berasal dari aerobik tradisional dengan menggunakan pola gerakan yang rumit dan memiliki intensitas tinggi serta unsur-unsur dengan tingkat kesulitan berbeda-beda dengan diiringi musik. Senam aerobik menggabungkan keterampilan senam dengan menari dalam olahraga gym yang serba cepat, menyenangkan, dan energetik.

Ditinjau dari segi hostoris, senam aerobik berasal dari negara Amerika Serikat yang muncul sekitar tahun 1970an, sedangkan di Indonesia sendiri, senam ini baru setelah 10 tahun kemudian yang pada saat itu memasuki tahun 1980an. Senam aerobik memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh kita, diantaranya yaitu menguatkan otot, menurunkan berat badan, dan lain-lain.

Senam Aerobik

Aerobik dapat diartikan sebagai bentuk latihan kekuatan fisik yang merupakan penggabungan antara latihan aerobik ritmik dengan latihan peregangan dan latihan kekuatan dengan tujuan meningkatkan semua elemen kebugaran jasmani (fleksibilitas, kekuatan otot, dan kebugaran kardio-vaskular).

Aerobik biasanya dilakukan dengan iringan musik dan dapat dipraktikkan dalam pengaturan kelompok yang dipimpin oleh seorang instruktur (kebugaran profesional), meskipun dapat dilakukan solo dan tanpa iringan musik. Dengan tujuan mencegah penyakit dan meningkatkan kebugaran fisik, para praktisi melakukan berbagai rutinitas yang terdiri dari sejumlah latihan seperti menari.

Kelas aerobik formal dibagi ke dalam berbagai tingkat intensitas dan kompleksitas dan akan memiliki lima komponen: pemanasan (5-10 menit), pengkondisian kardiovaskular (25-30 menit), kekuatan otot dan pengkondisian (10-15 menit), pendinginan turun (5-8 menit) dan peregangan dan fleksibilitas (5-8 menit).

Latihan dalam kelas aerobik memungkinkan peserta untuk memilih tingkat partisipasi mereka sesuai dengan tingkat kebugaran tubuh mereka. Banyak pusat kebugaran yang menawarkan kelas aerobik. Masing-masinh kelas dirancang untuk tingkat pengalaman tertentu dan diajarkan oleh instruktur bersertifikat dengan bidang khusus yang terkait dengan kelas khusus mereka.

Aerobik juga dijadikan sebagai salah satu jenis senam, yang dikenal dengan nama senam aerobik. Senam aerobik mungkin yang paling dinamis dan energik dari semua disiplin senam. Akarnya berasal dari di kelas kebugaran dan kelas aerobik pada akhir 80-an.

Pengertian Senam Aerobik

Senam aerobik adalah serangkaian bentuk kemampuan melakukan pola gerakan aerobik yang kompleks dan berintensitas tinggi, serta berkesinambungan dengan musik yang bisanya dilakukan dalam menjaga kekuatan pada bagian-bagian otot.

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli

Adapun definisi senam aerobik menurut para ahli, antara lain:

Dr. Kenneth Cooper

Senam aerobik dapat didefinisikan sebagai kegiatan menggerakkan bagian tubuh yang memaksa tubuh memperbaiki sistemnya, serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam.

Senam aerobik bisa meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen karena gerakannya yang teratur dengan menggunakan konsep ritme musik.

Marta Dinata

Aerobik dapat didefinisikan sebagai serangkaian gerak olah tubuh yang dilakukan  dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, dengan durasi yang telah ditentukan. Hal tersebut berguna dalam menampakkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Macam Senam Aerobik

Macam-macam senam aerobik bisa dibedakan berdasarkan musik yang mengiringinya, antara lain:

  1. Low impact aerobic, yaitu senam aerobik dengan gerakan ringan.
  2. Higt impact aerobic, yaitu senam aerobik dengan gerakan keras.
  3. Discorobic, yaitu senam aerobik yang menggunakan kombinasi antara gerakan ringan dan keras.
  4. Aerobic sport, yaitu senam aerobik yang menggunakan kombinasi antara gerakan aerobik keras dan ringan.
  5. Aerobic dance, yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  6. Aerobik dengan menggunakan alat, yaitu senam aerobik yang berupaya untuk menambah variasi, intensitas, dan volume latihan agar lebih meningkat. Peralatan yang biasanya diguankan, antara lain kursi, bangku, tali (pita), tongkat, dan bola.

Manfaat Senam Aerobik

Latihan aerobik sangat bermanfaat bagi budaya hidup sehat tubuh manusia, untuk kesehatan jantung. Latihan ini juga termasuk kasual dan tidak perlu lebih banyak tenaga sehingga bisa dilakukan oleh berbagai kelompok seperti wanita hamil, lansia, dan anak-anak. Berikut adalah rincian manfaat yang kita dapatkan dari melakukan rutin aerobik.

  1. Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan

Tentunya setiap orang pernah mengalami keletihan dan kelesuan dalam melakukan berbagai aktivitas dan bahkan cenderung sakit. Aerobik adalah salah satu jenis latihan yang dapat meningkatkan stamina untuk bergerak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Meningkatkan fungsi jantung

Ini merupakan salah satu manfaat latihan aerobik yang cukup kuat. Aerobik dapat meningkatkan latihan kecepatan dan menstabilkan irama jantung yang akan lebih sehat.

  1. Mengurangi berat badan

Setiap olahraga memiliki peran dalam penurunan berat badan, salah satunya adalah aerobik yang terbukti mampu menurunkan berat badan secara bertahap.

  1. Mengurangi berbagai penyakit/mencegah penyakit

Aerobik dapat membantu mencegah banyak penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain dan bahkan kanker.

  1. Ingin panjang umur? Aerobik menjadi salah satu solusinya

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang dimuat dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, menunjukkan adanya hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang untuk pertama kalinya. Latihan aerobik adalah salah satu yang dapat membuat tubuh kita sehat dan berumur panjang.

  1. Meningkatkan kesehatan otot

Otot manusia memerlukan oksigen untuk menghindari asam laktat atau limbah lainnya di dalam tubuh. Melalui aerobik, pembuluh darah akan didorong untuk memasok oksigen yang cukup bagi otot dan menjauhkannya dari bermacam-macam limbah.

Selain itu, aerobik juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pasien dengan nyeri otot kronis dan sakit punggung.

  1. Meningkatkan mood dan mengurangi stress 

Aerobik adalah salah satu olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan damai. Selain itu, melakukan aerobik kita juga dapat mengurangi stres yang disebabkan oleh berbagai kegiatan serta jadwal sibuk kita.

  1. Membersihkan arteri

Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) serta mengurangi low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.

  1. Memperkuat nafas/stamina

Apabila kita sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sejenak, itu artinya napas kita tidak kuat bisa disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Rutin aerobik dapat membantu mengembalikan fungsi sehingga napas kita lebih kuat dan aktivitas lebih kuat.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Aerobik dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh.

  1. Mencegah diabetes

Sudah menjadi rahasia umum latihan aerobik adalah cara yang efektif untuk mencegah diabetes.

  1. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah sulit tidur sehingga penyakit dapat disebabkan oleh banyak hal. Aerobik bisa membantu kita daam mengatasi sulit tidur dan membuat kita lebih nyenyak tidur.

  1. Memperkuat tulang dan sendi

Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi wanita karena tulang dan sendi yang kuat mengurangi peluang wanita untuk terkena osteoporosis.

  1. Tetap awet muda

Aerobik yang rajin adalah salah satu rahasia untuk membuat kita awet muda, membakar kalori, lemak, keringat dan pembuangan akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga terlihat lebih cerah dan bersinar.

  1. Memudahkan persalinan pada wanita hamil

Aerobik membantu persalinan normal pada ibu hamil karena dapat meningkatkan elastisitas otot.

Contoh Senam Aerobik

Berikut ini contog gerakan senam aerobik, antara lain:

Gerakan Front Kick

Cara melakukan gerakan Front Kick, yaitu:

  1. Badan dalam posisi berdiri tegak, dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  2. Kedua tangan disimpan di depan dada dengan kedua telapak tangan dikepalkan.
  3. Kaki diayunkan ke arah depan dengan lutut kiri sedikit ditekuk, tapi hal yang harus kita perhatikan yaitu usahakan posisi kaki agar selalu sejajar dengan pinggang
  4. Gerakan kaki kanan dan kiri dilakukan secara bergantian, dengan interval sebanyak 2 x 8 hitungan.

Gerakan Side Kick

Cara melakukan gerakan Side Kick, yaitu:

  1. Badan dalam posisi berdiri tegak, dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  2. Kedua tangan disimpan di depan dada dengan kedua telapak tangan dikepalkan.
  3. Kaki diayunkan kesamping sampai lurus sejajar pinggang sambil meluruskan tangan ke samping dengan telapak tetap dalam keadaan mengepal.
  4. Lakukan gerakan secara bergantian antara kaki kiri dan juga kaki kanan.

Gerakan Side Standing Crunch

Cara melakukan gerakan Side Standing Crunch, yaitu:

  1. Posisi badan dalam kedaaan tegakserta pandangan lurus kedepan.
  2. Kedua telapak tangan dalam keadaan mengepal dan disimpan di depan dada.
  3. Angkat kaki kanan ke samping kanan hingga lutut setinggi pinggang, di sertai dengan melengkukngkan badan kearah samping.
  4. Lakukan gerakan secara bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan dengan hitungan 2 x 8.

Maka, demikianlah tadi ulasan yang materi pengertian senam aerobik menurut para ahli, macam, manfaat, dan contoh gerakan-gerakannya. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi siapapun yang sedang membutuhkan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *